by

Dinas Koperasi Langkat Siapkan 20 Orang Tenaga Skill Penginput Data BLT UMKM

KOPI, Langkat – Untuk melayani usulan permohonan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dalam program Bantuan Presiden Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM). Dinas Koperasi Langkat menyiapkan tanaga skill sebanyak 20 orang, sebagai tenaga penginput data berkas pemohon bantuan yang diajukan oleh masyarakat. 

Dalam perhari, 1 orang petugas penginput data di Dinas Koperasi Langkat, bisa menyelesaikan 100 berkas permohonan bantuan BLT UMKM untuk dikirimkan ke link situs pihak Kementerian Koperasi. Bahkan pihak Dinas Koperasi sendiri juga melemburkan pekerjaan penginput data hingga bekerja hingga malam, dengan target 100 berkas permohonan indentitas usaha UMKM, bisa diselesaikan dalam 1 orang juga.

Informasi dirangkung PEWARTA INDONESIA, Selasa (27/10/2020) dalam satu hari petugas yang menginput data berjumlah 10 orang, begitu juga untuk malam harinya, juga mempekerjakan 10 orang tenaga penginput data. Nah, Jika dikalikan satu hari satu malam, Dinas Koperasi Langkat bisa menyesaikan sebanyak 2.000 berkas yang diinput. Sehingga  nantinya, dari sekitar 22.000 berkas yang masuk diminggu ini dapat terselesaikan sesuai target mereka. Selain itu juga, untuk mengerjakan target penginputan data agar cepat selesai, Dinas Koperasi Langkat sudah sepakat tidak meliburkan petugas penginput data.

Secara terpisah, Kepala Dinas Koperasi Langkat, Drs. T.M. Auzai kepada Wartawan mengatakan,  saat ini data permohonan yang dimasukkan pelaku UMKM ke Dinas Koperasi Langkat ini seluruhnya berkisar 75.000 berkas permohonan, dan yang sudah dicairkan maupun dalam tahap pencairan di BRI, berkisar 40 persen pelaku UMKM.

T.M. Auzai juga mengatakan, usulan berkas permohonan bantuan BLT UMKM yang diantar langsung oleh pelaku UMKM ke kantor Dinas Koperasi Langkat ini mencapai 70 persen, dibanding berkas usulan yang diantar pihak Desa/Kelurahan di Langkat berkisar 30 persen saja.  

T.M Auzimau yang ditanya terkait batas akhir permohonan warga yang mengusulkan data permohonan BLT UMKM, T.M. Auzai mengatakan, saat ini sementara kita tutup pendaftaran dan penyerahan berkas pelaku UMKM terakhir pada hari Senin depan (2/11/2020), dikarenakan pihaknya akan melaksanakan rekapitulasi penginputan data yang sudah ada. Kami Dinas Koperasi membutuhkan waktu untuk melaksanakan rekapitulasi keseluruhan berkas dan penginputan data ke Kementerian Koperasi, sebutnya.(reza fahlevi).

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA