by

Rayakan Ultah Ke-3, Google Bali Local Guide Adakan Kegiatan Positif untuk Pariwisata Bali

KOPI, Jakarta – Sebuah komunitas yang bersifat sukarelawan dari para pengguna yang sudah memberikan kontribusi kepada aplikasi Peta Google di Bali mengadakan acara ulang tahun (ultah) yang ke-3 di sebuah restauran kebun di Denpasar Bali. Dengan adanya Google Maps atau Peta Google menawarkan fitur yang memungkinkan penggunanya secara terbuka di seluruh dunia untuk menambahkan Foto-foto lokasi , Review titik tempat yang ada di Peta Google.

Bahkan Google menggunakan API – antarmuka program aplikasi untuk memperkaya penggunaan peta tersebut dengan menambahkan titik kegiatan bisnis di lokasi peta tersebut, yang nantinya akan dihubungkan ke jalur destinasi yang biasanya dipakai pada aplikasi ojek ataupun dihubungkan kepada titik bisnis yang menjadi kesempatan ber-iklan di google nantinya.

Kegiatan menambahkan dan memperkaya peta google ini memberikan inisiatif awal terbentuknya komunitas Bali Local Guide digagas oleh seorang pengguna peta google Bali yang bernama Sandra Suryadiredja, untuk mengumpulkan orang – orang yang memiliki hobi yang sama, yaitu memberikan kontribusi secara sukarela untuk memperkaya aplikasi Peta penunjuk jalan Google Maps ini.

Komunitas Bali Local Guide memiliki 81 peserta yang saling terhubung aktif di grup Whatsapp ini, mencari restoran dengan pemandangan yang indah, dan juga sesuai dengan selera masing-masing dari mereka untuk.memperkaya Peta Google di Bali , biasa disebut dengan sebutan “Local Gude”.

Bali sebagai destinasi wisata pariwisata Indonesia menjadi tempat tujuan dari semua orang dari seluruh dunia. Misalkan, ada Wisatawan mancanegara dari Australia, India, Jepang, Rusia, China, Amerika Serikat dan lain sebagainya.

Dan pastinya wisatawan dari negara-negara tersebut perlu panduan agar bergerak bebas , katakanlah seperti Wisatawan Backpacker, sangat membutuhkan penunjuk jalan yang bisa mereka andalkan dan berada pada aplikasi Google yang terinstall / download di gadget mereka sendiri.
Jangankan backpacker yang berasal dari luar negeri, untuk turis lokal dari domestic pun sangat membutuhkan panduan untuk mencari tempat tempat wisata yang mereka minati di Bali, misalkan pantai pantai yang masih belum banyak orang kunjungi, Hotel dengan review terbaik di Google atau hotel yang sesuai dengan budget pewisata tersebut.

Mengapa Bali local guide ini sangat diperlukan oleh Google ?
Karena dengan keberadaan Bali Local Guides ini, dari kontribusi yang mereka beri untuk mengarahkan jalan yang tepat, kita bisa sampai ditujuan dengan cepat dan praktis. Walaupun kemudahan penunjuk peta yang dibuat oleh Google ini tidak bisa digantikan oleh seorang pemandu wisata lokal dari daerah Bali. Karena masih ada kelemahan di aplikasi, seperti contoh nyata jalan menuju pantai Canggu yang hanya bisa dilewati dengan sepeda motor tapi dilewati mobil dan berakibat ada beberapa mobil wisatawan yang terperosok masuk ke sawah.

Foto Bersama pada saat Acara Ulang Tahun Bali Local Guide di Restoran, Denpasar, Bali

Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana suatu tempat bisa muncul di aplikasi tersebut seperti kedai kopi baru, salon, bengkel dan lain sebagainya? Local Guide inilah yang memberikan kontribusi di peta dengan menambahkan tempat di dalam aplikasi dengan cara yang mudah seperti memberi titik koordinat, menambahkan foto jalan dari tampak samping kiri dan kanan, tampak depan, foto bangunan objek yang ditambahkan, foto – foto menu makanan untuk yang menambahkan tempat usaha warung makan dan berbagai informasi penting lainnya.

Saat Yulfitry Rahmawita, contributor perwarta-indonesia.com membuat artikel ini berada disaat pandemic Covid19 yang sudah membuat seluruh negara di dunia harus berada disituasi yang sulit, dimana angka angka statistic menunjukkan jumlah kematian yang tidak sedikit.

Dunia pariwisata di Bali pun mengalami dampak terburuk melebihi situasi krisis-krisis sebelumnya. Banyak hotel, yang harus ditutup sementara dulu karena situasi yang tidak memungkinkan untuk menerima tamu, bioskop yang harus ditutup karena kita harus menerapkan fisikal distancing, dan banyak juga kegiatan usaha yang berdampak buruk seperti menurunnya jumlah penumpang pesawat terbang, kasus penumpang yang terinfeksi di dalam kapal laut dsb.

Sehingga kegiatan positif dengan memperkaya Aplikasi Peta Google ini adalah satu kegiatan yang positif membantu sektor Industri Pariwisata Bali yang sedang terpuruk saat ini, itu kutipan yang diambil dari wawancara penulis dari Sandra Suryadiredja, selaku inisiator Bali Local Guide.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA