by

Daripada Waktu Habis untuk Medsos, Cebih Baik Menulis di Media Online

KOPI, Jakarta – Tak terasa waktu sebanyak 5 sampai 10 menit sudah habis dibuat untuk menulis dan menerbitkan berita Online. Di depan para peserta DJO-HM, narasumber Diklat Jurnalistik Online PPWI, Mung Pujanarko. memberikan contoh cara menulis quick news dengan menggunakan rumus 5W dan 1H.

Wasito (40), seorang peserta, terlihat tekun menyimak arahan dan contoh dari quick news atau berita cepat. Ketika diwawancara, Wasito mengatakan dirinya selama ini hanya memakai media sosial, dan belum pernah menulis berita di Media Online baik itu web log (blog) atau media online KOPI (Koran Online Pewarta Indonesia).

“Saya ingin memanfaatkan waktu saya dengan sebaik-baiknya dengan belajar membuat berita online dengan cepat dan akurat,” ujar Wasito di Pelalawan Riau.

Kendala yang dihadapi adalah dirinya belum familiar dengan weblog dan media online. Namun dalam pelatihan ini, Mung Pujanarko selaku narasumber menyatakan bahwa semua peserta nantinya akan bisa untuk mengunggah berita di web log dan di KOPI.

“Yang penting adalah mau melihat, berlatih dan berlatih, karena ini semua adalah ilmu yang kelihatan, bukan sulapan,” ujar Mung Pujanarko atau akrab disapa Imung itu. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA