by

Rental Laptop di Jogja: Prosedur dan Syarat

KOPI, Jogyakarta – Perkembangan teknologi dan informasi kini menjadi semakin cepat. Untuk itu, kebutuhan akan penggunaan perangkat elektronik seperti laptop dalam kehidupan sehari-hari pun juga meningkat. Karena beberapa harganya masih mahal, Ada bisa menyewa sesuai Anda.

Prosedur Rental Laptop di Jogja

Terkadang ketika akan menyewa laptop maka Anda harus menentukan dulu lama waktunya, seperti harian, mingguan, atau bulanan. Setelah itu baru melakukan syarat dan ketentuan selanjutnya. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, simak beberapa uraian di bawah ini:

1. Menentukan Spesifikasi Laptop yang Diinginkan

Dengan banyaknya jenis laptop yang ada pada saat ini, tentu Anda terkadang merasa bingung ketika memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, akan lebih baik jika berkonsultasi dengan pihak tertentu sehingga tidak akan salah pilih.

Hal tersebut dilakukan agar ketika digunakan, Anda dapat menghindari berbagai kendala. Menentukan spesifikasi laptop sangat penting dilakukan di awal karena hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja seseorang yang menggunakan benda itu.

2. Melengkapi Syarat yang Ditentukan Toko

Setelah berhasil menentukan spesifikasi laptop yang akan disewa, maka Anda harus melengkapi berbagai persyaratan tertentu. Biasanya terdiri dari dokumen legalitas perusahaan jika memang menyewa atas nama perusahaan, KTP, NPWP, surat domisili, dan sebagainya tergantung dari tempat penyewaan.

Hal tersebut bertujuan agar kedua belah pihak sama-sama nyaman, karena memang semua tempat rental memerlukan jaminan khusus agar tidak terjadi pelanggaran. Maka dari itu, sebelum menyewa laptop persiapkan dulu syarat-syaratnya.

3. Bayar Biaya Rental

Langkah selanjutnya yang harus di lakukan ketika menyewa laptop yaitu membayar biayanya. Jadi setelah menyerahkan beberapa berkas persyaratan, Anda harus memberikan sejumlah uang kepada penyedia jasa baik penuh ataupun hanya sebagian.

Hal tersebut biasanya tergantung dari ketentuan penyedia layanan jasa rental laptop. Akan tetapi biasanya kebanyakan orang akan meminta proses pembayaran penuh diawal karena menurut mereka itu lebih aman dan menguntungkan kedua belah pihak.

4. Unit Akan Dikirimkan

Setelah melakukan pembayaran baik secara tunai ataupun transfer kepada pihak pemilik rentalan, maka unit laptop akan dikirimkan ke tempat Anda. Hal tersebut tentu sesuai dengan tanggal atau waktu yang telah ditentukan, tidak terkecuali jika menggunakan layanan dari jasa sewa laptop Jogja..

Jumlah yang dikirimkan pun sesuai dengan pesanan Anda sehingga tidak perlu khawatir lagi misalkan terjadi kekurangan laptop pada saat acara sedang berlangsung. Hal tersebut tentu akan dapat membantu kelangsungan event.

5. Unit Siap untuk Digunakan

Setelah unit dikirimkan kapada Anda di lokasi yang telah ditentukan ataupun mengambilnya langsung pada pihak penyewa, maka laptop siap digunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika ada beberapa kendala pada saat proses penggunaan, Anda jangan khawatir.

Biasanya, pihak rental bisa menyediakan seorang teknisi untuk membantu mempermudah Anda ketika melakukan pengaturan. Selain itu, mereka juga bisa stand-by beberapa saat di lokasi agar dapat mengantisipasi kendala yang terjadi.

Syarat dan Ketentuan Rental Laptop Jogja

Ketika akan merental sebuah laptop, maka terkadang ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh pihak penyewa. Apa saja hal tersebut? Untuk mengetahuinya simak beberapa uraian di bawah ini:

1. Perhitungan Biaya Sewa per 24 Jam atau 12 Jam

Ketika Anda menyewa laptop baik itu harian, mingguan, atau bulanan. Biaya sewa yang diterapkan oleh para penyedia layanan yaitu dihitung per 24 jam ataupun 12 jam sejak pengambilan unit. Hal itu terjadi karena dirasa akan lebih mudah ketika menghitung.

Tapi tenang, terkadang jika Anda menyewa banyak unit dan pada waktu yang lama mereka akan memberikan potongan harga. Akan tetapi tetap perhitungan biaya sewa dilakukan seperti dengan ketentuan.

2. Minimal Meninggalkan 2 Kartu Identitas

Sebagian besar penyedian jasa rental laptop akan meminta Anda untuk meninggalkan minimal 2 kartu identitas atas nama satu orang dan tentunya masih berlaku. Akan tetapi, ada beberapa barang yang membutuhkan jaminan khusus dengan STNK/BPKB.

Selain itu, ketika proses pengambilan unit penyewa harus bersedia di foto dan juga menunjukkan akun media sosialnya yang aktif untuk verifikasi. Hal tersebut bertujuan agar kedua belah pihak menjadi saling nyaman dan tidak terjadi penipuan.

3. Kerusakan dan Kehilangan Ditanggung oleh Penyewa

Saat mengambil ataupun menerima unit laptop yang disewa, maka cek kondisi dan pastikan dulu kelengkapan dari barang tersebut sebelum meninggalkan tempat. Karena memang segala kerusakan dan kehilangan akan ditanggung oleh pihak penyewa.

Hampir sebuah tempat sewa laptop Jogja menerapkan hal tersebut. Tujuannya yaitu agar si penyewa dapat menjaga barang tersebut dengan hati-hati dan tidak ceroboh ketika menggunakan, karena memang benda tersebut bukan miliknya.

Demikian sedikit penjabaran mengenai rental laptop di Jogja. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan dapat membantu guna memenuhi kebutuhan pekerjaan.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA