by

Tiga Mobil Daihatsu Berkonsep Terbaru Akan Dipasarkan di Indonesia

-Otomotif-2,472 views

KOPI, Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan tentang 3 sosok mobil mungil Daihatsu yang telah menerapkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Ketiga mobil tersebut, Daihatsu Tanto, Daihatsu Rocky, dan Daihatsu Taft.

“Ketiga mobil itu sudah dipasarkan di Jepang. Di Indonesia, kita tunggu saja kehadirannya,” ujar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM

Ketiga model itu akan masuk ke Indonesia. Yang akan dipamerkan di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week pada 21-29 November 2020. Kemungkinan peluncuran akan dilakukan pada awal 2021.
Platform terbaru sudah ada sejak 2017 oleh Daihatsu di Jepang ini telah diimplementasikan ke beberapa model mobil Daihatsu yang ada di Jepang.

Ketiga mobil ini sangat mungkin menggunakan mesin yang sama, 1.000 cc turbo, yang telah diuji coba di Indonesia tahun lalu. Ketika itu, Amelia mengklaim pengujian mesin 1.000 cc turbo pada Daihatsu Tanto berjalan sukses dan cocok untuk Indonesia.

Daihatsu memperkenalkan platform khusus ini dengan konsep (1-1-1- 1) yang memiliki filosofi, 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik. Angka ini memiliki arti bahwa setiap pengembangan produk berbasis DNGA ini memperhitungkan segala aspek detil meliputi ukuran, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan kendaraan yang efisien. Mobil Daihatsu dengan platform ini akan memberikan pengalaman dan sensasi berkendara yang lebih halus, nyaman, stabil, efisien bahan bakar yang lebih baik, performa lebih maksimal, desain yang stylish dan modern, serta memiliki harga yang terjangkau.

Secara teknis, platform DNGA memiliki banyak keunggulan seperti pada penerapan seluruh fitur teknologi canggih yang dimiliki Daihatsu, dapat diimplementasikan ke semua model Daihatsu apapun yang telah berbasis DNGA serta platform ini juga memiliki waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya.

New Tanto kendaraan Daihatsu pertama yang menerapkan platform DNGA dan telah diluncurkan pada Juli 2019 Ialu di Jepang. Mobil dengan mesin berkapasitas mungil sebesar 660 cc ini, memiliki Turbocharged, sehingga performa mesin yang dihasilkannya setara dengan mesin berkapasitas 1.0cc, namun tetap memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.
Serta telah dilengkapi dengan teknologi Smart Assist generasi terbaru, yang dapat mendeteksi, mencegah, dan meminimalisir resiko benturan pada kendaraan atau pejalan kaki dan telah didukung dengan sistem pengereman darurat secara otomatis.

Rocky, Mobil yang memiliki dimensi dengan panjang 3.995mm, tinggi 1.695mm, dan lebar 1.620mm ini menggendong mesin 1.0 liter 3 silinder segaris DOHC, intercooler turbo. Mobil compact SUV yang telah diluncurkan di Jepang pada November 2019 Ialu ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Jepang. Tidak lama sejak peluncurannya, mobil ini Iangsung mendapat penghargaan rating tertinggi bintang 5 dalam uji keselamatan kendaraan JNCAP (Japan New Car Assessment Program) yang dikeluarkan oleh Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA (National Agency for Automotive Safety and Victims’Aid).

TAFT dengan akronim “Tough and Almighty Fun Tool”, menjadi mobil ketiga yang menerapkan platform ini dan telah diluncurkan pada Juni 2020. TAFT didesain sebagai mobil mini crossover yang tangguh dengan style baru untuk pengguna yang aktif berkendara sehari hari. TAFT mengadopsi atap kaca (glass roof) yang memberikan kesan visibilitas penumpang lebih luas serta ruang bagasi luas dan fleksibel.

“Daihatsu dan seluruh pihak terus mendukung semangat pemerintah dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid 19. Kami juga memohon dukungan dari pelanggan dan masyarakat umuk dapat menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat di tengah implementasi PSBB Total di tahap kedua mendatang,” jelas Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International- Daihatsu Sales Operation (Al DSO).

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA