by

Polres Pelalawan dan Jajaran Masih Terus Lakukan Operasi Patuh Lancang Kuning Tahun 2020

KOPI, Pelalawan – Operasi Patuh Lancang Kuning 2020 Polres Pelalawan, hingga hari Kamis (30/7/2020) telah memasuki hari ke tujuh. Operasi yang dimulai pada tanggal (23/7/2020) direncanakan berakhir pada tanggal (5/8/2020 ).

Anev operasi dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Pelalawan, Kompol Daud Sianturi, S.Sos, MM, Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Teguh Wiyono, SH, MH, KBO Sat Lantas Iptu Osben Samosir, serta dihadiri oleh para Kanit Lantas Polsek jajaran Polres Pelalawan dan personil yang terlibat operasi Patuh Lancang Kuning 2020.

Sedangkan lokasi pelaksanaan operasi meliputi Kawasan Tertib Lalu Lintas jalan raya, daerah rawan pelanggaran, daerah rawan kecelakaan diwilayah Polres Pelalawan

Sedangkan sasaran Operasi Patuh meliputi beberapa pelanggaran diantaranya : Penggunaan Helm SNI bagi pengendara dan yg dibonceng, Pengemudi dan penumpang yg tidak menggunakan sabuk keselamatan, Pengendara Dibawah Umur, Pengendara dibawah Pengaruh Alkohol/Mabuk, Pengendara yg melawan Arus, Pengemudi yg menggunakan HP, Penggunaan Lampu Strobo serta pemberian teguran kepada para pengendara /pengguna jalan yg tidak mematuhi Protokol kesehatan dan lebih utama lagi terhadap pengendara dan atau kendaraan yg berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, dari kegiatan Anev tersebut dapat diketahui, perbandingan jumlah kegiatan Satgas Pre-emtif atau penyebaran dan pemasangan spanduk, leaflet dan stiker. Perbandingan jumlah kegiatan Satgas Pre-emtif atau penerangan dan penyuluhan melalui media cetak, elektronik dan Medsos tahun 2019 dibandingkan 2020 mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu lebih dari 100 persen.

Perbandingan jumlah kegiatan Preventif Patroli Pengaturan Penjagaan dan Patroli tahun 2019 dibandingkan 2020 mengalami peningkatan 102 persen.

Perbandingan jumlah kegiatan Satgas Gakkum atau Tilang mengalami penurunan. Sedangkan teguran mengalami kenaikan, dan penanganan Laka Lantas tahun 2019 dan 2020 masih tetap sama yakni dua kasus.

Selain itu diharapkan selama kegiatan operasi Patuh Lancang Kuning tahun 2020 dan selanjutnya, masyarakat tetap tertib berlalulintas dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yg ada. Serta selalu berhati-hati saat berkendara guna menghindari dan mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas.

Dalam rapat Anev, Kabag ops Polres Pelalawan, Kompol Daud Sianturi, S.Sos, MM, menyampaikan, “Selama berlangsungnya operasi patuh ini masyarakat diharapkan sadar, bahwa ketertiban dan kepatuhan untuk mematuhi peraturan lalu lintas sangatlah penting. Sehingga semua pengendara menjadi pengendara yang berkeselamatan. Hal ini juga jangan hanya berlaku selama operasi saja, namun tetap berlanjut hingga operasi berakhir dan menjadi suatu kebutuhan dan kebiasaan di masa pandemi covid-19 sekarang ini.”

Pada kesempatan yang sama, Kasat lantas Polres Pelalawan, AKP Teguh Wiyono, SH, MH, menyampaikan, “Diharapkan personil yang terlibat dalam operasi patuh dapat mengedukasi masyarakat dan pengendara, tentang Undang-Undang dan tata tertib lalu lintas di jalan raya dengan baik. Selalu tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga ketertiban, keselamatan dijalan raya dapat terwujud, dan angka korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya tentunya semakin kecil,” terang Kasat Lantas Polres Pelalawan.(Harris.s)

This image has an empty alt attribute; its file name is madu_banner_PERSISMA.jpg

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA