by

Dalam Rangka Hari Konservasi Nasional, DPC IDLH Lakukan Penanaman Pohon

KOPI, Pelalawan – Dalam rangka memperingati hari Konservasi Nasional, dan sekaligus menyambut Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 75 Tahun, pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Indonesia Duta Lungkungan Hidup (IDLH) Kabupaten Pelalawan, melakukan kegiatan penanaman pohon penghijauan. Adapun kegiatan penanaman pohon (penghijauan) dilaksanakan di dua tempat berbeda diantaranya di SMK Negeri 1 Pangkalan kerinci, dan di SD Negeri 005 Makmur Pangkalan Kerinci, yang dilaksanakan pada hari, Jumat (14/08/2020).

Pada kesempatan penanaman pohon penghijauan tersebut, Ketua DPC IDLH Kabupaten Pelalawan Pranseda Simanjuntak, SH didampingi Sekretaris DPC IDLH Kabupaten Pelalawan, Suawanto, S.Sos, menyampaiakan, bahwah kegiatan penanaman pohon buah matoa, dan kelengkeng yang di laksanakan oleh IDLH adalah sebagai bentuk keperdulian DPC IDLH Kabupaten Pelalawan terhadap lingkungan.

“Adapun penanaman pohon penghijauan yang kami laksanakan hari ini, untuk memperingati hari lingkungan hidup sekaligus menyambut Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia. Dan kegiatan ini adalah sebagai wujud kepedulian dari kami pengurus DPC IDLH Kabupaten Pelalawan terhadap lingkungan,” ucapnya.

Tambahnya, “Sengaja kami memilih menanam pohon penghijauan jenis matoa dan juga pohon kelengkeng. Karena selain berguna untuk penghijauan juga buahnya dapat dinikmati kedepannya.”

Lebih lanjut Pranseda mengatakan, “Mengigat dampak dari pemanasan global saat ini, merupakan suatu kenyataan yang telah kita rasakan bersama. Seperti terganggunya ekosistem dalam kondisi cuaca yang ekstrim. Bahkan kegiatan menanam pohon merupakan upaya yang harus kita dukung dan sukseskan bersama. Karena penanaman pohon akan memberi kontribusi untuk menurunkan tingkat emisi dalam mencegah terjadinya bencana alam, banjir dan tanah longsor.”

Kegiatan yang dilaksankan DPC IDLH Kabupaten Pelalawan ini mendapat sambutan baik dari Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pangkalan Kerinci, Nurasiah, M.Pd,. Melalui Wakil Kepala Sekolah, Bapak Rian Pane, menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh LSM DPC IDLH Kabupaten Pelalawan.

“Mengenai kegitan ini, saya mewakili SMK Negeri 1 Pangkalan Kerinci, sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas bantuan penanaman pohon yang di lakukan oleh IDLH. Karena penanaman pohon ini semakin menambah peghijauan di SMK Negeri 1 Pangkalan Kerinci,” ujar Rian Pane.

Hal senada juga di sampaikan oleh Kepala Sekolah SD Negeri 005 Makmur, Ibu Sarastri, S.Pd. “Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh LSM IDLH ini sangat membantu kami pihak sekolah. Berhubung SD Negeri 005 juga punya program untuk merawat Lingkungan dengan Motto, Bersinar, Bersih, Sehat, Nyaman, Rindang,” ucap Sarastri, S.Pd.

Tambahnya lagi, “Kegiatan hari ini merupakan salah satu dukungan dari IDLH kepada kami pihak sekolah SD Negeri 005 Makmur. Dalam hal ini saya mewakili SD Negeri 005 Makmur, mengucapakan terimakasih kepada segenap pengurus DPC LSM IDLH Kabupaten Palalawan.” (Harris)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA