by

Teknologi Mencegah Penularan Covid 19

KOPI, Jakarta – Teknologi Mencegah Penularan Covid 19 saat ini mulai banyak dikembangkan. Virus yang sampai saat ini masih ada di sekitar kita, haruslah dicegah penularannya. Agar korbannya tidak terus bertambah.

Aktivitas sehari-hari sudah harus dilakukan . jika tidak ekonomi akan semakin terpuruk, negara tidak akan mampu mengatasi dampak serius yang dapat terjadi. Oleh sebab itu pergerakan harus dilakuan ditengah ancaman kesehatan.

Para pakar teknologi berusaha mengembangkan berbagai hal yang dapat mencegah penularan virus covid 19. Teknologi diharapkan mampu membuat semua aktivitas yang dilakuan aman, ditengah bahaya kesehatan yang mengintai.

Beberapa teknologi ini, diharapkan mampu Mencegah Penularan Covid 19.

Thermal Scaner

Penggunaan teknologi ini sudah tidak asing lagi. Sejak wabah SARS yang melanda dunia, teknologi pemantau suhu tubuh telah dipasang di berbagai tempat, seperti bandara, pelabuhan dan tempat keramaian lainnya.

Alat ini mampu mendeteksi suhu tubuh seseorang yang melewati sensor, sensor dipasang pada tempat yang ramai dilalui orang. Sebuah layar monitor yang diletakkan pada ruang kontrol, akan memantau suhu yang muncul pada layar.

Sensor yang menggunakan FPA atau Focal Plane Array. Berfungsi sebagai detektor yang akan menangkap sinyal infra merah. Sinar infra merah akan muncul dari tubuh seseorang yang mengalami infeksi.

Jika seseorang terdeteksi mengalami infeksi ia akan dikarantina terlebih dahulu sampai mendapatkan hasil pemeriksaan pasti. Apakah seseoarang itu membawa virus yang berbahaya atau tidak.

Aplikasi Pendeteksi Virus Covid 19

Aplikasi yang dikembangkan oleh pakar dunia internet Goggle dan Apple. Sebuah aplikasi yang mampu mancatat riwayat interaksi penggunanya. Mencegah Penularan Covid 19 dari orang ke orang selama di tempat umum.

Aplikasi ini akan memberikan peringatan pada anda jika berada di wilayah yang terjangkit virus. Atau apabila anda berisiko untuk tertular, aplikasi akan memberikan peringatan agar anda segera meninggalkan tempat itu.

Aplikasi ini juga dapat mendeteksi orang-orang yang pernah kontak dengan penderita covid 19. Tentu saja ini bukan alat diagnosa, hanya sekadar memberitahukan bahwa mereka pernah kontak dengan penderita covid sehingga anda lebih berhati-hati.

Pada aplikasi ini digunakan teknologi API atau Aplication Programing Interface. Sebagai sarana komunikasi dengan lingkungan sekitar diperlukan koneksi bluetooth. Koneksi dari satu pengguna telepon genggam kepada pengguna telepon lainnya.

Gelang Pintar

Anda yang menggunakan gelang ini dapat memonitor keadaan kesehatan saat ini. Teknologi Gelang FANDEZIG ini mampu menghitung suhu tubuh anda saat digunakan. Gelang akan terhubung dengan telepon pintar melalui GPS.

Gelang akan menyampaikan data yang didapatkan kepada aplikasi kesehatan yang ada pada telepon genggam. Jika anda mengalami masalah kesehatan maka sistem akan memberikan isyarat dan anjuran yang harus dilakukan.

Anda akan mudah tertular jika kondisi tubuh turun. Aplikasi ini Mencegah Penularan Covid 19 dengan cara memantau kondisi tubuh anda secara terus menerus. Sehingga anda dapat melakukan antisipasi, memperbaiki kondisi tubuh.

Kaca Mata Pintar

Kaca mata buatan perusahaan Rokid, Hangzhou, China ini mememiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan termal scaner. Menggunakan kaca mata ini petugas dapat menghitung suhu tubuh seseorang.

Pada kaca mata terdapat sensor infra merah dan kamera 12 mega pixel. Hal ini membuat kaca mata pintar ini mampu mendeteksi suhu tubuh seseorang walaupun dalam kerumunan ramai.

Kaca mata ini telah terjual lebih dari seribu buah. Telah digunakan di sekolah dan berbagai pusat bisnis di negara produsennya. Sampai saat ini perusahaan terus mengembangkan kaca mata agar berfungsi lebih baik.

Drone

Penggunaan pesawat tanpa awak ini bukanlah hal baru. Jika dahulu penggunaan sebatas keperluan pengambilan gambar. Teknologi yang satu ini, kini digunakan untuk Mencegah Penularan Covid 19.

Alat ini menggantikan tugas relawan Menyampaikan bantuan baik alat medis maupun bahan kebutuhan lainnya kepada warga yang sedang menjalani karantina. Hal ini dapat mencegah kontak fisik yang mungkin terjadi.

Bahkan di Amerika Serikat drone digunakan untuk mengantarkan hasil tes uji covid dari laboratorium kerumah sakit. Sebuah proses yang efisien dan sesuai dengan protokol covid untuk menghindari daerah dengan zona merah.

Pihak kepolisian dan militer menggunakan drone untuk memantau kepatuhan masyarakat terhadap karantina wilayah. Sehingga lebih efektif terutama untuk daerah yang luas, dengan medan yang agak sulit.

Perkembangan teknologi, memang ditujukan untuk keselamatan manusia. Teknologi yang tepat guna menjadi teknologi yang harus terus dikembangkan. Termasuk teknologi untuk mengatasi pandemi ini.

Saat ini ahli kesehatan terus berjuang untuk menemukan vaksin covid 19, berbagai uji coba terus dilakukan agar vaksin cepat ditemukan dan wabah ini dapat dihentikan. Sehingga kita dapat terbebas dari ketakutan.

Selama vaksin belum ditemukan, pencegahanlah yang bisa kita lakukan. Menggunakan teknologi yang ada untuk Mencegah Penularan Covid 19 menjadi hal yang paling mungkin kita lakuan saat ini.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA