by

Manfaat Jasa Ukur Topografi untuk Pemetaan

KOPI, Jakarta – Jasa pengukuran topografi memang sangat membantu dalam mengetahui setiap lokasi yang berada pada suatu tempat. Mereka juga mempunyai banyak peralatan pendukung serta anggota tim yang sangat ahli dalam bidang tersebut. Lantas, apa saja manfaat adanya jasa ukur topografi untuk pemetaan ini?

Beberapa Manfaat Jasa Ukur Topografi

Tujuan utama jasa pengukuran topografi adalah mensurvey yang mempunyai peran sebagai sarana supaya mempermudah dalam mengetahui luas suatu area, perencanaan dalam konstruksi, dan hal lainnya. Namun apa saja manfaatnya?

1. Mengukur Rencana Pembangunan

Memang pada masa milenial ini banyak sekali penambahan jumlah penduduk dan perekonomian negara juga semakin mengalami perkembangan pesat. Dengan demikian pasti membutuhkan pembangunan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, seperti perusahaan, rumah dan lainnya.

Akan tetapi untuk mendirikan berbagai bangunan mengharuskan melalui tahapan prosedur yang benar. Semisal mendapatkan izin dari beberapa lembaga pemerintahan. Selain itu juga harus mengadakan pengukuran, jasa pemetaan dan lain sebagainya, maka dari itu memakai jasa ukur topografi sangat perlu.

2. Mengukur Luas Tanah

Peran dari jasa ukur topografi memang sangat banyak sekali. Salah satu hal yang paling berperan adalah mengukur luas tanah. Hal ini memang perlu karena untuk keperluan pembangunan pada suatu daerah, pembuatan jalan tol, membangun gedung perkantoran dan lain sebagainya.

Oleh karena itu jasa ukur topografi banyak sekali peminatnya. Sebab mereka mempunyai peralatan canggih serta terdapat pula para ahli di dalamnya. Selain itu tidak hanya untuk mengetahui luas tanah, melainkan juga sebagai pengukuran tempat-tempat terjal, atau pemetakan kampung.

3. Membuat Saluran Irigasi

Pada saat melakukan pembangunan sebuah saluran irigasi, tentunya akan membutuhkan informasi sangat detail sekali. Oleh karena itu jasa ukur topografi sangat berperan akan hal ini. Sebab akan membantu menganalisis setiap tempat-tempat sempit yang sulit terjangkau.

Air irigasi tentunya mengalir sesuai dengan penargetan. Jadi Bilamana tidak adanya sebuah alat untuk melakukan pekerjaan tersebut, maka akan menghambat menghasilkan hasil yang sempurna. Alhasil malah menghabiskan banyak biaya karena tidak sesuai dengan target.

4. Rencana Pembangunan Pemukiman Penduduk

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidak konstruksi tentunya membutuhkan jasa ukur topografi. Ketika mereka mau melakukan pembangunan proyek besar berupa pemukiman untuk penduduk, maka alangkah lebih untuk mengetahui secara detail lokasinya.

Selain itu juga menentukan tempat yang pas untuk membangun proyek. Kemudian dari hasil pengukuran tersebut, kontraktor bisa dengan mudah menempatkan lahan mana untuk pembuatan taman dan perumahan. Dengan demikian akan lebih tertata dengan rapi.

5. Akurasi Pembangunan Proyek

Pada saat ingin melakukan pembangunan sebuah proyek pabrik maupun semacamnya, tentunya saja dukungan lokasi menjadi perhatian yang utama. Semisalnya saja tempatnya masih berbentuk hutan lebat dengan medan yang berat, sudah pasti butuh bantuan topografi.

Dengan demikian, apapun lokasinya bisa secara akurat dan relevan agar bisa melakukan pembabatan secara maksimal. Apabila ada sesuatu tempat yang berlubang dan butuh pengurukan, maka bisa mengisi dengan bebatuan atau tanah. Jadi jasa topografi akan membantu masalah itu.

6. Perencanaan Pembuatan Wisata

Ketika ingin membuat sebuah tempat wisata tentu saja membutuhkan lahan yang pas dan mudah untuk menjangkaunya. Hal ini sangat perlu sekali karena dapat dengan mudah menyesuaikan besaran biaya yang harus dikeluarkan.

Dengan menggunakan jasa ukur topografi, maka akan memudahkan dalam mengatur desai bakal wisata tersebut. Setiap luas lahan ada pengukurannya dan juga berapa besaranan setiap area wahana bisa dengan mudah menentukannya. Alhasil dapat lebih mengatur pengeluaran dana.

7. Mengetahui Perbedaan Tinggi Tanah

Mungkin saja kehidupan masyarakat dataran rendah sangat berbeda dengan yang berada di pegunungan. Lokasi lahan dan bentuk tanahnya tidak merata sehingga menjadikannya seperti jurang-jurang terjal. Namun bagaimana mendirikan bangunan ketika disana?

Oleh karena itu jasa ukur topografi bisa membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Pasalnya dapat mengetahui secara detail tingkat ketinggian tanah, lebah, dan lain sebagainya. Demikian ketika melakukan pembangunan rumah tidak khawatir lagi menentukan posisi idealnya.

8. Pengukuran Pembuatan Jalan

Ketika ingin melakukan pembangunan proyek jalan tol misalnya, maka akan banyak sekali pertimbangan, mulai dari kondisi taman, besaran biaya, pembelian lahan dan sebagainya. Oleh karena itu pengukuran dengan topografi sangat diperlukan sebagai sarana mendapatkan informasi.

Hasil dari pengukuran topografi akan sangat membantu sekali bagi para kontraktor. Sebab mereka akan lebih mudah melakukan rencana berikutnya dan akan tahun banyaknya material untuk sekian kilo panjang jalannya. Dengan demikian pengerjaan proyek bisa selesai tepat waktu.

9. Penentuan Batas Suatu Wilayah

Adapun manfaat pengukuran topografi adalah untuk mengetahui batas suatu wilayah. Karena setiap lokasi mempunyai luas dan lebar masing-masing nya. Bisa jadi untuk menentukan batas desa A dan B dengan lebih akurat karena alatnya sangat canggih.

Dengan demikian batas suatu wilayah akan mudah mengetahuinya dengan bantuan pengukuran topografi. Begitu pula pada bagian perbatasan negara, maka hal ini saat perlu sebab antara keduanya memiliki kedaulatan masing-masing.

10. Pembuatan Peta

Kini smartphone semakin canggih dengan adanya fitur google maps. Hal ini akan mempermudah perjalanan setiap orang menuju ketempat yang baru pertama kali mendatanginya. Oleh karena itu pengukuran topografi sangat perlu sekali untuk mengakuratkan setiap jarak setiap tempat.

Pengukuran tersebut biasanya dimulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten dan kota. Kemudian setelah mendapatkan data lengkapnya, maka siap untuk membuat peta. Dengan demikian aplikasi google maps bisa memberikan informasi lokasi seluruh Indonesia.

Demikian tadi beberapa manfaat adanya jasa ukur topografi untuk pemetaan. Pastikan Anda memesan sekarang juga!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA