by

Yuk Kenali Jenis-Jenis Burung Kenari Beserta Harganya !

KOPI, Jakarta – Hewan peliharaan memang seringkali menjadi penambah mood untuk beberapa orang. Banyak orang yang menyukai hewan-hewan tertentu untuk dijadikan peliharaan dirumah. Entah itu mulai dari jenis-jenis burung, mamalia, dan lain sebagainya.

Memang benar jika hewan peliharaan seringkali membawa dampak yang menguntungkan untuk pemilikinya. Seperti misalnya burung kenari, jika dipelihara akan membawa dampak positif seperti Anda dapat terhibur karena suaranya yang merdu sehingga membawa ketenangan bagi Anda.

Disisi lain, ketika awal Anda hanya membeli beberapa burung maka suatu saat burung tersebut dapat berkembang biak. Ketika Anda merasa populasi burung terlalu banyak maka Anda bisa menjualnya. Pada artikel dibawah ini akan dibahas mengenai seluk beluk burung kenari. Berikut adalah penjelasannya

Pengertian Burung Kenari

Tahukah Anda apa itu burung kenari? Burung Kenari memiliki nama latin Serinus Canaria, merupakan salah satu jenis burung yang berasal dari Pulau Makaronesia, Samudra Atlantik (Bagian barat laut Afrika). Meski berasal dari habitat tersebut, burung kenari adalah burung yang mampu beradaptasi di lingkungan berbagai dunia.

Harga Burung Kenari

Setelah mengetahui penjelasan dan info menarik mengenai burung Kenari, kini saatnya Anda harus mengetahui juga berapa harga yang dibandrol untuk pembelian burung ini.

Burung Kenari memiliki jenis atau tipe yang sangat banyak. Harga sesuai dengan jenis atau tipe burung itu sendiri. Mengapa harga dari tiap burung kenari berbeda? Hal ini disebabkan karena adanya keunggukan tersendri dari burung tersebut.

Adapun contoh harga burung  kenari seperti Lokal Bond Anakan dijual dengan harga sekitar Rp. 80.000, kenari hijau dijual dengan harga Rp. 80.000, kenari kuning Rp. 55.000, Kenari Lokal Putih (anakan) Rp. 110.000, dan masih banyak lagi.

Harga kenari memang terpantau wajar jika dibandingkan dengan harga burung peliharaan yang lain. Namun, ada juga Burung Kenari yang dibandrol dengan harga hingga jutaan Rupiah. Memang semua harga tergantung dari jenis, kualitas, da kelangkaan dari burung itu sendiri.

Jenis-Jenis Burung Kenari

Jenis-jenis dan tipe Burung Kenari sangatlah  banyak dan bermacam-macam. Habitat asli mereka sangat mempengaruhi pola hidupnya. Mulai dari tingkah laku, cara makan, warna bulu, cara berkicau, dan lain sebagainya. Berikut adalah point-point mengenai penjelasan jenis-jenis burung kenari

1. Burung Kenari Roller

Burung kenari jenis ini memiliki tubuh berwarna hijau dan juga ada yang berwarna kuning. Di bagian dagu burung Kenari Roller, terdapat gelembung suara dimana hal tersebut menjadi keunggulan dari burung ini.

Jika Anda mempunyai burung Kenari tipe ini, rajin-rajinlah untuk merawat dan latihlah untuk berbicara. Karena, burung Kenari Roller akan menghasilkan suara yang nge roll dan membuat Anda terpesona.

2. Burung Kenari Yorkshire

Kedua, terdapat burung kenari bernama Yorkshire yang berasal dari Inggris, Jerman, Eropa, dan lain sebagainya. Burung ini memiliki keistimewaan dari yang lain yaitu postur tubuhnya sangat mempesona. Kenari Yorkshire memiliki postur tubuh tegak dan memiliki kaki yang panjang dan indah.

3. Burung Kenari Border

Burung kenari Border merupakan tipe jenis kenari yang unik karena memiliki tubuh yang bulat. Tubuhnya mempuyai ukuran sekitar 14 cm. Selain itu, burung Kenari Border mempunyai bulu berwarna kuning kecokelatan.

Adapun keunggulan dari kenari tipe ini adalah jika Anda melatih mereka dengan terus menerus maka burung Kenari Border akan menghasilkan suara yang merdu. Dengan beberapa keunggulan dari burung ini, Harga burung kenari dirasa sangat murah jika dibandingkan dengan kualitas unggulnya.

Untuk kalian yang ingin memiliki kolekis suara burung kenari silahkan klik link tersebut.

4. Burung Kenari Norwich

Bentuk tubuh dari Burung Kenari Norwich yaitu sedikit bulat dengan punggung yang lebar dan juga pendek.

Burung Kenari tipe ini mempunyai bulu yang sangat tebal dengan warna sedikit hijau. Yang menjadikan burung ini unik adalah dari segi pakan. Pakan yang cocok untuk burung ini adalah rape seed dan canary seed.

5. Burung Kenari Gloster

Selanjutnya, terdapat burung kenari yang bernama Crested.  Banyak pecinta burung yang sangat mendamba-dambakan memiliki burung ini.

Harga burung kenari   jenis in lumayan mahal dikarenakan terdapat jambul pada bagian kepala kenari yang membuatnya cantik dan menarik.

Tubuhnya diselimuti dengan bulu yang berwarna kuning dan putih membuat burung in semakin cerah dan membuat orang yang melihatnya senang.

6. Burung Kenari Melayu (Kenari Gunung)

Burung Kenari Melayu ini memiliki nama latin Javan Greenfich. Berbeda dengan yang lainnya, burung kenari melayu banyak ditemukan didaerah gunung dan populasinya juga sangat banyak jika dibandingkan dengan burung kenari tipe lain.

Selain itu, burung jenis ini suka hidup menyendiri. Adapun warna dari burung ini yaitu hitam keabuan dan sedikit disertai warna kuning.

7. Burung Kenari Belgia

Untuk Anda pecinta burung kenari unik dengan harga burung kenari yang murah, maka Burung Kenari Belgia adalah jawabannya. Burung Kenari Belgia ini memiliki jenis yang unik karena tubuhnya tidak dianggap ideal.

Bentuk tubuhnya seperti membengkok kedepan serta terdapat seperti benjolan diata punggung. Walaupun begitu, burung kenari Belgia ini sangat diidolakan oleh pecinta burung diseluruh bagian dunia.

8. Burung Kenari American Singer

Burung ini berasal dari Boston, Amerika Serikat dan termasuk produk hasil burung persilangan. Memiliki tubuh yanng panjang mencpai 15 cm membuat burung ini tergolong kelompok burung terunik di dunia. Jika Anda memiliki burung Kenari American Singer maka letakkanlah dibagian tempat yang berbeda dengan burung lainnya. Hal ini menghindari akan pertengkaran yang akan terjadi dan menyebabkan kematian pada salah satu burung.

Kekurangan dan Kelebihan dari Burung Kenari

Beberapa kekurangan dan kelebihan dari Burung kenari juga dapat membawa dampak bagi kehidupan manusia. Berikut adalah uraian lengkapnya.

Kekurangan Burung Kenari

Sebelum mengetahui kelebihan burung kenari, Anda harus mengetahui kekurangan dari burung tersebut.

Hal ini agar Anda menjadi yakin bahwa kiranya burung kenari ini cocok dibudidayakan didaerah tempat Anda atau tidak. Beberapa kekurangan dari burung kenari adalah bulunya sering rontok dalam waktu yang sangat panjang.

Selain itu, burung ini juga gampang terkena virus atau penyakit. Mudah sekli terkena jamur dan peka jika ada gigitan serangga seperti semut, dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan kaki pada burung langsung bengkak dan membutuhkan perawatan yang lebih.

Kelebihan Burung Kenari

Untuk kelebihan burung kenari yang pertama adalah harga burung kenari yang danggap murah dan wajar sehingga pecinta burung dari berbagai kalangan dapat membelinya.

Selain itu, burung ini mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan mereka tidak akan stress akan hal itu. Gaya yang unik membuat pemiliknya senang dan bahagia. Jika dilihat dai segi pakan burung, Kenari termasuk burung pengonsumsi pakan yang harganya relatif murah.

Demikianlah penjelasan mengenai Penjelasan Lengkap Mengenai Harga Burung Kenari dan Jenis-Jenisnya. Semuanya sudah dijelaskan secara lengkap dan terperinci.

Ketika ingin memelihara burung di rumah, Anda harus menyesuaikan jenis burung dan kondisi lingkungan rumah Anda baik itu suhu atau yang lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca.

This image has an empty alt attribute; its file name is madu_banner_PERSISMA.jpg

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA