by

Bagaimana Sosial Media Membantu Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Kesehatan

KOPI, Jakarta – Teknologi membuat Internet menyebar di masyarakat Indonesia dengan sangat cepat, dan media sosial praktis menjadi hobi nasional. Smartphone dan tablet yang mudah digunakan memberdayakan orang-orang dari segala kelompok usia di mana dan kapan saja. Seluler merupakan medium yang paling sering dan paling banyak digunakan untuk mengakses media sosial.

Perawat, dokter, tenaga medis dan penyedia layanan kesehatan lainnya dengan cepat mengadopsi alat teknologi untuk komunikasi pribadi dan profesional mereka. Mereka mulai aktif mengadopsi sumber daya sosial untuk menceritakan kisah mereka, menunjukkan solusi yang berguna, atau untuk melibatkan audiens yang berpusat pada pasien.

Meskipun demikian, hari demi hari, industri-industri perawatan kesehatan, termasuk produsen farmasi dan perangkat, sistem kesehatan, rumah sakit, dan dokter berusaha menemukan cara yang lebih baik agar mereka dapat menggunakan media sosial secara aman dan nyaman untuk kepentingan pasien, masyarakat umum, dan kolega profesional.

Dan sebagai hasilnya, media sosial telah terbukti bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan kesehatan.

  1. Pasien mendapat informasi lebih baik sebagai konsumen perawatan kesehatan. Masyarakat bisa mendapatkan informasi dan sumber daya kesehatan secara online.
  2. Konsumen lebih cenderung memiliki dan menggunakan setidaknya satu aplikasi kesehatan. Pasien mengambil peran lebih aktif dalam keputusan kesehatan mereka sendiri.
  3. Orang dewasa cenderung bertukar informasi dan pengalaman kesehatan pribadi melalui media sosial.
  4. Banyak dokter dan tenaga medis mengatakan media sosial meningkatkan kualitas perawatan yang diberikan kepada pasien. Media sosial mendidik dan memberi informasi kepada dokter dan pasien.
  5. Sistem perawatan kesehatan lebih transparan terkait hasil, biaya, kualitas dan nilai. Kepercayaan yang lebih besar mengikuti hubungan positif antara pasien dan penyedia.

5 Manfaat Utama Media Sosial Dalam Dunia Kesehatan

Di era digital ini, sosial media merupakan salah satu sarana utama dalam dunia bisnis dan komunikas. Sebagai saran komunikasi yang yang memadai, sosial media juga sangat baik digunakan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan serta membagi informasi seputar hidup sehat. Penyedia layanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, dan sejenisnya telah memaksimalkan fungsi media sosial untuk menjangkau, melibatkan, dan menarik atensi konsumen yang yang diberdayakan secara efisien.

1. SARAN MENDENGARKAN SUARA

Media sosial adalah saluran yang sangat terbuka untuk kebutuhan dan minat pasien dan calon pasien. Untuk membentuk “apa yang hendak Anda katakan” dengan tepat, sangat penting untuk mendengarkan “suara pelanggan” – suara pasien, calon pasien, dan masyarakat umum. Agar bisa masuk dan memahami inti dialog dan menjalin hubungan yang baik, para dokter dan tenaga medis mengenali dan mengetahui apa yang penting bagi orang saat mereka mengungkapkan layanan yang mereka inginkan.

2. PENYALUR INFORMASI TERPERCAYA

Dokter berada dalam posisi untuk menjadi sumber terpercaya untuk berbagi informasi medis yang andal (dan dicari). Dan, karena pasien, keluarga, dan pengasuh cenderung menggunakan Internet untuk penelitian dan diagnosis mandiri yang tidak terarah, dokter dapat menyaring informasi yang tidak dapat diandalkan atau yang kurang akurat dan mengarahkan pasien ke sumber yang dapat dipercaya. Pengetahuan yang benar akan membantu masyarakat mengambil keputusan dan jalan yang benar.

3. MEMBANGUN REPUTASI

Penting untuk disadari bahwa masyarakat sering kali memiliki sedikit atau bahkan tidak ada kesadaran akan dokter praktek, bahkan untuk dokter yang terpercaya dan berpengalaman yang dihargai oleh kolega profesional mereka. Media sosial adalah sarana proaktif untuk membangun dan mengelola reputasi dan kesadaran publik.

4. PENGALAMAN PASIEN

Media sosial merupakan salah satu saran komunikasi yang baik untuk menjalin hubungan yang akrab dengan pasien. Interaksi yang bijaksana dan berkelanjutan dengan pasien, anggota keluarga, dan calon pasien dapat mengungkapkan area layanan dan kepuasan atau kebutuhan yang harus diperbaiki.

5. KEUNGGULAN PROFESIONAL

Dokter dan tenaga medis menggunakan media sosial untuk terhubung dengan kolega, merujuk dokter, dan profesional lain untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan medis mereka. Mereka bisa bertukar pendapat, sharing pengalaman, serta bertukar catatan tentang pengobatan dan efek samping.

Itulah kelima manfaat utama media sosial dalam dunia kesehatan. Dewasa ini, sebagian besar dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya telah berusaha memaksimalkan media sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA