by

Rukun Kematian Al Jabbar Perum Taba Pesona Adakan Pelatihan Pengurusan Jenazah

KOPI, Lubuklinggau – Kematian adalah takdir yang tidak bisa ditolak bagi semua makhluk hidup, Tidak terkecuali terhadap orang dekat kita.

“Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian” (Ali Imran: 185).

Selain mempersiapkan diri, kita juga dituntut untuk peduli terhadap kematian orang lain khusunya membantu mengurusi jenazah umat muslim. Namun tidak sedikit yang kita lihat, masih minimnya pengetahuan tentang cara mengurusi jenazah umat muslim.

Pentingnya peduli tehadap kematian orang lain agar kehidupan kita diisi dengan kebaikan. Oleh karena itu sebaik-baiknya mahkluk ciptaan Allah dan ditempatkan derajat paling tinggi diantara makhluk lainnya, maka seorang muslim harus menghormati seorang muslim yang telah meninggal dunia, termasuk menjalankan fardhu kifayah mengurusi jenazah.

Kepedulian sosial merupakan ajaran syariat islam, pengurusan jenazah bagi muslim dapat meningkatkan kepekaan sosial dan kepedulian kepada sesama umat muslim serta membantu meringankan beban keluarga yang ditinggalkan, namun hal itu akan sulit terjadi jika, pemahaman pengurusan jenazah di kalangan masyarakat masih minim.

Maka untuk memperaktikkan kepedulian sosial dalam konteks mengurus jenazah adalah hal yang penting untuk diketahui dan dilakukan oleh umat muslim tanpa terkecuali. Apalagi, pelatihan-pelatihan bagaimana cara mengurus jenazah ini bisa dikatakan “langka” untuk diselenggarakan. Sekiranya, pelatihan ini bisa menjadi sarana masyarakat untuk mempelajari salah satu dari pilar agama Islam, yaitu ilmu Fiqih.

Rukun Kematian Al Jabbar Perumahan Taba Pesona Kelurahan RT 02 Taba Jemekeh Kecamatan Lubuklinggau Timur I Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan adakan giat melakukan pendidikan bagi umat islam akan terus konsisten untuk meningkatkan pemahaman-pemahan ajaran islam secara utuh, baik dari sisi fiqih maupun praktek.

Untuk itu Rukun Kematian Al Jabbar, seperti disampaikan Ketua Rukun Kematian Al Jabbar, Suwarna dalam keterangannya menyelenggarakan pendidikan tentang tatacara pengurusan Jenazah di Perumahan Taba Pesona dan sekitarnya, dengan menghadirkan instruktur yang concern terkait pelatihan pengurusan jenazah, bertempat di Musholah Al Jabbar Perumahan Taba Pesona, Jum’at (26/06/2020).

Ditanya tentang kepesertaan dan tujuan dilaksanakannya pelatihan pengurusan jenazah, Suwarna menerangkan “Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang peserta yang merupakan perwakilan dari warga Perumahan Taba Pesona dan sekitarnya,” ujar Suwarna.

Kegiatan ini juga di hadiri langsung oleh Bahsun Ketua RT 02 Kelurahan Taba Jemekeh dan di instrukturi oleh Ustad Endang selaku Wakil Pimpinan Ponpes Mazroillah Kota Lubuklinggau.

Bahsun selaku Ketua RT 02 Kelurahan Taba Pesona, menyampaikan “Saya bangga dengan warga perumahan Taba Pesona, dengan inisiatifnya untuk melakukan pelatihan pengurusan jenazah karena ini jarang sekali dilakukan oleh masyarakat, hal ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan ibadah,” ucapnya.

Pelatihan ini diharapkan, pertama meningkatkan Pengetahuan bagi masyarakat terkait pengurusan Jenazah. Kedua, melahirkan instruktur pengurusan Jenazah di Perumahan Taba Pesona dan sekitarnya. Ketiga, memotivasi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan mengenai tata cara pengurusan jenazah. Keempat, meningkatkan kepekaan sosial di masyarakat melalui pelatihan pengurusan jenazah, dan kelima, menanamkan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah di masyarakat. (Vhio)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA