by

Tim Gugas Lakukan Tracing di Klari, 4 Orang Positif Covid-19

KOPI, Karawang – Hasil swab test yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menunjukkan empat orang terkomfirmasi positif Covid-19. Ini membuktikan bahwa masih terjadi lonjakan penyebaran Covid-19 di Karawang. Hingga hari ini total pasien dalam perawatan sebanyak 10 orang di wilayah Karawang.

Menurut Juru Bicara Tim Gugas Karawang, dr. Fitra Hergyana, Sp.KK menjelaskan bahwa ada dua faktor penyebaran Covid-19 di masyarakat yaitu masih ada kasus positif tanpa gejala, tanpa keluhan yang masih berada di tengah-tengah masyarakat.

“Ini menjadi sumber penularan. Faktor lainnya adalah masyarakat banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker saat keluar rumah, berkerumun dan tidak berjaga jarak,” jelas Fitra saat konferensi pers di Kodim 0604/Karawang, Kamis (18/6/2020).

Lebih lanjut, ia menyampaikan, 3 orang tersebut masih memiliki satu ikatan keluarga dengan salah satu pasien yang terkomfirmasi positif di Kecamatan Klari. “Hasil Tracing kontak erat langsung diswab test dan hasilnya positif. Tiga orang anggota keluarga dan satu orang tetangga,” ujar Fitra.

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah terbanyak kasus positif di Karawang merupakan kaum millenial dengan jumlah sekitar 70 persen dari total kasus positif di Karawang. Data tersebut, menunjukkan kaum millenial berisiko tinggi tertular dan menularkan Covid-19.

Terlebih, dari setengah nya tidak menunjukkan gejala, sehingga saat belum dinyatakan positif dengan swab test biasanya masih bergerak dengan banyak orang, yang akhirnya menjadi sumber penularan Covid-19 kepada yang lain.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Klari yang pro aktif soal Covid-19 dengan adanya kasus ini. Karena semua memberikan support kepada keluarga pasien. Kami rencana akan gelar swab massal di Klari, hari Sabtu (20/6/2020),” pungkas Fitra.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA