by

5 Sumber Penghasilan para Blogger

KOPI, Jakarta – Di zaman modern ini, menghasilkan uang bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan uang dari rumah, salah satunya yaitu melalui blog atau website.

Apa itu blog? Sederhananya blog adalah sebuah media online yang digunakan para blogger untuk berbagi informasi berupa artikel, foto, video atau link website lain.

Dengan membagikan informasi yang menarik, kita bisa mendatangkan ribuan pengunjung setiap harinya.

Lalu bagimana cara menghasilkan uang nya? Berikut ini beberapa cara menghasilkan uang melalui blog.

1. Iklan

Secara umum, hampir semua blogger menghasilkan uang melalui iklan. Caranya yaitu dengan menempatkan code iklan tertentu pada blog yang akan dilihat para pembaca.

Prinsipnya mirip dengan majalah atau koran yang menyediakan kolom iklan disela-sela artikelnya.

Berapa potentsi pendapatan dari iklan tersebut? Untuk potensi penghasilan blog melalui iklan hampir tidak terbatas, semakin banyak pengjung blog setiap harinya maka semakin besar pula penghasilanya.

Berikut ini beberapa situs periklanan yang umumnya digunakan para blogger :

  • Google Adsense
  • MGID
  • Adnow
  • Propeller
  • Adreactor
  • dll

2. Program Afiliasi

Program afiliasi atau affiliate merupakan salah satu cara menghasilkan uang melalui blog yang populer. Secara sederhana, program afiliasi yaitu mempromosikan produk / jasa / layanan melalui link referal dan mendapatkan komisi ketika berhasil terjual.

Berikut ini beberapa website yang menyediakan program afiliasi :

  • Lazada.co.id
  • CJ.com
  • Ratakan.com
  • Clickbank.com
  • Amazon.com
  • Bukalapak
  • Blibli.com
  • dll

3. Jasa

Selain dari iklan, anda juga bisa mendapatkan uang melalui penjualan jasa. Beberapa jenis jasa yang populer untuk menghasilkan uang melalui online yaitu jasa content placemen (jasa backlink), jasa tulis, jasa konsultasi, jasa desain, dll.

Ada beberapa kentungan menjual jasa online, diantaranya bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja, harga kita yang menentukan serta tidak ada potongan apapun.

4. Produk

Tidak sedikit para blogger yang menjual produk melalui blognya, baik produk digital maupun produk fisik yang sesui dengan pembahasan dari blog tersebut.

5. Recurring Income

Apa itu Recurring Income? yang dimaksud dengan Recurring Income yaitu menerapkan sistem keanggotaan berbayar dan gratis.

Artinya, member berbayar atau premium bisa mengakses konten-konten tertentu yang tidak bisa diakses oleh member gratis / reguler.

Sistem ini memang tidak terlalu familiar dikalangan blogger, namun sudah ada beberapa website yang menerapkanya.

Demikianlah 5 jenis sumber penghasilan para blogger yang perlu kamu ketahui. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal para blogger bisa mengkombinasikan beberapa program asalnya ditata dengan rapih agar tetap nyaman dilihat.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA