by

Fungsi dan Manfaat Kartu Nama yang Wajib Anda Ketahui

KOPI, Jakarta – Anda pasti telah mengenal atau mungkin sudah sering mendengar tentang kartu nama. Kartu nama sendiri merupakan selembaran kertas yang berisi informasi yang menunjukkan identitas seseorang seperti nama, alamat, nomor telepon, nama perusahaan, website dan logo perusahaan.

Meski saat ini kartu nama mungkin terdengar ketinggalan zaman, tetapi kartu nama banyak fungsi dan manfaat yang berguna bagi diri dan bisnis Anda, juga kartu nama merupakan salah satu hal yang masih diperhitungkan di zaman ini.

Berbicara mengenai fungsi dan manfaat kartu nama, sebenarnya apa saja sih fungsi dan manfaat yang akan Anda dapat dari selembaran kertas bernama kartu nama ini?

Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat kartu nama yang harus Anda ketahui.

Profil Diri

Kartu nama berfungsi sebagai profile diri, dimana dalam fungsi ini seseorang mencantumkan siapa dirinya dan sebagai apa, hal ini menjadi sangat penting karna terkait status seseorang dalam suatu pekerjaan yang disampaikan kepada orang lain. Sebab dalam kartu nama terdapat informasi diri dari si pemilik kartu nama yang lengkap dan detail, namun tersaji dengan singkat.

Penyampaian identitas diri yang lengkap, detail, namun tersaji dengan singkat merupakan hal yang sangat penting, karena terkait status seseorang dalam suatu pekerjaan yang disampaikan kepada orang lain. Karena hanya dari kartu nama, seseorang akan dengan mudah mencari tahu kebenaran mengenai si pemilik kartu nama dan segala informasi yang tercantum.

Personal Branding Ekslusif

Fungsi dan manfaat yang kedua adalah sebagai personal branding yang eksklusif. Dengan kata lain, diri Anda sendiri dan nilai profesionalitas menjadi sesuatu yang ditonjolkan.

Ketika memiliki kartu ini, maka seseorang akan memiliki kepercayaan lebih terhadap diri Anda. Terutama saat Anda menunjukan kartu nama yang menjelaskan diri Anda dengan detail, singkat dan jelas.

Profesionalitas

Jika Anda memiliki kartu nama, apalagi jika kartu nama Anda memiliki tampilan yang bagus, mengandung informasi diri yang lengkap dan detail, namun tersaji dengan singkat, maka Anda akan cenderung terlihat sebagai seseorang yang profesional. Dengan hal ini Anda akan memiliki poin tambah bagi seseorang yang bekerja dengan nilai dan value pekerjaan yang baik. Dengan begitu, akan lebih menunjukan bahwa Anda seseorang yang profesional.

Informasi Perusahaan

Seperti yang dibicarakan sebelumnya, kartu nama didalamnya terdapat berbagai informasi mengenai diri Anda seperti nama, alamat, perusahaan, dan lain-lain. Dengan hal tersebut, Anda dan penerima akan mendapatkan keuntungan. Bagi pemilik, kartu nama akan memberikan manfaat yaitu mendapatkan rasa percaya dari penerima kartu nama. Sedangkan untuk penerima kartu nama, mereka dapat dengan mudah mengetahui kebenaran informasi tentang diri Anda seperti perusahaan dan posisi Anda sebagai pemilik kartu nama tersebut.

Demikian beberapa fungsi dan manfaat kartu nama yang akan Anda dapatkan apabila memilikinya. Setelah melihat berbagai fungsi dan manfaat kartu nama, sekarang Anda menyadari bahwa meski terlihat ketinggalan zaman, namun kartu nama merupakan hal yang penting.

Untuk itu bagi yang belum memiliki kartu nama, ada baiknya Anda segera membuat kartu nama yang menarik. Bagi yang sudah mempunyai kartu nama, ada baiknya untuk melihat kembali kartu nama Anda apakah sudah mengandung informasi yang lengkap dan detail, namun tersaji dengan singkat dan apakah tampilannya sudah menarik, jika belum maka segeralah perbaiki.

Lagipula cara membuat kartu nama yang keren, menarik dan mengandung informasi diri yang detail, namun tersaji dengan singkat bukanlah hal yang sulit. Anda bisa membuatnya sendiri hanya dengan mengikuti tutorial cara membuat kartu nama yang ada di internet, banyak tutorial  kartu nama yang simpel dan mudah dilakukan seperti tutorial dari blog carapedi.id dan beberapa blog teknologi lainnya.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is madu_banner_PERSISMA.jpg

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA