by

Sssttt…!!! 240 Bendahara Desa di Langkat Ikut Bimtek di Medan, Sekdes dan Kades Menyusul

KOPI, Langkat – Di saat suasana pandemi Corona, Pemerintah Langkat malah mengijinkan pemberangkatan 240 Bendara Desa (Kaur Keuangan Desa) yang diberangkatkan secara serentak untuk mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) di Kota Medan. Informasi yang dirangkum awak media ini dari beberapa aparat Pemerintahan desa di Langkat, termasuk beberapa Kepala Desa yang tidak mau disebut namanya, Jum’at (10/7/2020) mengatakan, Bimtek pertama diperuntukkan bagi 240 orang Bendahara Desa di Kabupaten Langkat. 

Kaur Keuangan Desa ini akan mengikuti Bimtek selama 4 hari 3 malam. Mereka mulai berangkat pada tanggal 9 Juli hingga 12 Juli 2020. Kegiatan bimtek berlangsung di Le Polonia Hotel & Convention, yang berada di Jalan Jenderal Sudriman No. 14-18, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan.

Selama di Bimtek, mereka (Bendahara Desa) akan mendapatkan pembekalan ilmu dari beberapa pemateri yang dihadirkan oleh Lembaga Study Implementasi Akuntabilitas Publik (SIAP), yang disebut-sebut sebagai pihak panitia penyelenggara. Pihak SIAP terlebih dahulu telah meminta ijin (menyurati/mengundang) ke pihak Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Langkat, dan Kepala Desa Se Kabupaten Langkat.

Selanjutnya, Bimtek juga diperuntukan bagi Sekretaris Desa (Sekdes)  yang akan berangkat pada tanggal 13 Juli hinga 16 Juli 2020 di tempat yang sama. Sementara bagi para Kepala Desa (Kades) mereka akan mengikuti Bimtek pada tanggal 16 Juli hingga 19 Juli 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Langkat, Sutrisuanto, melalui via WhastApp, yang dikonfirmasi terkait keberangkatan 240 Bendahara Desa/Kaur Keuangan Desa, menjawab bahwa dirinya belum tahu. Sutrisuanto beralasan karena belum masuk kantor. Ia kemudian mengatakan akan menanyakan terlebih dahulu kepada sekretarisnya.

Sementara Kabid Pemdes PMD Kabupaten Langkat, Darma Sitepu,  membenarkan atas keberangkatan Bendahara Desa tesebut. “Namun untuk lebih lengkap bisa konfirmasi ke APDESI,” kata Darma Sitepu. (Reza Fahlevi)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA