by

Purbalingga Bisa Laksanakan Shalat Idul Adha Asalkan Taati Protokol Kesehatan

KOPI PURBALINGGA – Kantor Kementrian Agama Kabupaten Purbalingga, Jawa tengah menetapkan Shalat Idul Adha pada 31 Juli 2020 mendatang boleh dilaksanakan secara berjamaah oleh warga dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan  yang berlaku.

Karsono selaku ketua Kementerian Agama setempat menuturkan, untuk dasar aturan yang ditetapkan merujuk Surat Edaran Mentri Agama Nomor 18 Tahun 2020. Bagi Jamaah yang akan melaksanakan shalat Idul Adha di masjid maupun tanah lapang diwajibkan memenuhi protokol kesehatan layaknya mengenakan masker, dan menjaga jarak aman satu sama lain.

“Semua mengacu kepada Surat Edaran Mentri Agama tentang standar pelaksanaan Shalat Idul Adha di masa Pandemi Covid-19,“ jelas Karsono.

Lanjut dia, terkait sosialisasi ke desa akan dilakukan segera mungkin. Maka pelaksanaan sosialisasi sekiranya disokong bantuan 162 penyuluh agama non PNS serta 8 penyuluh PNS di Purbalingga sehingga proses sosialisasi nantinya diharapkan berjalan lancar dan optimal sesuai batas waktu yang telah ditentukan, yakni minimal sebelum H-2 lebaran Idul adha. 

“Isinya antara lain terkait pengarahan aturan shaf shalat, anjuran menjaga jarak fisik minimal satu meter saat sholat supaya meminimalisir resiko penularan berbagai macam penyakit, tidak hanya virus corona saja ,termasuk sosialisasi  perihal pemotongan hewan qurban yang juga harus taat akan protokol kesehatan,“ imbuh Karsono.

Tidak dilupakan, ketika penyembelihan hewan Qurban nantinya, dia menyarankan agar setiap warga yang tidak berkepentingan tidak usah mendekat (menonton, red) cukup panitia dan petugas pemotongan saja yang berkegiatan. “Bukan tidak boleh, tapi demi kemaslahatan bersama supaya terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan,” pungkas Karsono (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA