by

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Tanpa Aplikasi

Setiap orang akan mengakui bahwa flashdisk adalah media penyimpanan yang sangat praktis. Memiliki ukuran yang kecil, mudah dibawa ke mana-mana, dan memudahkan pekerjaan manusia terutama saat berkaitan dengan laptop. Namun, sayang alat ini rawan terkena virus dan membuat file menjadi hilang. Jika memang terjadi ada cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tanpa aplikasi.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Tanpa Aplikasi

Ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan jika ingin hilangnya data di flashdisk muncul kembali. Namun perlu diketahui juga, kemungkinan data yang akan kembali tidak bisa 100%. Walaupun begitu, tidak ada salahnya mencoba beberapa langkah di bawah ini:

1. Tekan secara bersamaan Windows dan huruf E pada keyboard

Langkah yang pertama ini tujuannya adalah untuk memastikan bahwa, file yang dicari apakah benar sudah terhapus atau justru terhidden saja. Seseorang tinggal klik logo Windows yang berada di samping kanan dari FN di papan ketik berbarengan langsung dengan menekan huruf E.

Kegunaan menekan tombol tersebut bersamaan dengan yang lain akan memudahkan pengguna untuk mengakses menu. Dengan begitu, akan membuka tampilan Windows Explorer pada layar laptop. Di halaman tersebut pengguna akan melihat berbagai pilihan yang bisa dibuka.

2. Klik Tab Organiz dan Pilih Folder and Search Options

Kegunaan pengguna menekam tombol di atas tentunya berhubungan langsung dengan pengaturan, atau setting terkait dengan file maupun folder yang akan dicari. Ada perbedaan nama jika menggunakan Windows 7 atau di versi sebelumnya serta Windows 8 maupun dengan tipe sesudahnya.

Hal ini tentunya bisa membingungkan pengguna. Untuk Windows 8 nama Folder Option berubah menjadi File Explorer. Namun fitur yang ada tetap sama, bahkan mengalami peningkatan sehingga user bisa menggunakannya dengan baik.

3. Klik Tab View dan Pilih Show Hidden file, folder and Drive

Ketika pengguna telah sampai tahap ini maka ada beberapa pilihan yang bisa saja membuat user tidak mengerti proses kelanjutan yang harus dilakukan. Menu Show Hidden ini gunanya untuk menunjukkan file yang mungkin saja tersembunyi sehingga mengakibatkan nampak terhapus dari laptop.

Terdapat 3 pilihan di kotak tersebut, maka pengguna harus menekan tombol apply yang fungsinya untuk mengimplementasikan menu yang telah dipilih. Kemudian jangan lupa untuk tekan OK agar setting yang diatur dapat berjalan dengan baik.

Jika cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk ini belum bisa memunculkan apa yang Anda cari. Maka ada metode lain yang bisa digunakan yaitu command Prompt. Langkah ini juga terbilang mudah karena tidak mengharuskan pengguna menginstal aplikasi ataupun software di laptop.

Mengembalikan File Dengan Command Prompt

Apakah Anda telah mengetahui langkah-langkah yang harus dijalankan ? Jika belum simak uraiannya di bawah ini:

1. Klik Tombol Windows Bersamaan Dengan Klik Huruf R

Cara yang pertama adalah mengklik tombol di atas lalu ketik “cmd” pada kolom pencarian serta tekan enter pada keyboard. Sebenarnya kegunaan (Windows + R) adalah membuka kotak dialog “Run”. CMD ini merupakan kepanjangan dari Command Prompt.

Kegunaannya tentu berkaitan langsung dengan menjalankan perintah dalam bentuk teks. Dengan menggunakan CMD user akan mampu mengakses semua yang ada di laptop dengan sekali menulis bentuk perintah.

2. Setelah Tab CMD Terbuka, Ketikkan “CD”

Langkah kedua akan membawa pengguna melihat tampilan laptop ke tujuan yang dicari. Kemudian setelah itu, user harus mengetik alamat drive flashdisk (tempat disk disimpan) atau huruf Drive. Hal ini bisa dilihat melalui analogi sebuah dosis obat.

Misalkan dosis obat divisi dibaca dengan huruf H maka pengguna cukup mengetik “H:” dan secara otomatis akan berubah menjadi format H:>. Hal ini tergantung dengan letak file yang disimpan di sebelah mana.

3. Masukkan Kode ATTRIB

Langkah ketiga membawa pengguna mulai melakukan pencarian yang berhubungan langsung dengan penulisan kode yang bisa dibilang cukup sulit. Dengan begitu, jika salah ketik akan membawa jalan kegagalan. Setelah cara kedua selesai dijalankan, maka Anda dapat memasukkan kode khusus.

Kode tersebut adalah ATTRIB (spasi) *.* (spasi)-S (spasi)-H (spasi) R (spasi) /S (spasi) / D kemudian klik Enter. Maka, sistem akan mencoba menjalankan fungsinya serta tampilan layar laptop atau computer akan berubah. Selamat file yang telah hilang akan muncul kembali.

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tanpa aplikasi sebenarnya cukup mudah. Pengguna tidak harus ribet untuk melakukan install aplikasi di dalam laptop. Cukup memanfaatkan tombol-tombol yang tersedia maka apapun yang hilang bisa muncul kembali. Bahkan, untuk seorang pemula pun bisa melakukan beberapa langkah di atas.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA