by

100 Guest Post Gratis untuk Blogger Indonesia

KOPI, KediriNando Rifky membagikan 100 lebih situs menerima guest post gratis di Indonesia yang terus diupdate setiap minggunya di situsnya. Guest post atau penulis tamu dapat dijadikan sebagai media promosi situs dan meningkatkan trafik. Sehingga dapat mempermudah para penulis lepas dalam membangun relasi sebagai guest post blogger.

Cara mengirimkan tulisan sebagai guest post blog cukup mudah, yaitu dengan mengirim email ataupun mengisi form di situs yang di targetkan. 

Apa itu Guest Post?

Apa itu guest post

Guest post adalah sebuah usaha untuk memporomosikan situs website atau blog dengan cara menjadi kontributor atau mengirimkan artikel di situs lain. Guest post menawarkan berbagai macam niche dengan audiens yang beragam. Mulai dari teknologi, kesehatan, parenting, fashion, gadget, sport dan lain-lain.

Oleh karena itu, guest post gratis merupakan salah satu strategi marketing yang paling cocok untuk meningkatkan trafik organik. Sehingga mengurangi biaya iklan dan meningkatkan kesadaran brand.

Manfaat Guest Post Secara Umum

Manfaat Guest Post

Guest Post sendiri memiliki banyak manfaat jangka panjang bagi kedua belah pihak (menerima guest post dan penulis tamu), diantaranya adalah:

  1. Membangun Relasi dengan Blogger.
    Relasi dengan para blogger akan menjadi sebuah investasi waktu yang baik bagi para pemilik situs atau digital marketing. Blogger suka sekali mereview tulisan, produk, jasa layanan, tempat traveling, atau mungkin situs kamu. Maka sangat penting sekali untuk membangun relasi dengan para Blogger agar mendapatkan review gratis.
  2. Mendapatkan Lebih Banyak Trafik.
    Menulis di situs lain akan membantu dalam meningkatkan trafik bagi kedua belah pihak. Bagi penerima tulisan guest post akan mendapatkan konten terbaru dan unik yang bisa diposting di situsnya. Begitu pula dengan penulis tamu yang bisa mendapatkan trafik dari penulis tamu dengan cara menautkan alamat situs kamu sebagai sumber penulisan atau referensi.
  3. Mendapatkan Backlink Berkualitas.
    Backlink adalah salah satu faktor utama bagi situs yang memanfaatkan SEO. Backlink dijadikan sebagai tolak ukur tingkat popularitas dari situs tersebut. Nantinya akan menjadi faktor penentu untuk menaikan ranking pencarian kata kunci tertentu di mesin pencari seperti Google. Kebanyakan backlink yang diberikan dari review gratis adalah nofolow, sedangkan dengan menjadi penulis tamu atau guest post. Kamu bisa mendapatkan backlink dofolow yang lebih berkualitas.
  4. Meningkatkan Ranking Kata Kunci.
    Dengan bertambahnya backlink, maka secara tidak langsung akan menaikan kata kunci yang kita targetkan. Ini sangat penting sekali bagi situs yang ingin mendapatkan trafik atau penjualan yang lebih baik. Ranking kata kunci dapat menaikan kemungkinan bahwa situs yang kamu optimalisasi di SEO lebih mudah untuk ditemukan oleh users.
  5. Membangun Kesadaran Brand.
    Tentu menjadi guest post dapat meningkatkan kesadaran brand, hal ini karena banyak sekali situs yang memberikan review kepada brand yang sering berkontribusi sebagai penulis tamu di situsnya. Bagi para blogger yang menerima tulisan tamu, tentu hal ini dapat menjadi portfolio yang bagus jika ingin menjual hasil tulisan kepada para agensi atau pengiklan yang membutuhkan jasa tulisan di situs mereka.
  6. Menghemat Waktu untuk Mendapatkan Konten Unik.
    Bagi para blogger yang menerima tulisan tamu akan mendapatkan manfaat lainnya. Yaitu menghemat waktu dalam memproduksi konten baru setiap harinya. Dengan begitu, blogger hanya perlu meninjau kembali apakah konten yang dikumpulkan oleh para guest post sesuai dengan ketentuan yang telah berlaku.
  7. Menjangkau Lebih Banyak Niche Audiens.
    Tentunya hal ini sangat penting sekali bagi blogger ataupun para penulis tamu. Dengan banyak konten yang menarik dan unik setiap harinya, akan membantu untuk menjangkau lebih banyak audiens baru yang mungkin belum pernah dijangkau sebelumnya. 

Kesimpulannya adalah menjadi penulis tamu atau guest post akan memberikan banyak manfaat bagi penulis dan blogger. Nando Rifky berbagi beberapa cara belajar ngeblog dari Nol yang cocok bagi para pemula, dan salah satunya adalah dengan memberikan lebih dari 100 daftar situs yang menerima tulisan tamu.

Sehingga kamu tidak perlu lagi membuang banyak waktu untuk melakukan riset atau menggunakan banyak agensi yang mahal untuk mendapatkan review di situs lain, cukup melakukan guest post gratis di situs lain saja.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA