by

Kabupaten Purbalingga Berkesempatan Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Teladan Qurban Nasional

KOPI, Purbaingga – Desa Kedarapan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah terpilih menjadi lokasi Penyelenggaraan Teladan Berkurban Nasional.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI), PT. Bukalapak dan Bank Syariah Mandiri dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah dilaksanakan di tiga lokasi yaitu Kabupaten Purbalingga, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Mentri Agama RI Jendral (Purn) Fachrul Razi serta Ketua Dewan Masjid Indonesia yang juga mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla melalui platform video conference

Melansir laman berita lokal Serayunews, Rabu (29/07), Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga Mukodam mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang dilaksanakan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI), PT. Bukalapak dan Bank Syariah Mandiri.

Pencanangan dilaksanakan di Kandang Komununal, Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Purbalingga.

Sementara itu, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi melalui live video conference menyampaikan pesan untuk Hari Raya Idul Kurban kali ini merupakan salah satu refleksi ketakwaan umat Islam di Indonesia. Lalu dia menjelaskan juga agar terus mengoptimalkan sektor pertanian, terutama di sektor Peternakan penting diperhatikan.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla tak lupa memberikan apresiasi terhadap Gerakan Teladan Berkurban Nasional.

“Di tengah pandemi ini, pelaksanaan ibadah kurban harus selalu memperhatikan higienisitas dan protokol kesehatan dalam proses pelaksanaannya,“ ujar JK.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi juga menjelaskan, program ini (teladan qurban. Red) diharapkan dapat bermaafaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, meningkatkan semangat berkurban, dan membentuk kepedulian, dan menjaga ketahanan pangan disaat pandemi Covid-19.

Dia juga mengucapkan terima kasih khususnya kepada mitra Buka Lapak yaitu Dompet Dhuafa, Lazismu, Lazisnu, Qurban Nusantara, dan Rumah yatim. Kami mendapat bantuan pensaluran ternak qurban di Kabupaten Purbalingga.

Menurutnya, Kabupaten Purbalingga mendapatkan bantuan pendistribusian hewan qurban dari Rumah Yatim berupa 50 ekor kambing dan 6 ekor sapi. Lain itu, dari Dompet Dhuafa sebanyak 66 ekor kambing, Laznas BSM 30 ekor kambing serta Qurban Nusantara sejumlah 50 ekor domba.

“Bantuan hewan kurban tersebut akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” Sambung Bupati.

Tidak hanya Bupati Purbalingga, Manager Syariah Public Policy dan Government Relations, PT Bukalapak, Jodi Salahudin Akbar mengatakan adanya program teladan berkurban nasional melalui inisiasi PT Buka Lapak sebagai platform digital diharapkan bisa membantu masyarakat ditengah krisis pandemi. PT Buka Lapak mengajak masyarakat untuk berkurban via online.

“Di aplikasi Buka Lapak terdapat fitur Buka Qurban. Kami bekerjasama dengan sembilan mitra Lazis Muhammadiyah, Lazis NU, Dompet Dhuafa, Qurban Nusantara, Rumah Yatim, BAZNAS, Rumah Zakat, PZU Persis, Prodombas PINBAS MUI,” jelasnya.

Melalui fitur Buka Qurban, ia mengatakan masyarakat yang mempunyai kemampuan lebih dapat menyisihkan rezekinya untuk berkurban. Nantinya akan disebar ke seluruh penjuru nusantara.

Kemudian Proses pendistribusian akan dilakukan oleh takmir Masjid langsung ke kediaman warga yang membutuhkan, sehingga nantinya diharapkan tidak menimbulkan antrean saat pembagian. (*)

This image has an empty alt attribute; its file name is madu_banner_PERSISMA.jpg

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA