by

5 Buku Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Arti kemerdekaan Indonesia dapat kamu peroleh darimanakah saja. Ditambah adanya internet sekarang ini, akses info telah makin dapat dijangkau. Kamu dapat cari informasi dari web, YouTube, atau serta sosial media.

Tetapi jangan lupakan bukti jika buku adalah gudang info paling baik semenjak jaman dulu. Banyak buku bermutu yang dapat kamu baca untuk meningkatkan wacana serta pandangan kamu mengenai riwayat Indonesia, dari mulai jaman kolonialisme sampai mendapatkan kemerdekaan.

Berikut lima referensi buku fiksi atau nonfiksi mengenai riwayat kemerdekaan Indonesia sebagaimana yang dilansir dari sejarahpedia.com

Hatta: Saya Tiba Sebab Riwayat

Buku ini menceritakan perjalanan hidup Mohammad Hatta, figur pahlawan proklamasi yang adalah wapres pertama Republik Indonesia mengikuti Ir. Soekarno. Ketegangan hidup bawa dianya bergesekan dengan ketidakadilan penjajahan serta pada akhirnya masuk dalam gerakan nasional.

Dicatat oleh Sergius Sutanto, buku ini dipilih jadi satu film dokumenter mengenai Bung Hatta. Sergius melalui dasar penelitian dalam serta suport keluarga, membuahkan novel bagus mengenai Bung Hatta ini.

Max Havelaar

Waktu SD atau SMP, kamu tentu tidak asing dengan nama Eduard Douwes Dekker. Dia salah satu tokoh populer di buku-buku riwayat Indonesia yang mempunyai peranan dalam perlawanan pada penjajahan Belanda.

Dia menulis buku ini dengan nama pena Multatuli. Dia menceritakan ketidakadilan rakyat Indonesia yang waktu itu sedang dijajah oleh Belanda. Buku ini benar-benar terkenal pada saat itu sampai ke tanah Eropa.

Habis Gelap Terbitlah Jelas

Satu kalimat yang tidak asing di telinga kamu, kan? Ya, ini ialah karya tulisan berisi kelompok beberapa surat yang dicatat RA Kartini untuk teman dekatnya di Eropa.

Tokoh emansipasi wanita Indonesia ini memvisualisasikan harapan serta keinginannya pada nasib serta kemaslahatan wanita, yang di saat itu masih tersisihkan. Dia ingin memajukan golongan wanita di Indonesia serta perjuangkan hak-haknya.

Nasionalisme serta Revolusi di Indonesia

Buku ini adalah salah satunya analisis riwayat Indonesia paling baik, dicatat oleh seorang masyarakat asing. George McTurnan Kahin adalah seorang bekas Sersan Angkatan Darat Amerika Serikat yang pensiun serta membaktikan dianya kuliah pascasarjana. Dia berteman dengan beberapa tokoh kemerdekaan Indonesia seperti Sutan Syahrir serta Bung Hatta.

Keluar di tahun 1952, buku ini dicatat berdasar pengalaman pribadi penulis serta memberi sudut pandang kemerdekaan dari seorang yang dekat sama tokoh legendaris Indonesia.

Tetralogi Pulau Buru

Salah satunya tetralogi novel riwayat terpopuler selama hidup ini dicatat oleh sastrawan ternama Indonesia, Pramoedya Ananta Toer.

Dengan latar waktu sebelum kemerdekaan Indonesia, novel ini menceritakan jalinan asmara Minke serta Annelies Mellema serta memvisualisasikan perjalanan pribumi ningrat Jawa yang pada akhirnya jadi tokoh yang kobarkan nasionalisme melalui mass media.

Tetralogi terbagi dalam Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Cara, serta Rumah Kaca. Seri pertama kalinya, Bumi Manusia, sudah diedarkan dalam 33 bahasa serta sudah difilmkan di tahun 2019 kemarin.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA