by

5 Jenis Burung Poksay yang Disukai Pecinta Burung di Indonesia

KOPI, Jakarta – Laughingthrush adalah satu dari barisan burung kicauan yang aslinya dari genus Garrulax serta Trochalopteron dari keluarga Leiothrichidae. Dari 2 genus itu, garullax adalah Jenis Burung Poksay yang cukup diketahui dilapisan pengemar burung.

Karena didalamnya ada beberapa macam burung kicauan yang sangat diketahui, salah satunya yakni poksay serta hwamei. Suara burung poksay mandarin yang khas banyak disukai beberapa pengemar burung.

Nah di bawah ini kami akan membahas tipe burung poksay yang banyak diminati oleh warga di Indonesia

1. Poksay Kuda

Salah satu jenis burung poksay yang telah adalah tipe burung yang benar-benar langka ialah poksay kuda atau rufous-fronted laughingthrush. Tipe poksay ini adalah burung epidemik Pulau Jawa. Serta telah semenjak tahun 2013 lalu telah termasuk juga dalam perincian merah IUCN dengan posisi telah mulai Terancam Musnah.

Meskipun telah dilaksanakan beberapa usaha seperti penangkaran untuk melestarikannya, termasuk juga diantaranya yang sempat dilaksanakan oleh Cikananga Wildlife Center di Sukabumi.

Namun bila tanpa ada suport dari banyak faksi, karena itu upayanya itu tidak dapat turunkan posisinya.

2. Poksay Jambul (Garrulax Leucolopus)

Poksay jambul yang mempunyai nama white-crested laughingthrush. Burung ini termasuk juga tipe burung kicau yang demikian populer di Indonesia sekian tahun lalu.

Tipe burung ini termasuk juga tipe burung import yang memiliki wilayah penebaran dari mulai Himalaya s/d Indochina. Suara poksay jambul memang terdengar keras, serta terkadang terdengar bising.

Walau begitu suara kicauannya rupanya dapat memberi masa lalu tertentu terutamanya untuk beberapa fans burung yang sempat pelihara burung ini dahulunya.

3. Poksay Hongkong

Tak cuma poksay jambul, poksay hongkong sempat juga terkenal sekali di masa 1990-an. Burung ini serta sempat kuasai sebagian besar beberapa pasar burung yang berada di Indonesia.

Suaranya yang didengar mengalun merdu dengan style tarungnya yang ciri khas ini jadikan banyak fans burung jadi terpikat untuk pelihara burung poksay ini.

Sekarang ini, poksay hongkong memang susah didapati. Biasanya didapati cuma pada musim-musim spesifik saja burung ini banyak didapati di beberapa pasar burung yang ukurannya besar.

Dengan kemusnahan itu usaha penangkaran poksay hongkong adalah salah satunya langkah yang cukup benar-benar direferensikan buat melestarikan tipe burung ini supaya tidak musnah.

4. Burung Poksay Sumatera

Burung poksay sumatra ialah tipe burung poksay yang disebutkan dengan Sumatran laughingthrush. Tipe burung ini termasuk juga tipe burung epidemik dari pulau sumatera.

Kehadiran serta populasi dari spesies ini cukup mencemaskan. Ini berasal dari hilangnya habitat dan ramainya pemburuan liar yang mana maksudnya untuk perdagangan.

Oleh karena itu, semenjak tahun 2010 lalu, burung poksay sumatera masuk pada daftar burung yang telah mulai langka dan dilindungi.

Suara kicauan dari burung poksay sumatera ini terdengar lumayan ramai dan terdengar benar-benar bising. Bila disaksikan sepintas burung ini memiliki keserupaan dengan suara burung poksay jambul.

5. Burung Poksay Mantel

Poksay mantel atau Sunda laughingtrush ini termasuk juga tipe burung poksay yang epidemik dari pulau Sumatera dan dari pulau Kalimantan. Di pulau Sumatera poksay mantel ini banyak didapati di selama Bukit Barisan.

Selanjutnya untuk yang berada di Kalimantan kehadiran mereka terbatas di pegunungan di daerah Kalimantan di bagian utara, dari mulai Gunung Kinabalu s/d di daerah Usun Apau, Gunung Uang, serta dekat Gunung Mulu di ketinggian 300 s/d 2000 mdpl.

Jenis burung poksay itu masing masingnya mempunyai kekhasan tertentu. Disamping itu kicauannya beragam dari macamnya masing masing.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA