by

Covid-19 Tak Terbendung di Indonesia? Nanti Dulu!

KOPI, Jakarta – Berdasarkan angka dari worldometers.info ternyata angka total kasus / 1 juta populasi: Vatican City berada di urutan 18. Urutan pertama diduduki oleh Qatar, Bahrain, French Guiana. Sedangkan Amerika berada di urutan 11 dan Israel 13. Indonesia berada di urutan yang “bagus”, yaitu 141.

Tingkat kematian per 1 juta populasi: Indonesia berada di urutan yang “bagus” juga, yaitu 105. Peringkat kematian tertinggi berada di negeri-negeri Amerika Latin dan juga Amerika. Di Eropa ada Spain, UK, Italy, termasuk Sweden (padahal Sweden termasuk negeri yang terbahagia di dunia menurut World Happness Report).

“Prestasi” Indonesia ini mungkin saja ini merupakan hasil dari upaya pemerintah dalam menyeimbangkan antara aktivitas ekonomi dan penanganan COVID-19 di Indonesia. Itu juga mungkin sebabnya pemerintah pusat setuju PSBB Jakarta (yang tak pernah diakhiri sejak awal pandemi COVID-19) dinyatakan berlaku lagi. Menurut data dari Kementerian Kesehatan, angka positif memang banyak disumbang oleh cluster perkantoran. Itu sebabnya perkantoran diminta untuk “lockdown” selama 14 hari sejak hari Senin lalu.

Saya membayangkan, jika Indonesia lebih keras atau tegas dalam soal protokol kesehatan, mungkin “prestasi” Indonesia ini akan lebih “gemilang” lagi. Apalagi jika dibarengi dengan kampanye tentang bagaimana meningkatkan immune system menurut cara yang paling murah, gampang, efektif dan ilmiah.

M. Jojo Rahardjo

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA