by

Sulitnya Melamar Kerja Saat Ini dan Meningkatnya Pengangguran

KOPI, Jakarta – Disaat new normal berlaku di Indonesia, banyak orang yang kesulitan melamar kerja dikarenakan dampak dari penyebaran virus corona di kota-kota besar.

Covid-19 telah menyebabkan banyak orang meninggal dan juga banyak perusahaan yang mengalami bangkrut atau pendapatannya minus setiap bulannya saat ini.

Hal itu dikarenakan tidak adanya arus perputaran uang dan kinerja yang kurang maksimal dari suatu perusahaan, karena saat ini hanya beberapa orang saja yang bekerja dan selebihnya dirumahkan.

Sehingga tidak heran jika saat ini jumlah pengangguran meningkat drastis dan di iringi dengan jumlah kemiskinan yang bertambah akibat sulitnya mencari pekerjaan.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah melakukan berbagai macam stimulus untuk dapat menjaga agar keadaan Indonesia tidak mengalami resesi layaknya negara-negara lainnya.

Namun tetap saja banyak perusahaan yang mengalami kerugian besar dan sedikitnya uang pegangan yang dimiliki sehingga kemungkinan besar hanya dapat bertahan beberapa bulan saja dan setelah itu dapat dipastikan akan bangkrut atau pailit.

Walaupun saat ini kegiatan bekerja di perusahaan sudah ada yang mulai normal kembali, namun nyatanya penyebaran virus corona di kota-kota besar seperti di Jakarta masih sangat mengkhawatirkan.

Sehingga banyak fresh graduated yang sebelumnya sudah melamar kerja jauh-jauh hari sebelum adanya Covid-19 ini ternyata surat lamaran kerja mereka hanya bertumpuk di perusahaan. Sehingga tidak heran jika Anda pencari kerja saat ini pasti akan sangat sulit mendapatkan panggilan interview.

Karena kebanyakan dari perusahaan membuka lowongan kerja, namun belum dapat dipastikan kapan pelamar kerja tersebut dapat panggilan interview.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila keadaan perusahaan serta ekonomi di Indonesia sudah mulai membaik dan segera membutuhkan tenaga kerja, maka disaat itulah perusahaan akan mulai melakukan panggilan interview.

Jadi untuk Anda yang saat ini sudah mengirimkan contoh surat lamaran kerja di berbagai perusahaan mohon harap bersabar. Karena perusahaan juga sedang mengalami kesulitan dan bahkan banyak karyawan tetap yang sudah di PHK karena perusahaan tersebut tidak mampu membayarnya kembali.

Saat ini juga sudah ada 1 juta pekerja formal yang dirumahkan seperti yang disampaikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Kementerian Ketenagakerjaan mencatat, hingga tanggal 27 Mei 2020 sudah sebanyak 1,79 juta buruh yang terdampak oleh pandemi virus Corona atau Covid-19. 

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut angka tersebut merupakan hasil pendataan Kemnaker bersama BPJS Ketenagakerjaan. “Ini adalah data yang telah melalui proses cleansing antara Kemnaker (Kementerian Tenaga Kerja) dan BPJS Ketenagakerjaan. Data ini sudah diketahui jelas by name, by address,” ujar Ida, Selasa (6/2/2020).

Dalam rinciannya, Kementerian Ketenagakerjaan telah menjelaskan angka tersebut mulai dari pekerja formal yang dirumahkan sebanyak 1.058.284 orang, pekerja formal di PHK sebanyak 380.221 orang, dan pekerja informal terdampak sebanyak 318.959 orang.

Tentu dari data pada tanggal 27 Mei 2020 saja sudah banyak yang terkena dampaknya dari new normal saat ini. Sehingga dapat dipastikan jika di tahun 2020 jumlah pengangguran dan kemiskinan akan meningkat dengan pesat.

Serta akan semakin sulitnya melamar kerja di perusahaan apabila hingga tahun depan ekonomi di Indonesia belum pulih secara normal.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA