by

7 Cara Meningkatkan Keamanan Akun Facebook

KOPI, Kediri – Memang tidak bisa dipungkiri Facebook sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Namun, setelah apa yang terjadi dengan masalah kebocoran data dan privasi yang mana telah di beritakan beberapa waktu silam.

Kini membuat para penggunanya harus berpikir ulang dan terus waspada demi menjaga keamanan Facebook mereka dan memastikan semuanya bersifat pribadi.

Untuk mengamankan akun facebook dari serangan hacker, peretas, atau lainnya, penting untuk meninjau ulang pengaturan dasar dan memilih opsi yang tepat guna mendapatkan pengalaman Anda jauh lebih aman.

Menurut Kangsandi.id, inilah konfigurasi apa saja yang perlu Anda setel ulang untuk meningkatkan keamanan facebook agar bersifat privasi sehingga sulit untuk dibobol oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

1. Setel Ulang Kata Sandi Menjadi Lebih Solid

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengatur ulang kata sandi. Ini mungkin terdengar umum dan bahkan untuk kebanyakan orang tidak menganggapnya serius.

Tapi tahukah Anda, membuat sandi yang kuat adalah langkah pencegahan paling dini untuk terhindar dari peretasan akun dan menjadi kode keamanan paling populer di dunia.

Buatlah mininal 8 karakter yang unik dan solid, serta masukan kombinasi huruf dan angka dengan beberapa huruf besar ditambah huruf kecil. Bikinlah sesuatu yang benar-benar rumit, namun mudah diingat.

Jangan menggunakan kata sandi yang sama pada semua akun Anda, karena itu sangat berbahaya. Kenapa? Jika ada seorang peretas memecahkan satu akun, maka mereka dengan mudah dapat mengakses akun lainnya.

Buat kata sandi yang mudah diingat, tetapi sulit ditebak. Hindari memasukkan nama Anda, tanggal lahir, kesukaan / minat Anda, dan itu harus benar-benar baru yang belum pernah kamu pakai di akun mana pun. Selanjutnya, ubah kata sandi secara berkala, setidaknya enam bulan sekali.

2. Masukkan Nomor Ponsel dan Aktifkan Mode Autentikasi 2 Faktor

Mengonfirmasi nomor HP adalah langkah ampuh untuk memperkuat diri Anda, dan ini juga berguna jika kamu mengalami lupa kata sandi.

Sedangkan, Autentikasi dua faktor adalah kode keamanan tambahan setiap kali Anda masuk dari perangkat atau lokasi yang tidak dikenali.

Setiap kali ada seseorang yang ingin menerobos akun Anda dari browser atau perangkat yang tidak diketahui, maka sistem akan meminta kode konfirmasi yang dikirim ke nomor Anda.

Caranya: Buka pengaturan dan privasi, disana ada dua metode yang bisa Anda gunakan, pertama: melalui aplikasi autentikasi, di mana ini adalah aplikasi untuk membuat kode verifikasi dengan fungsi perlindungan terhadap beberapa jenis penyalahgunaan berbasis Sim.

ke-2, melalui “Pesan Teks (SMS)” ini akan meminta Anda untuk memasukkan kode verifikasi yang akan dikirim ke nomor ponsel setiap kali Anda login.

3. Tinjau Ulang Privasi

keamanan facebook

Luangkan waktu untuk melakukan pemeriksaan privasi, atur ulang siapa saja yang dapat melihat profil, foto, postingan, dan informasi lainnya. Serta, aplikasi apa saja yang terhubung dengan ID Anda.

Sementara, seperti yang kita tahu bahwa memberi akses ke aplikasi pihak ketiga yang kurang terpercaya itu akan berisiko akan kebocoran data sensitif.

Bahkan lebih menakutkan lagi, mereka dapat menggunakannya untuk kepentingan mereka sendiri, dan tentu saja ini sangat membahayakan diri Anda.

Untuk memastikan bahwa tidak ada lagi aplikasi atau situs web tidak resmi yang mengarah ke akun Anda, buka halaman “Pengaturan Aplikasi.” Kemudian, hapus koneksi aktif yang tidak lagi diizinkan.

Anda dapat mengedit di bagian “Preferensi,” apakah ingin memberi hak akses platform atau tidak.

Catatan: Menonaktifkan Integrasi Facebook dengan aplikasi sepenuhnya, itu berarti kamu tidak bisa lagi masuk ke aplikasi, game, dan situs web menggunakan akun Anda.

4. Batasi Postingan Lama

meningkatkan keamanan facebook

Kedengarannya jelas, langkah ini memastikan konten Anda hanya diperlihatkan kepada orang yang kamu percayai dan membuatnya lebih privasi.

Kamu dapat merahasiakan postingan dan membatasinya hanya kepada orang-orang yang benar-benar dikenal, teman dekat, atau keluarga.

Jika ada pos tertentu di timeline yang tidak ingin dilihat oleh orang lain, Anda dapat memblokirnya, mengklik tombol panah bawah untuk menjadikannya pribadi.

Atau, mengatur privasi FB agar tidak bisa dilihat selain teman secara otomatis melalui konfigurasi berikut ini:Pergi ke pengaturan >> Gulir ke bawah >> Privasi >> Pilih linimasa dan penandaan. Sekarang, kamu dapat membatasi postingan sebelumnya dan meninjau penandaan sebelum benar-benar muncul di timeline.

Catatan: Jika kamu memilih untuk mengedit semua postingan atau postingan yang menandai Anda, maka setiap postingan yang dibagikan ke beranda akan sulit ditemukan, kecuali oleh teman-teman Anda.

5. Keluar Akun dari Jarak Jauh

pengaturan facebook keamanan

Ide bagus lainnya adalah dengan menjalankan konsep keluar akun dari jarak jauh, jika sebelumnya Anda lupa logout ketika menggunakan perangkat publik atau milik orang lain.

Agar terhindar dari hal buruk yang berpotensi pencurian identitas atau bahaya lainnya dikemudian hari, cobalah pengaturan seperti ini.

Masuk ke Setelan >> Keamanan >> Tempat Anda masuk >> Akhiri aktivitas atau hapus perangkat yang pernah digunakan.

6. Matikan Mode Pengenalan Wajah

Bersama data sensitif lainnya, Facebook juga dapat menyimpan ratusan gambar wajah Anda dari berbagai sudut. Ini menempatkan diri Anda dalam risiko rekayasa sosial sampai pencurian identitas.

Untuk masalah ini, taruhan terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengunci mode pengenalan wajah, sehingga semua informasi tidak ada yang bisa melihat kecuali Anda.

Di setelan akun, ketuk dan edit Pengenalan Wajah, setelah itu pilih “Tidak” untuk mematikan pengenalan wajah.

7. Gunakan Browser yang Sama dan Hindari Tautan Phishing

Tidak hanya perangkat dan lokasi, Facebook juga akan mendeteksi setiap browser yang kamu pakai. Untuk alasan keamanan, penting untuk selalu menggunakan brower yang sama setiap kali Anda menjelajahinya.

Cara seperti ini, memungkinkan sistem mereka untuk mengenali browser apapun yang sering kamu digunakan.

Disisi lain, ada banyak kasus dari serangan penipuan menggunakan uang melalui pesan, obrolan, dan lainnya.

Semuanya mengarah ke website palsu dengan menggunakan tautan phishing yang dapat mencuri semua informasi pribadi, bahkan parahnya lagi dapat merusak perangkat Anda.

Jadi, demi keamanan Facebook dari serangan phishing, jangan pernah mengklik tautan yang mencurigakan atau hindari tautan phishing / spam yang di kirim ke ID Anda.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA