by

6 Tips Memilih Hosting WordPress

KOPI, Jakarta – WordPress adalah salah satu CMS Website yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saat ini untuk membangun sebuah website atau blog. Penggunaan wordpress umumnya terkait hosting wordpress yang biasanya banyak digunakan karena mampu membangun website profesional atau blog dengan jenis apapun dalam waktu yang cepat.

Namun kelemahan wordpress adalah harus menggunakan hosting sendiri agar Anda bisa mengelola dan mengembangkan website tersebut sesuka Anda. Memilih hosting wordpress terbaik bukan masalah yang mudah. Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan agar bisa membangun website dengan optimal menggunakan hosting tersebut.

Beberapa Tips Memilih Hosting WordPress Terbaik

Hosting adalah salah satu komponen paling penting saat Anda ingin membangun dan mengelola website. Hal ini karena hosting mempunyai fungsi sendiri yang sangat vital, seperti halnya dalam menentukan ukuran performa website, mempengaruhi kecepatan loading website.

Oleh karena itu, apabila Anda salah dalam memilih hosting tentu saja bisa berakibat fatal untuk kelangsungan website Anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebenarnya hosting wordpress terbaik akan mempunyai ciri khas khusus dan juga bisa menunjukan kemampuan kelebihannya dalam beberapa aspek yang diperlukan dalam proses mengembangkan website.

Bagi Anda yang tidak ingin salah pilih dalam memilih website, berikut ada beberapa tips memilih hosting wordpress terbaik.

1. Memiliki WordPress Accelerator

Salah satu ciri khas hosting terbaik untuk wordpress yang pertama adalah harus mempunyai fitur wordpress accelerator. Apa itu wordpress accelerator? sesuai dengan namanya, fitur ini berguna untuk mempercepat dan meningkatkan akselerasi atau kecepatan akses loading dari halaman website atau blog yang Anda buat menggunakan wordpress.

Perlu Anda ketahui jika salah satu penentu nilai skor seo yang tinggi adalah kecepatan loading website yang tinggi. Selain memiliki nilai skor seo yang tinggi, website yang bisa dibuka dengan cepat tentu saja juga bisa membuat nyaman pengunjung website Anda tersebut. Oleh sebab itu dibutuhkanlah fitur penunjang dalam meningkatkan kecepatan akses website atau blog Anda dengan adanya fitur wordpress accelerator pada hosting.

2. Sudah Menggunakan SSD

Mungkin bagi orang awam hanya tahu jika alat penyimpanan pada komputer cuma Harddisk. Padahal zaman saat ini sudah berkembang, dimana saat ini sudah ada media penyimpanan lain yang lebih cepat yaitu SSD. Harddisk adalah media penyimpanan yang masih menggunakan piringan di dalamnya. Oleh sebab itu, karena masih menggunakan piringan maka kecepatan aksesnya akan terbatas.

Saat ini sudah ada SSD yang memiliki kecepatan akses jauh lebih cepat dibandingkan harddisk. Untuk itu selain memiliki fitur wordpress accelerator, sebaiknya Anda pilihlah hosting yang sudah menggunakan SSD agar kecepatan loading blog Anda menjadi semakin cepat.

3. Keamanan Tingkat Tinggi

Dalam membangun dan mengembangkan website, keamanan adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh Anda sepelekan. Pernahkah Anda mendengar kasus data-data website besar yang berhasil diretas oleh hacker? itu adalah akibat dari keamanan hosting yang lemah. Apakah Anda ingin website atau blog Anda dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab? tentu saja tidak kan?

Untuk menghindari masalah pembobolan atau website yang Anda buat di hack oleh orang lain maka sebaiknya Anda pilihlah hosting yang memiliki tingkat keamanan tinggi agar hal tersebut bisa teratasi. Jangan tergiur dengan harga yang murah namun penyedia layanan hosting tersebut tidak memperdulikan masalah keamanan pada data client mereka. Oleh sebab itu Anda harus berhati-hati dalam memilih hosting wordpress terbaik.

4. Gratis SSL

Apakah Anda sadar jika kebanyakan website atau blog saat ini sudah menggunakan HTTPS bukan HTTP lagi. Lalu bagaimana cara mengubah website atau blog Anda yang dulunya menggunakan HTTP menjadi HTTPS? tentu saja dibutuhkan sertifikat SSL agar Anda bisa mengubah halaman atau link website Anda berubah menjadi HTTPS bukan HTTP.

Saat ini ada dua pilihan yang bisa Anda pilih. Pertama Anda bisa menyewa atau membeli sertifikat SSL yang berbayar, atau Anda bisa menggunakan yang gratisan. Bagaimana mendapatkan sertifikat SSL gratis? biasanya hosting wordpress terbaik ini sudah memberikan SSL gratis kepada client mereka. Untuk itu pilihlah hosting yang memberikan gratis SSL kepada client mereka.

5. Backup Data Harian

Salah satu aset berharga dalam membangun sebuah blog atau website adalah data blog atau website itu sendiri. Perlu Anda ketahui jika dalam membangun sebuah website atau blog pasti kadang Anda menemui suatu gangguan atau masalah. Gangguan atau masalah pada blog tersebut tentu saja bisa berakibat fatal jika Anda tidak memiliki backup data.

Fungsi dari backup data adalah jika Anda mengalami masalah fatal seperti website yang rusak atau kehilangan artikel, Anda hanya tinggal melakukan restore data dari file backup tersebut.

Untuk itu Anda pilihlah penyedia layanan hosting wordpress terbaik indonesia yang memberikan layanan backup harian, dengan begitu data blog atau website pada hosting Anda akan aman dan Anda tidak akan khawatir jika terjadi gangguan pada blog atau website Anda tersebut.

6. Perhatikan Brand Hosting

Terakhir sebaiknya Anda pilihlah hosting yang sudah memiliki brand atau nama besar. Brand atau nama besar dari penyedia layanan hosting biasanya akan memberikan layanan terbaik mereka kepada client.

Biasanya juga layanan penyedia hosting yang sudah terkenal juga sudah memiliki semua poin-poin yang sudah kami tuliskan di atas untuk menjadi hosting wordpress terbaik dan banyak digunakan oleh orang-orang. 

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA