by

Cara Menyampaikan Presentasi yang Efektif

KOPI, Cara Menyampaikan Presentasi – Efektifnya sebuah presentasi benar-benar dipastikan oleh kekuatan sang pembawa acara untuk sampaikannya ke beberapa audience. Sudah pasti, tiap pembawa acara mempunyai stylenya masing-masing, yang dapat memengaruhi trik sampaikan presentasi.

Disamping itu, topik presentasi dapat juga jadi hal yang perlu jadi perhatian. Langkah pengutaraan presentasi yang tidak sesuai topik presentasi dapat memengaruhi efisien atau tidaknya presentasi itu.

Cara Menyampaikan Presentasi

Di bawah ini ada 10 cara menyampaikan presentasi, supaya presentasi jadi efisien selain itu kalian juga bisa download powerpoint template untuk belajar menyampaikan presentasi yang lebih baik lagi.

Cara ini tidak melihat bagaimanakah cara bicara Anda di muka umum atau topik apa yang ditampilkan. Lakukan beberapa cara ini, karena itu presentasi Anda akan bertambah lebih efisien:

Perlihatkan Spirit Anda

Waktu sampaikan presentasi, perlihatkan spirit Anda ke beberapa audience. Perlihatkan jika Anda semangat serta semangat membawakan topik presentasi itu.

Benar-benar, Anda harus membuat materi presentasi yang memikat. Tetapi, bila Anda ragu-ragu saat sampaikannya, karenanya dapat membuat Anda terlihat tidak kapabel.

Atau, Anda membuat materi yang baik, tetapi Anda nampak malas-malasan waktu sampaikannya. Karena itu audience akan jadi malas-malasan untuk dengarkan Anda.

Spirit dapat diperlihatkan dengan rasa optimis. Waktu Anda berasa optimis sampaikan presentasi, karena itu hal tersebut akan punya pengaruh ke audience. Rasa optimis akan membuat Anda lebih semangat. Audience akan semangat dengarkan Anda.

Mulai dengan Pembukaan Presentasi yang Memikat

Kesan-kesan pertama kali akan tentukan. Itu yang sejauh ini kerap kita dengar. Waktu presentasi, kesan-kesan pertama kali itu akan diperlihatkan saat Anda buka presentasi itu.

2 sampai 3 menit pertama kali presentasi akan tentukan, apa audience akan semangat mendengarkannya sampai usai atau mungkin tidak. Jika audience ingin dengarkan dengan semangat, ditambahkan bertindak yang diinginkan, karena itu bermakna presentasi itu efisien.

Banyak presentasi yang tidak berhasil jadi satu presentasi yang efisien sebab pembawa acara tidak dapat sampaikan pembukaan presentasi yang memikat.

Berikan Presentasi Secara Singkat dan Polos

Anda pasti malas bila harus dengarkan orang yang bicara dengan berbelit-belit. Demikian pula beberapa audience. Jika presenternya berbelit-belit waktu sampaikan presentasi, karena itu mereka akan jemu. Presentasipun tidak efisien.

Karena itu, berikan saja beberapa poin yang terpenting dari topik presentasi yang Anda bawakan. Konsentrasilah untuk pembukaan serta penutupan presentasi, sebab sisi itu yang sangat akan dikenang oleh beberapa audience.

Singkat atau tidaknya presentasi tidak cuma disaksikan dari lama atau tidaknya Anda bicara, dan juga dari materi simpatisan presentasi yang Anda suguhkan.

Upayakan supaya Anda tidak membuat slide yang didalamnya menjemukan serta justru membuat audience bingung serta salah konsentrasi.

Sama dengan pengutaraan presentasi, slide presentasi harus juga dibikin sesederhana kemungkinan supaya memikat serta bisa dimengerti oleh beberapa audience.

Bersikap Santai

Waktu sampaikan presentasi, seharusnya Anda bukan hanya berdiri diam di atas pentas atau balkon. Anda dapat sekalian jalan-jalan di atas pentas, bahkan juga kadang-kadang merapat ke audience.

Dengan demikian, karena itu Anda tidak membuat batasan di antara Anda selaku pembawa acara dengan beberapa audience.

Beberapa audience akan berasa lebih dekat sama Anda. Jika audience berasa dekat sama sang pembawa acara, karena itu mereka semakin lebih memercayainya.

Gunakan Tehnologi

Supaya presentasi jadi makin memikat serta memikat, karena itu Anda dapat memakai kontribusi tehnologi.

Misalkan, Anda dapat memakai handled remote. Dengan demikian, Anda dapat bebas bergerak ke situ kemari, sekalian selalu dapat memperlihatkan beberapa poin penting yang ada dalam slide presentasi Anda.

Atau, Anda dapat masukkan potongan animasi atau video yang terkait dengan topik presentasi Anda ke dalam slide presentasi. Dengan cara tersebut, audience akan makin terpikat serta tidak jemu dengan presentasi Anda.

Kuasai Perlengkapan Anda

Waktu presentasi, Anda memakai alat tolong seperti projector, netbook, atau handled remote. Walaupun Anda kemungkinan ditolong dengan seorang orang kepercayaan untuk menjalankan perlengkapan itu, tetapi Anda pun harus menguasainya.

Hal tersebut dibutuhkan supaya Anda tidak cemas atau grogi saat mendadak berlangsung permasalahan pada perlengkapan-peralatan yang Anda pakai. Waktu ada kekeliruan tehnis, Anda dapat terus tenang sebab tahu apa yang perlu dilaksanakan.

Hati tenang ini akan membuat Anda makin optimis waktu membawakan presentasi.

Lakukan Contact Mata

Contact mata penting untuk merajut jalinan yang lebih intensif dengan audience. Waktu presentasi dilaksanakan di muka jumlah audience yang sedikit, proses contact mata ini semakin lebih gampang dilaksanakan.

Tetapi, jangan cemas bila Anda harus sampaikan presentasi di muka beberapa puluh, bahkan juga beberapa ratus audience. Contact mata selalu bisa dilaksanakan. Anda tinggal arahkan tatapan Anda untuk beberapa audience yang dipandang bisa sebagai wakil beberapa sudut tempat mereka duduk.

Tujukan pandangan mata ke seluruh arah di mana beberapa audience duduk dengarkan Anda dengan berganti-gantian. Dengan begitu, beberapa audience akan berasa jika Anda memerhatikan mereka. Merangkumun akan memerhatikan Anda.

Janganlah lupa untuk tersenyum saat Anda berkontak mata dengan beberapa audience.

Kenali Audience

Ini penting. Anda segera dapat membuat materi presentasi yang pas bila Anda kenal siapa yang bisa menjadi audience Anda. Anda pun akan mengenali bagaimanakah cara yang cocok untuk sampaikannya.

Kenal audience ini dapat dilaksanakan dengan menyaksikan background mereka, seperti usia, macam kelamin, tingkat pengajaran, atau pekerjaan mereka.

Materi serta style pengutaraan presentasi Anda ke beberapa mahasiswa pasti berlainan presentasi di depan beberapa manager.

Lihat Performa

Performa Anda selaku pembawa acara ialah bentuk dari sikap penghargaan Anda ke beberapa audience. Bila Anda berpembawaan rapi, karena itu audience akan berasa dipandang oleh Anda. Dengan menghargakan audience, karena itu Anda bermakna menghargakan diri kita.

Disamping itu, performa Anda yang sesuai presentasi yang Anda bawakan akan tingkatkan rasa optimis selaku seorang pembawa acara.

Bersikap Profesional

Sikap profesional ini dapat Anda perlihatkan dengan tiba sebelum waktunya yang sudah diputuskan. Jadi Anda dapat menyiapkan diri dahulu saat sebelum tampil. Presentasipun bisa diawali sesuai saat yang sudah dipastikan.

Disamping itu, sikap profesional dapat diperlihatkan saat ada audience yang ajukan pertanyaan. Jawablah pertanyaan itu dengan benar dan baik.

Jika Anda memerlukan waktu semakin lama untuk dapat memberi jawaban yang memberikan kepuasan, karena itu ucapkan ke audience yang menanyakan itu jika Anda tidak dapat menjawab pertanyaannya saat ini.

Ucapkan jika Anda akan menjawab pertanyaannya lewat e-mail serta jangan menanti kelamaan untuk mengirim jawabnya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA