by

DPMD Pelalawan Sosialisasikan Aplikasi Desa Melawan Covid-19 dan Penanganan Stunting

KOPI, Pelalawan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pelalawan melaksanakan sosialisasi Aplikasi Desa Melawan Covid-19 serta Aplikasi Penanganan Stunting di Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan, Riau, pada Jumat, 19 Juni 2020. Acara sosialisasi yang dilaksanakan di aula kantor kecamatan ini dihadiri Camat Bandar Petalangan, Mukhtarius, S.Pd, M.Pd, bersama jajarannya.

Dari pihak DPMD, hadir Kabid Kelembagaan DPMD, Syarizul, Kasi PMD, Yurnadias, SP, Kasubid penyusunan program dan keuangan, Rudianto dan Tenaga Ahli DPMD, Juprizal. Juprizal hadir sekaligus sebagai narasumber dan pendamping desa se-Kecamatan Bandar Petalangan.

Adapun 2 Aplikasi yang disosialisasikan ini yakni aplikasi seluler penanganan Covid-19 (Aplikasi Desa Melawan Covid-19) dan penanganan stunting (e-Human Development Work/eHDW).

Dua (2) aplikasi yang diluncurkan DPMPD Kabupaten Pelalawan ini yakni Aplikasi Desa Melawan Covid-19 dan Penanganan Stunting yang diluncurkan dan dikembangkan oleh Kementrian Desa PDTT untuk mendukung pelaksanaan protokol penanganan Covid-19 dan upaya menurunkan stunting, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Kemendes PDTT No. 8 tahun 2020 tentang desa tanggap Covid 19 dan penanganan karya tunai.

Menurut juprijal, Aplikasi Desa Melawan Covid-19 akan membantu relawan desa dalam pelaksanaan kegiatan dan aktivitas pemberian edukasi dan informasi tentang Covid-19 kepada masyarakat yang sekaligus membantu mengumpulkan data secara real time terkait penyebaran dan dampak covid-19.

“Mengenai fungsi Aplikasi e-HDW berfungsi guna memastikan intervensi gizi masyarakat ditengah wabah Covid-19, dimana layanan keluarga 1000 HPK (Hari Pertama Kelahiran) penting untuk tetap dilakukan guna percepatan penanganan stunting,” jelas Juprijal.

Demikian sosialisasi 2 Aplikasi ini dibenarkan Camat Bandar Petalangan Mukhtarius, S.Pd, M.Pd kepada media, Kamis (22/6/2020).

Dikatakan Camat, dua Aplikasi ini sangat baik dan membantu masyarakat dalam penanganan pencegah Covid-19 serta menurunkan angka stunting di desa-desa. Maka dengan adanya luncuran Aplikasi ini dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pelalawan sangat di apresiasi.

“Saya sebagai kepala Pemerintahan di Kecamatan Bandar Petalangan Ini, Apresiasi kegiatan sosialisasi aplikasi desa melawan Covid-19 dan penanganan stunting dari DPMPD Kabupaten Pelalawan,” katanya.

Lanjut Mukhtarius. Dengan adanya dua aplikasi yang diluncurkan ini akan mempermudah desa melaporkan perkembangan Covid-19 dan kasus stunting yang ada di desa-desa cepat diatasi. “Ya, harapan kita. Semoga bencana wabah yang sedang melanda Negeri Kesatuan Republik Indonesia ini cepat berakhir dan kasus stunting selalu bisa diatasi secara cepat dan tidak terjadi didaerah kita. Untuk itu juga diharapkan agar pendamping desa yang ditugaskan DPMPD di Kecamatan Bandar Petalangan agar selalu aktif dan proaktif dalam menjalankan tugasnya sebagai pendamping,” pintanya mengakhiri. (Pranseda)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA