by

50 Warga Lubuklinggau Terima Sertipikat Tanah

-Daerah-2,172 views

KOPI, Lubuklinggau – Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe menyerahkan sertifikat tanah krpada 50 warga Kota Lubuklinggau secara simbolis. Senin (9/11/2020) kegiatan ini dalam rangka memperingati hari agraria.

Kegiatan ini juga serentak dilaksanakan se Indonesia secara virtual. Presiden RI Joko Widodo menyampaikan menyampaikan dalam rangka hari agraria dan tata ruang ada 1 juta sertifikat yang dibagikan di 30 Provinsi,21 Kota dan Kabupaten, kita berkerja dengan target, target harus tercapai apabila target tidak tercapai hati-hati.

“Saya mengapresiasi atas kerja keras Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam penyerahan sertifikat tahun 2017 ada 5,4 juta bidang sedangkan target Tahun 2020 yakni 10 juta bidang untuk Tahun 2025 targetnya seluruh tanah masyarakat harus sudah disertipikatkan,” kata dia.

Lanjut kata Joko Widodo karena belum adanya sertipikat tanah mengakibatkan sengketa tanah, maka dari itu terhindar dari konflik sengketa tanah dan dengan adanya sertipikat tanah memberikan kepastian hukum yang jelas.

Joko Widodo mejelaskan dengan adanya sertipikat tanah juga bisa digunakan untuk modal usaha akan tetapi dalam meminjam harus dihitung dengan benar agar bisa mengembalikan pinjaman tersebut.

“Selama 5 tahun,  2,4 juta bidang sudah dibagikan saya sendiri,” katanya.

Sementara Mentri ATR/BPN Sofyan Djalil menyampaikan pembagian sertipikat tanah hal ini termasuk bagian program pemulihan ekonomi rakyat dengan ini masyarakat dapat menggunakan sertipikat tanah untuk modal usaha dimana kegiatan ini dilakukan secara virtual.

Sofyan Djalil menerangkan pada saat ini kami mempunyai 4 pelayan secara online karena sekarang zamannya digitalisasi, dengan adanya sertifikat tanah masyarakat tidak menjadi korban tata ruang dan tidak ada lagi sertifikat palsu untuk menata ruang negara Indonesia, hal ini juga untuk memberantas mafia tanah dengan memastikan kepastian hukum tanah. Ujarnya.

Sofyan Djalil juga menjelaskan ada 32.000 hektar yang berhasil dibebaskan untuk mewujudkan pembangunan di Indonesia. Jelasnya.

Ada 50 orang masyarakat Lubuklinggau yang menerima sertifikat yang disampaikan Kepala BPN Kota Lubuklinggau.

Sedangkan Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe menyampaikan sudah dibagikan 50 sertipikat tanah dan sudah disaksikan penyerahan sertipikat tanah seluruh Indonesia melalu Via Zoom, begitu penting sertipikat tanah, dengan sistem digitalisasi agar meminimalisir kesalahan oleh manusia.

“Diharapkan ATR BPN dapat meningkatkan pelayan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Lubuklinggau sangat mendukung BPN Kota Lubukkinggau dalam membangun zona integritas,” ujarnya. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA