by

GAMBATTE Sampaikan Target Pekerja Migran ke Jepang kepada BP2MI

KOPI, Jakarta – Kedatangan Perdana Menteri Jepang, Mr. Yoshihide Suga di tanah air merupakan momen penting bagi penyelenggara Specified Skilled Worker (SSW) atau tokutei ginou oleh purna Jepang. Dalam kesempatan ini, organisasi Gabungan Alumni Magang Jepang Berusaha Amat Tekun Taat Enerjik (GAMBATTE) Indonesia akan menyampaikan beberapa atensi kepada Badan Perlindungan dan Penempatan Migran Indonesia (BP2MI).

Pengurus GAMBATTE Indonesia diwakili Rinjaya dan Asril menemui Kepala BP2MI, Benny Ramdani, di kantornya di Jalan MT Haryono Jakarta Selatan, Senin (19/10), untuk berdiskusi mengenai program tokutei ginou atau skil.

“Kami menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan program tokutei ginou atau SSW. Dan tentang lebih banyaknya pekerja migran via tokutei ginou ke Jepang,” ujar Asril.

Menurutnya, sejak dibuka 1 april 2019 program tersebut baru bisa memberangkatkan ratusan pekerja. Belum dapat memenuhi kuota kurang lebih 15 ribu setiap tahunnya dari jumlah permintaan 70 ribu dari Indonesia, dan total yang diminta negara Sakura sebanyak 345 ribu dari beberapa negara.

“Harapan Kami Presiden Joko Widodo dapat menyampaikan permohonan tersebut pada pertemuannya dengan Perdana Menteri Jepang pada tanggal 20 – 21 oktober 2020,” harap Asril dan Rinjaya kompak.

Mengenai kapan dibukanya pengurusan E-KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri) yang menjadi pertanyaan calon pekerja, menurut Ramdani persoalan tersebut sudah diajukan ke Kementerian Tenaga Kerja.

“Kami sudah menyurati Kemenaker untuk beberapa point tentang hal itu, tapi pihak Kemenaker masih menunggu dibukanya penerbangan dari Indonesia ke Jepang.

Lanjutnya, padahal 1 oktober 2020 negara Matahari terbit itu sudah memberikan peluang kepada Migran Indonesia untuk masuk ke Nipon. “Yah, mudah-mudahan kedatangan Perdana Menteri Jepang bisa membawa dampak positif dengan segera dibukanya kembali penerbangan dari Indonesia ke Jepang,” jelas Ramdani.

Pada kesempatan tersebut, dari GAMBATTE mengutarakan pendirian Organisasi ‘Forum LPK Indonesia Bersatu’, dan menyampaikan kesediaan Benny Ramdani sebagai Pembina Organisasi.

“Oh iya, silakan, dengan segala hormat saya bersedia”, tegas Ramdani.

Pada kesempatan yang sama di BP2MI, GAMBATTE telah bertemu dengan Ketua Umum Komunitas Penyedia Tenaga Kerja Internasional Indonesia
(KAPTEN) Abdul Rauf, dan kedua belah pihak bincang-bincang tentang ketenagakerjaan ke Jepang. (Asril)

Editor: NJK

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA