by

Vitamin dan Nutrisi Ibu Hamil Serta Menyusui yang Sangat Penting

KOPI, Jakarta – Anda hanya membutuhkan sekitar 300 kalori per hari untuk menjaga kehamilan yang sehat dan memenuhi kadar nutrisi cukup untuk bayi anda.

Namun, kenaikan berat badan beberapa kg adalah sesuatu yang bersifat normal selama kehamilan, dan menyusui bayi denga ASI dapat menjadi program alternatif sehat dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Hal yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil dan Menyusui

  • Lemak dan protein sangat penting untuk perkembangan otak bayi dan sistem saraf.
  • Menjauhkan diri dari alkohol. Tidak ada kadar jumlah yang aman untuk bayi.
  • Mengurangi kafein, yang telah dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi keguguran dan dapat mengganggu penyerapan zat besi.
  • Jangan terlalu sering makan yang berporsi berat, tetapi mengutamakan kadar sehatnya. Ini akan membantu mencegah dan mengurangi rasa sakit dipagi hari dan mules diperut.
  • Berhati-hatilah tehadap makanan yang dapat berbahaya bagi wanita hamil. Yang misalnya: keju jenis tertentu, sushi, kecambah mentah, dan ikan seperti tuna yang mungkin mengandung kadar merkuri yang tinggi.
  • Hindari alkohol, kafein, dan nikotin. Sama seperti dengan pedoman kehamilan di atas, menahan diri dari minum beralkohol ,merokok, dan mengurangi asupan kafein Anda.

Hal yang Harus Dilakukan oleh Ibu Hamil dan Menyusui

  • Jaga konsumsi kalori anda sedikit lebih tinggi untuk membantu tubuh anda mempertahankan suplai susu yang stabil.
  • Memperbanyak mengkonsumsi makanan yang merupakan sumber protein dan kalsium, kebutuhan yang tinggi selama menyusui.
  • Mengkonsumsi vitamin suplemen prenatal yang dapat membantu selama menyusui, kecuali dokter anda menganjurkan sebaliknya.

Menurut blog riview produk, jika bayi anda mengalami alergi, anda mungkin perlu menyesuaikan perubahan jenis makanan yang dikonsumsi. Alergi makanan biasanya terhadap susu sapi, telur, gandum, ikan, dan jeruk.

Untuk alergi susu sapi, Anda dapat memenuhi kebutuhan kalsium Anda melalui makanan lain yang mengandung kalsium tinggi, seperti kangkung, brokoli, dll.

Vitamin dan Nutrisi untuk Ibu Hamil atau Menyusui

Adapun berbagai vitamin yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh para ibu yang sedang hamil maupun menyusui untuk menjaga kesehatan janin di dalam perut maupun yang sudah dilahirkan. Berikut beberapa vitamin yang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil dan juga menyusui :

Tablet Besi

Seringkali ditemukan ibu hamil yang lamas, pucat dan tidak bertenaga. Hal itu disebabkan kekurangan zat besi atau anemia. Akibatnya, janin tidak akan mendapat suplai darah yang cukup. Zat besi sangat diperlukan untuk mengikat oksigen dalam darah.

Jika suplai oksigen kurang pada janin, tentunya janin akan meninggal di dalam kandungan. Sumber zat besi dapat ditemukan di sereal gandum dan padi, kacang-kacangan, sayuran hijau dan buah kering. Agar memudahkan penyerapan zat besi, Anda pada mengonsumsi vitamin C yang cukup dari buah segar dan sayuran.

Teh yang mengandung tannin yang dapat mempengaruhi penyerapan zat besi sebaiknya jangan diminum satu jam sebelum ataupun sesudah makan.

Kandungan tannin malah dapat membuat zat besi tidak terserap atau terbuang kembali. Tablet besi biasanya diberikan pada trimester pertama dan kedua saja. Jumlahnya satu tablet per hari. Setelah memakannya, tinja akan menjadi hitam.

Vitamin A atau Minyak Ikan

Vitamin A sangat penting untuk reaksi kimia di dalam tubuh. Reaksi kimia akan berjalan sempurna dengan kehadiran Vitamin A. Sumber vitamin A terdapat pada susu, mentega, keju, kuning telur, hati, sayuran berwarna hijau, buah-buahan seperti wortel, ubi jalar dan tabu kuning.

Vitamin A diberikan dalam bentuk kapsul minyak ikan. Biasanya diberikan pada trimester ketiga.

Kalsium dan Vitamin D

Kedua zat ini diperlukan untuk pembentukan tulang bayi. Sumber kalsium dan vitamin D yang baik antara lain mencakup sayuran hijau, buah almond, biji wijen, susu sapi, susu kedelai, tahu, tempe, kuning telur, keju, yoghurt, sereal gandum dan kacangkacangan.

Kalsium dan vitamin D berbentuk tablet. Biasanya diberikan pada trimester satu dan dua.

Vitamin dan Nutrisi: Vitamin B6

Vitamin ini diberikan umumnya pada trimester pertama. Kegunaannya untuk mencegah mual yang sering timbul pada kehamilan muda. Vitamin ini berbentuk tablet. Biasanya diberikan pada trimester satu dan dua.

Asam Folat

Banyak zat gizi yang diperlukan saat hamil. Salah satunya adalah asam folat. Kekurangan asupan asam folat bisa menyebabkan kerusakan pada otak dan batang otak. Akibatnya, janin akan menderita kerusakan pada batang otak atau disebut neural tube defect.

Kerusakan batang otak dibagi menjadi dua jenis, yaitu spina bifida dan anensefali. Keduanya mengakibatkan gangguan pada saraf sehingga panca indra, kemampuan intelektual, dan kemampuan gerak bayi menjadi terhambat. Otak dan batang otak merupakan pusat susunan saraf manusia.

Serat

Kekurangan serat dapat menyebabkan lbu mengalami sembelit atau sukar buang air besar. (Intuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung serat, seperti sayuran hijau, jeruk, roti gandum, brokoli.

Protein

Selain kalori dan lemak, zat gizi yang paling banyak diperlukan tubuh adalah protein. Di dalam susu halus, protein akan diuraikan menjadi asam amino dan diserap oleh usus.

Asam amino sangat diperlukan dalam pembentukan sel-sel barn. Asam amino juga bertanggung jawab terhadap pembentukan materi genetik di dalam sel.

Materi genetik inilah yang menyebabkan sel dapat membelah dan memperbanyak diri. Janin memerlukan protein untuk pembentukan organ-organ tubuhnya.

Ibu hamil juga memerlukannya untuk pembentukan jaringan-jaringan tubuh yang menyokong janin, seperti plasenta. Protein dapat dijumpai dalam susu sapi, keju, susu kedelai, tahu, tempe, sereal, dan kacang-kacangan. Lakukan variasi protein dalam makanan sehari-hari.

Vitamin B12

Vitamin ini memegang peranan sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Sumbernya terdapat di dalam kacang kedelai, rumput Taut, serta sereal gandum, dan margarin.

Yodium

Yodium diperlukan untuk mencegah gangguan tumbuh kembang pada otak dan kelenjar gondok. Zat yodium juga sangat diperlukan untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh. Yodium ini dapat diperoleh dari makanan laut dan garam beryodium.

Vitamin dan Nutrisi: Vitamin E

Selain berfungsi untuk menetralisir zat-zat kimia yang merusak tubu (antioksidan), vitamin A juga berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat. Makanlah biji-bijian, terutama gandum, kacang-kacangan, minyak sayur dan sayuran hijau.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA