by

200 Ribuan Guru Mengakses Pelatihan Daring Ruangguru Selama Pandemi

KOPI, Jakarta – Selama pandemi Covid-19, Ruangguru membuka akses pelatihan guru daring secara gratis dengan tujuan memperkaya keterampilan mengajar para guru, terutama di tengah situasi pandemi. Hingga kini, layanan daring gratis dari Ruangguru telah diakses lebih dari 200.000 guru di Indonesia.

Para guru menerima berbagai materi pengayaan seperti pembelajaran berbasis teknologi informasi, strategi pembelajaran, perencanaan kurikulum, wawasan pendidikan, strategi menjadi guru yang memotivasi dan komunikatif.

Untuk memperkuat implementasi pelatihan guru daring, Ruangguru menyelenggarakan rangkaian webinar bagi para guru bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional. Webinar diadakan pada tanggal 18 – 24 November 2020 dengan beberapa topik strategi menghadapi keterbatasan selama pandemi, tips sehat dan produktif mengajar di masa pandemi, mengajar kreatif dengan metode pengajaran abad ke-21.

Terima kasih kepada seluruh guru di tanah air, jasamu tak akan pernah dapat tergantikan,” tutur Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru. Pada pembukaan sambutan webinar peringatan Hari Guru Nasional tersebut.

Ditambahkan pula oleh Belva Devara, bahwa Survei internal Ruangguru menunjukkan bahwa para guru masih membutuhkan peningkatan keterampilan dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Skor rata-rata kemampuan guru dalam melaksanakan PJJ adalah 3,95 dari skala 5. Beberapa tantangan yang dihadapi guru selama PJJ antara lain, metode penyampaian materi, platform PJJ yang sesuai bagi siswa

Beberapa tanggapan dari para guru peserta webinar tersebut, antaranya.
“Saya bersyukur dapat kesempatan mengikuti pelatihan dan webinar Ruangguru karena saya belajar banyak tentang bagaimana menerapkan proses belajar mengajar secara digital selama pandemi ini,” ucap Ibu Christina Wahyu, guru SDN 10 Toho, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

foto : Dokumentasi Ruangguru

“Pelatihan dan webinar yang diadakan Ruangguru ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan keterampilan saya sebagai pengajar. Terlebih lagi, dapat menjadi sarana berbagi dan ‘sesi curhat’ kepada pembicara atas permasalahan yang ada, berbagi solusi, serta memperluas perspektif dalam pemecahan masalah,” terang Ibu Vania Emeralda, pengajar privat untuk para siswa SMA di Surabaya, Jawa Timur.

“Rangkaian pelatihan dan webinar Ruangguru sangat relevan dengan kebutuhan saya sekarang sebagai volunteer mengajar apalagi saya harus membuat video pembelajaran untuk adik-adik binaan. Saya jadi tahu cara membuat konten pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan,” ungkap Ibu Riris Aleyda, volunteer pengajar dan pembuat konten Bahasa Inggris untuk siswa SD di Cilegon, Banten. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA