by

5 Tips Jualan di Instagram

KOPI, Jakarta – Instagram adalah salah satu media sosial yang paling digemari di Indonesia. Dengan fitur sharing gambarnya yang mudah, tentu saja Instagram menjadi salah satu sosial media yang digemari di kalangan masyarakat. Setidaknya ada 63 juta, atau 22%, pengguna Instagram yang datang dari Indonesia.

Namun, selain untuk menunjukan hasil jepretan kita, Instagram juga bisa digunakan oleh semua orang untuk berjualan. Hal ini cocok untuk mereka yang ingin mendapatkan uang tambahan, terutama di saat pandemi seperti ini. Jika anda ingin mengubah Instagram anda menjadi tempat berjualan, anda datang ke situs yang tepat. Disini, kami akan memberikan 5 tips berjualan di Instagram untuk semua orang.

1. Apa yang Anda Jual?

Sebelum anda membuat akun Instagram anda untuk jualan, anda harus tahu apa yang akan anda jual dulu. Apakah anda akan menjual baju atau makanan?

Pastikan anda menjual satu niche saja. Yang dimaksud dengan niche adalah kategori barang yang anda jual. Akan lebih baik jika anda fokus kepada satu kategori saja. Jadi jika anda menjual jasa konten instagram Bali, pastikan anda jual jasa konten saja dan bukan hal yang lain. Hal ini akan mengurangi saingan anda di pasar, karena lingkup penjualan anda pun lebih spesifik.

Anda juga tidak boleh lupa untuk melakukan riset mengenai calon pelanggan anda. Anda harus mencari tahu umur, jenis kelamin, cara berbicara di Instagram, jam mereka aktif di Instagram, dan hal yang lainnya.

Jika anda melakukan riset dengan benar, anda bisa menemukan sistem promosi yang tepat dan efektif untuk calon pembeli anda. Dengan itu, anda bisa mendapatkan pelanggan baru lebih cepat dan dapat menjual barang anda secepat mungkin.

Jadi, anda tidak boleh melewatkan step ini. Melakukan riset dan menentukan barang yang anda jual adalah hal yang wajib.

2. Profil Bisnis

Percaya atau tidak, tidak banyak akun Instagram yang digunakan untuk berjualan menggunakan sistem profil bisnis Instagram. Hal ini sangat disayangkan, karena profil bisnis Instagram mempunyai banyak fitur yang bisa digunakan untuk memaksimalkan riset dan penjualan anda.

Beberapa fitur profil bisnis Instagram adalah:

  • Instagram Insights

Instagram insights adalah fitur milik profil bisnis Instagram dimana anda akan mendapatkan demografis mengenai pengunjung anda. Melalui Instagram Insights, anda akan menemukan jumlah pengunjung setiap harinya, umur pengunjung, jumlah orang yang komen di post, akun yang mengunjungi anda, interaksi yang dilakukan dengan pengunjung, dan yang lainnya.

Demografis ini adalah hal yang penting. Dengan demografis ini, anda bisa memperbaiki strategi marketing anda agar bisa disesuaikan dengan pengunjung toko anda.

  • Kontak yang lebih detail

Berbeda dengan fitur blog pribadi, dengan profil bisnis Instagram, anda bisa menambahkan kontak toko anda di profil anda. Dengan profil bisnis, anda bisa menambahkan nomor telepon dan email anda. Sehingga, pengunjung bisa mengontak anda selain menggunakan Direct Message.

  • Integrasi dengan Facebook

Keunikan lain dari profil bisnis Instagram adalah integrasi dengan Facebook. Jika anda menggunakan profil bisnis, anda bisa menyambungkan akun Instagram anda dengan Facebook untuk Bisnis. Jadi, anda bisa mengontrol dua akun sosial media secara bersamaan! Cukup praktis, bukan?

Seperti yang kita lihat, profil bisnis Instagram memberikan banyak keuntungan bagi yang menggunakannya. Jika anda ingin mengubah profil anda menjadi profil bisnis, anda bisa melakukan langkah ini:

  1. Pergi ke “Settings.”
  2. Klik “Account.”
  3. Pencet “Switch to Business Account.”

3. Gunakan Instagram Ads

Instagram Ads adalah salah satu fitur favorit penjual di Instagram. Dengan Instagram Ads, anda bisa menjangkau target audience anda dengan gampang. Meskipun anda mengeluarkan biaya ekstra, anda tidak usah khawatir karena anda bisa mengatur budgetnya. Jadi, Instagram akan membuat paket sesuai dengan total budget anda.

Dengan Instagram Ads, anda juga bisa memilih kemana anda ingin menggiring pengunjung anda ketika mereka klik iklan anda (profil Instagram, website, atau DM). Instagram AI juga akan memberikan opsi untuk mengatur secara otomatis ke siapa iklannya akan ditunjukan, tentu saja, anda juga bisa mengatur target pembeli anda secara manual juga.

Ketika anda sudah selesai mengatur iklan anda, Instagram akan langsung menyebar iklan anda ke target pembeli yang diinginkan. Anda tinggal duduk diam dan menunggu pembeli anda mengontak anda!

4. Berikan promo khusus Instagram

Strategi marketing yang bisa anda gunakan adalah promo khusus Instagram. Yang dimaksud dengan promo khusus Instagram adalah promo diskon atau jasa lain yang hanya bisa didapatkan dengan membeli melalui profil Instagram.

Mari kita gunakan contoh sebelumnya, yaitu jasa konten instagram Bali. anda bisa membuat post yang mengumumkan bahwa pelanggan yang memesan  jasa konten instagram Bali melalui Instagram akan mendapatkan diskon sebanyak 25%.

Trik ini adalah trik marketing yang simpel namun efektif. Tentu saja semua orang menyukai diskon. Jadi, jangan kaget jika anda langsung dihubungi oleh calon pembeli melalui DM Instagram anda.

5. Interaksi dengan pelanggan

Hal lain yang bisa anda lakukan dalam berinteraksi dengan pelanggan. Yang dimaksud dengan interaksi adalah kecepatan anda untuk membalas komen pelanggan ketika mereka bertanya sesuatu yang berhubungan dengan produk anda. Hal ini terdengar sepele, namun sebenarnya hal ini adalah hal yang penting. Jika anda langsung membalas calon pembeli, mereka akan merasa diperhatikan. Kecil juga kemungkinan mereka untuk mencari produknya di toko yang lain jika anda langsung membalas komen mereka.

Bagaimana jika mereka hanya komen mengenai produknya tetapi tidak bertanya mengenai harga? Anda bisa membalasnya dengan berterima kasih atau langsung “like” komennya. Hal ini menunjukan bahwa anda peduli mengenai komen yang ada.

Jika anda membalas komen calon pembeli, pastikan bahwa anda menggunakan bahasa yang sopan. Setidaknya, pastikan anda menggunakan bahasa yang sesuai dengan calon pembeli tersebut. Anda bisa melakukan hal ini dengan melihat nada komen calon pembeli, jika nadanya santai, maka anda bisa santai juga. Apabila formal, gunakan bahasa yang formal. Sesuaikan dengan nada bicara calon pelanggan anda!

Ayo, Berjualan di Instagram Sekarang Juga!

Seperti yang anda lihat, ada berbagai fitur yang bisa anda gunakan apabila anda menggunakan Instagram untuk berjualan. Jika anda mempunyai profil bisnis, anda bisa mendapatkan fitur yang dapat membantu anda berjualan. Dengan Instagram Ads, anda bisa mempromosikan produk anda secara online ke target pembeli yang anda inginkan. Anda juga bisa berinteraksi dengan pengunjung dengan gampang.

Jadi, anda tidak usah ragu lagi! Bukalah Instagram, buatlah akun baru, dan mulailah berjualan sekarang juga! Jika anda masih bingung mengenai apa yang akan anda jual, anda bisa menghubungi jasa konten instagram terdekat. Ayo, berjualan di Instagram sekarang juga! (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA