by

Mahasiswa UNP Bakal Magang Kuliner Minang di Payakumbuh

KOPI, Payakumbuh – Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi, ST, MT, melahirkan peluang baru di bidang pendidikan tinggi, yakni program “Kuliner Minang”. Program kreatif ini merupakan hasil dari kerjasama antara Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian dengan Fakultas Pariwisata Universitas Negeri Padang (UNP). Diperkirakan November mendatang mahasiswa Fakultas Pariwisata, khususnya Prodi Tata Boga, Jurusan Kuliner Minang, akan melakukan praktek kerja nyata di Sentra Rendang Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Hal itu disampaikan Walikota Payakumbuh diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dra. Efriza Zaharman, M.Si, kepada media ini usai menghadiri pertemuan rapat Senat UNP di Padang, Kamis (23/7/2020). “Walikota Payakumbuh telah mengirimkan surat resmi kepada Rektor UNP untuk menyatakan kesedian Pemerintah Kota Payakumbuh memfasilitasi dibukanya Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Kota Payakumbuh, tentunya sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku,” beber Efriza, Kamis, 23 Juli 2020.

Menjawab pertanyaan Pewarta Indonesia, dijelaskan Efriza, bahwa saat ini Payakumbuh memliki potensi kuliner malam yang sangat bagus prospeknya ke depan. Dengan aneka varian makanan dan minuman yang banyak, harga terjagkau dan akses pengunjung yang mudah karena berada di sepanjang jalan protokol dan buka selama 24 jam, akan menjadi daya tarik wisatawan, baik dari dalam maupun luar provisi.

“Untuk berkunjug ke Kota Payakumbuh, eksistensi kuliner malam yang menjanjikan ini tentu akan membuat Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Kota Payakumbuh akan diminati tamatan Sekolah Kejuruan yang ada di Kota Payakumbuh maupun di luar kab/kota bahkan luar provinsi,” demikian Efriza Zaharman mengakhiri pembicaraannya didampigi Kepala UPTD Sentra Rendang, Rendi Pratama. S.AI.

Di tempat terpisah, Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi, ST., MT, ditemui Pewarta Indonesia melalui hand phone selulernya, membenarkan kalau Pemko Payakumbuh telah mengirimkan surat resmi kepada Rektor UNP tertanggal 22 Juli 2020 sebagai salah satu persyaratan bagi Dekan Fakultas Pariwisata UNP meminta persetujuan Senat UNP guna menyusun proposal Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang akan diajukan ke Dirjen Vokasi Dikti. “Alhamdulillah, Senat UNP telah menyetujui. Inshaa Allah kita akan memfasilitasi proses belajar-mengajar Prodi Tata Boga Jurusan Kuliner Minang untuk menimba ilmu dan praktek langsung di Sentra Rendang Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, sesuai jadwal yang ditetapkan UNP,” ujar Riza.

Menurut Walikota dua periode ini, belum lengkap rasanya perjuangan seorang pemimpin negeri, jika pembangunan fisik tidak dibarengi dengan pembangunan sumber daya manusia. “Kehadiran UNP di Kota Payakumbuh kelak akan memberi arti bagi masyarakat. Saat ini masih banyak yang perlu dibenahi. Khusus kuliner malam, perlu diinventarisir, baik jumlah maupun jenisnya, perlu memberdayakan fasilitas pasar yang ada, perlu sinergisitas antar Organisasi Perangkat Daerah yang terkait dalam mengelola dan mengembangkan kuliner malam. Terpenting, Kota Payakumbuh dengan brand ‘City Of Randang’ benar-benar mencerminkan Kota Wisata yang padat karya kuliner malam, dengan sumber daya manusia yang handal,” papar Riza mengakhiri. (ENJOY/Red)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA