by

4 Langkah Sederhana Memulai Usaha Kecil

KOPI, Jakarta – Cara mendapatkan peluang-peluang usaha kecil yang menguntungkan sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana anda bisa mendapatkan ide mendapatkan peluang usaha kecil yang menguntungkan dengan mudah dan sederhana. Tapi sebelum kesana, ada pertanyaan yang harus dijawab. Kenapa memilih usaha kecil? Bukankah semua usaha berawal dari kecil dulu? Lantas kenapa tidak memilih usaha besar? Bukankah usaha besar berarti untung yang didapatkan juga besar?

Beberapa alasan utama kenapa banyak orang memilih mencari peluang usaha kecil tapi menguntungkan

  1. Mungkin karena modalnya memang cekak
  2. Masih sekolah atau kuliah, tapi ingin membantu orang tua mencari uang untuk membayar sekolah.
  3. Sangat hati-hati dalam memulai usaha, khususnya dalam menggelontorkan modal.
  4. Ekonomi yang sedang sulit, sehingga untuk makan saja repot apalagi membuat usaha yang besar yang butuh modal yang besar.

Baca Juga: Jasa Backlink PBN Terbaik No.1 Indonesia

Lantas apa yang termasuk usaha kecil itu? Tentu semua usaha yang modalnya kecil. atau bisa juga dilihat dari sumber daya yang dibutuhkan. Dalam arti usaha yang bisa dikerjakan sendirian tanpa perlu mencari karyawan. Tentu kalau sudah besar memang harus mencari karyawan juga.

Sekarang dimana mendapatkan informasi tentang peluang-peluang usaha kecil ini? Mudah saja. Sekarang sudah banyak sekali bermunculan majalah-majalah atau tabloid khusus tentang usaha. Kebanyakan majalah dan tabloid itu mengupas berbagai jenis usaha kecil yang prospektif untuk dikembangkan. Anda tinggal datang saja ke lapak-lapak penjual koran di pinggir jalan, cari tabloid yang khusus mengupas tentang usaha. Harganya mungkin sekitar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 atau kalau mau lebih murah bisa saja pergi ke toko loak. Cari disana. Jangan khawatir beritanya sudah tidak uptodate. Karena kita sedang mencari peluang usaha bukan mencari berita harian terbaru.

Atau kalau masih malas mengeluarkan uang, langsung saja pergi ke Gramedia, atau TogaMas atau toko buku yang lain. Cari info buku yang mengupas tentang peluang usaha. Gratis ndak perlu beli buku 🙂 . Yang lebih praktis lagi, cari di internet informasi peluang usaha yang anda ingin tahu. Beberapa yang bagus diantaranya swa.co.id, bisnisukm.com dan lain-lainnya.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal dan Terbukti Membayar

Setelah dapat informasi giliran anda pilih-pilih sebentar, jangan kelamaan, dan jangan terlalu banyak pertimbangan karena malah usaha anda tidak segara jalan! Sekarang saatnya anda take action!

Beberapa hal yang penting agar usaha kecil anda bisa segera berjalan :

1. Jangan terlalu banyak pertimbangan dalam memilih usaha.

Pilih terutama yang sesuai budget dan waktu anda. Kalau anda seorang karyawan atau mahasiswa, usahakan jangan sampai mengganggu kegiatan utama anda.

2. Ikut seminar atau pelatihan tentang usaha kecil.

Banyak kesempatan untuk ini. Aktif ikut kelompok-kelompok bisnis yang ada dekat domisili anda. Contohnya adalah TDA group.

3. Cari mentor bisnis di bidang yang mirip dengan usaha anda.

Mereka biasanya akan senang kalau ada pemula yang ingin belajar bisnis dari mereka Lebih bagus jika anda menjadi sub usaha mereka dulu. Banyak kisah sukses pengusaha dulunya dengan model seperti ini.

4. Pelajari tips dan trik kesuksesan pengusaha-pengusaha terkenal. Pelajari bagaimana mereka membangun bisnisnya. Pelajari bagaimana mereka jatuh bangun memelihara usaha sampai akhirnya bisa tumbuh mapan.

Cara terbaik untuk sukses adalah mirroring, atau mengcopy apa yang sudah mereka kerjakan sehingga bisa sukses dan berkembang. Tiru persis apa yang mereka kerjakan. Tentu anda bisa merubah dan mengimprovisasi beberapa diantaranya. Karena anda tidak bisa meniru semua yang mereka lakukan sama persis kan? Namun secara umum kerjakan apa yang sudah mereka kerjakan, lalu ke ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi!) 🙂 .Karena langkah-langkah mereka sudah terbukti sukses, tinggal anda mencopy saja trik-trik mereka.

Semoga bermanfaat. Salam Wirausaha!

Baca Juga: Bisa Dicoba, Ini 5 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Cocok Untuk Anda

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA