by

IndoEBTKE ConEx ke-9 Siap Hadir Dengan Pameran Virtual

KOPI,Jakarta- IndoEBTKE ConEx ke-9 tahun ini akan dilaksanakan secara virtual pada 23-28 November 2020. Event ini merupakan agenda tahunan dari Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) yang didukung penuh oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. Penyelenggaraan Virtual IndoEBTKE ConEx 2020 tahun ini mengusung tema “It’s Time to Invest in Renewable Energy for Energy Transition and Economic Recovery”. Pengusungan tema ini dimaksudkan untuk mendukung percepatan investasi energi terbarukan dan konservasi energi untuk mendorong transisi energi menuju pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan, serta pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.

Launching ‘Virtual IndoEBTKE ConEx 2020’ oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Arifin Tasrif, dan Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Republik Indonesia yang diwakili oleh Harris Yahya, Direktur Aneka Energi Baru Terbarukan Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM serta para pejabat Kementerian ESDM dan kalangan pemangku kepentingan bidang energi khususnya energi terbarukan.

Menteri ESDM menjelaskan bahwa saat ini peran energi terbarukan sangat perlu ditingkatan dalam rangka transisi energi Indonesia menuju pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan, yang sejalan dengan komitmen internasional Indonesia terhadap Perjanjian Paris untuk penurunan emisi gas rumah kaca global. Transisi energi juga merupakan kebutuhan yang sudah harus dijalankan segera, selain untuk menyiapkan diri terhadap berkurangnya ketersediaan energi fosil dan dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan energi, tetapi juga dapat menurunkan emisi gas rumah kaca dari sektor energi. Di sisi lain, percepatan pengembangan energi terbarukan juga dapat digunakan untuk pemulihan ekonomi pasca Covid-19, karena pengembangan energi terbarukan akan membuka aliran investasi dan menyediakan lapangan kerja baru. “Kami dari Kementerian ESDM mendukung penuh dan menyambut positif kegiatan ini dan mengajak para pemangku kepentingan, pelaku industri, peneliti, akademisi, dan masyarakat umumnya untuk berpartisipasi dalam acara ini serta memanfaatkan forum Virtual IndoEBTKE ConEx 2020 untuk dapat saling bersosialisasi, promosi dan bertukar pendapat di bidang energi terbarukan,”ungkap Arifin Tasrif.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah, Ketua Umum METI, Surya Darma, percaya bahwa kehadiran event ini dapat mendorong peningkatan ketahanan energi nasional, “Kehadiran IndoEBTKE ConEx ini telah menjadi rujukan industri tentang bagaimana energi berkelanjutan dapat meningkatkan ketahanan energi untuk masa depan sekaligus investasi untuk pemulihan ekonomi nasional. Kita perlu memanfaatkan sumber daya dan finansial yang ada untuk mendukung target transisi energi. Untuk itu, event ini akan menyajikan berbagai perspektif yang komprehensif untuk mengadvokasi stakeholder tentang energi terbarukan dan dapat mencapai target bauran energi yang telah ditetapkan. Dengan hadirnya dukungan pemerintah dalam acara ini juga untuk menjalin sinergi antara pelaku industri dengan pemerintah untuk bersama-sama mencapai target sehingga pemanfaatan energi bersih dapat terwujud,”kata Surya Darma.

Dilaksanakan Secara Virtual pertama Kalinya disaat pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda dan penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta membuat event ini akan dilaksanakan secara virtual serta juga mengutamakan aspek kesehatan dengan tidak membuat acara untuk orang berkumpul dalam skala besar. Meskipun di tengah keterbatasan, tidak menghalangi IndoEBTKE ConEx 2020 untuk memberikan kontribusi dalam industri energi nasional dengan menghadirkan ‘Virtual IndoEBTKE ConEx 2020’.

Meskipun dilaksanakan secara virtual, namun rangkaian acara yang telah dipersiapkan tidak mengurangi kegiatan layaknya pameran dan konferensi offline. Pameran dan konferensi ini juga tetap memfasilitasi interaksi antara pengunjung dengan peserta pameran dengan menyediakan fitur chat. Kegiatan-kegiatan dalam acara ini mencakup di antaranya virtual opening ceremony, conference, training, expo, field trip, business presentation/stage performance, virtual business matching, dan closing ceremony. Selain itu, Virtual IndoEBKTE ConEx 2020 juga menghadirkan summit untuk menggerakkan pengembangan energi terbarukan di Indonesia dari semua klaster energi terbarukan yaitu Indonesia Solar,Bioenergy, Geothermal dan Indonesia Wind Summit.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA