by

Komisi IV DPRD Karawang Ingatkan Pemkab Antisipasi Bencana Banjir

KOPI, Karawang – Hampir setiap tahun Kabupaten Karawang mengalami bencana banjir di beberapa titik rawan. Hal tersebut menggugah Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, H. Asep Syarifudin, mengingatkan Pemkab melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) untuk melakukan langkah-langkah antisipasi banjir.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa sudah menyampaikan kepada BPBD untuk menginventarisir titik-titik rawan bencana alam saat musim penghujan. “Selain itu, berbagai faktor penyebab terjadinya bencana juga harus dikaji agar dapat ditemukan solusi pencegahan dan penanganannya,” ujar Ibe sapaan akrabnya, Senin (19/10/2020).

Menurutnya, hasil dari inventarisir titik rawan bencana, serta hasil kajian yang telah dilakukan BPBD disampaikan kepada instansi teknis lain yang berkaitan seperti Dinas PUPR, BBWS dan PJT II.

“Sehingga dapat dilakukan langkah kongkrit dalam pencegahan bencana alam,” ucap Ibe.

Ia mengatakan bahwa titik rawan banjir seperti di Pengasinan, Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, harus menjadi prioritas dalam hal pencegahan.

“Setidaknya dengan memasang alat pendeteksi ketinggian air. Sehingga saat akan terjadi luapan air ke pemukiman bisa diketahui,” paparnya.

Ia berharap instansi teknis harus bersinergi dalam melakukan langkah pencegahan bencana, seperti pembangunan infrastruktur yang memadai.

“Jelang memasuki musim penghujan langkah-langkah konkrit ini harus mulai dilakukan. Jangan hanya melakukan penanganan saat bencana sudah terjadi,” tegas Ibe. (NJK-RED)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA