by

Persiapan Pembukaan Ancol dengan Protokol Kesehatan, Yuk Disimak!

KOPI, Jakarta – Persiapan pembukaan kembali Ancol dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di DKI Jakarta. Taman lmpian Jaya Ancol, beroperasi kembali dalam normal baru pada 20 Juni 2020.

Teuku Sahir Syahali, Direktur Utama PT Taman lmpian Jaya Ancol menyampaikan bahwa Ancol akan dibuka kembali (20/06). Dalam proses operasionalnya akan diterapkan sejumlah prosedur dan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. Selain itu Manajemen juga memberikan harga diskon khusus selama periode bulan Juni 2020 yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Peraturan baru telah disiapkan dan akan diterapkan agar semua pihak dapat menjalankan aktivitas Iiburannya dengan aman dan nyaman. Peraturan tersebut bernama #PSBB atau Senang Selamat Bareng Bareng. Merupakan peraturan yang diterapkan di Ancol untuk memastikan seluruh pihak dapat kembali menikmati liburan dan bersenang-senang, namun juga aman dan selama! dari awal sampai sampai akhir kungungan di Taman lmpian Jaya AncoL. Seluruh orang yang menjadi bagian kawasan wisata. baik pengunjung, karyawan. petugas serta mitra memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan satu sama lain demi kebaikan bersama.

Beberapa hal penting yang perlu diketahui dari #PSBB Ancol saat nanti akan beroperasi kembali antara lain adalah Manajemen akan memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung (sebanyak 50% dari kapasitas normal) dan tidak memperbolehkan anak dibawah 5 tahun. Ibu hamil, dan lansia (usia 50 tahun dan di atasnya) rekreasi di Ancol. Hal ini sesuai dengan anjuran Pemerintah untuk area wisata.

Terdapat pula kebijakan pembayaran non tunai (cashless) dalam bertransaksi dan juga tidak ada penjualan tiket di Ioket sehingga pengunjung wajib membeli tiket secara daring/ online mulai 13 Juni 2020. Pembelian tiket dapat dilakukan melalui www.ancol.com ataupun mitra penjualan tiket resmi yang bekerjasama dengan Ancol. Pengunjung pun wajib melakukan reservasi sebelum berkunjung ke Ancol. Khusus pengunjung yang membeli tiket di website Ancol, tanggal kedatangan sudah dapat dipilih sejak pembelian tiket.

Protokol kesehatan juga akan tetap dijalankan seperti pemeriksaan suhu tubuh di Pintu Gerbang Ancol dan unit rekreasi. Betas suhu maksimal yang ditetapkan adalah 37,3°C. Melewati batas tersebut. maka tidak dapat memasuki kawasan Ancol. Penggunaan masker yang menutup hidung dan mulut merupakan hal wajib. Pengaturan jaga jarak fisik juga diberlakukan di semua area dengan jarak 1,5 hingga 2 meter.

Selama masa transisi ini pun Manajemen akan memberlakukan penyesuaian kegiatan operasional. Unit rekreasi juga akan dilakukan pembukaan secara bertahap. yang akan dibuka terlebih dahulu adalah kawasan Pantai. Allianz Ecopark. Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol dan restoran yang berada di dalam kawasan Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort. Sementara untuk unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya.

Terdapat juga penyesuaian jam operasional yaitu sebagai berikut; Pintu Gerbang Utama dan kawasan Pantai dibuka mulai pukul 06.00 20.00 WIB. Dunia Fantasi dibuka mulai pukul 10.00
hingga 18.00 WIB, Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol dibuka mulai pukul 09.00 17.00 WIB. Jam operasional ini berlaku Senin sampai Minggu dan juga hari Lnbur Nasional.

Diharapkan agar calon pengunjung dapat mentaati semua protokol yang ditetapkan dan mempersiapkan diri dengan membawa peralatan pribadi seperti alat makan serta alat ibadah. juga dianjurkan untuk membawa hand sanitizer pribadi bila diperlukan setiap saat. Himbauan juga akan terus dilakukan baik oleh petugas maupun papan Informasi agar semua pihak dapat mencuci tangan dengan sabun lebih sering dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Manajemen Ancol berkomitmen umuk tetap dapat menjaga kebersihan dan higienitas seluruh wahana atau pun prasarana umum yang terdapat di dalam kawasan rekreasi. Penambahan fasilitas cuci tangan dan penyediaan hand sanitizer dan melakukan pembersihan dengan disinfektan akan rutin dilakukan.

Selamat dari bahaya penyakit tentu tidak boleh sendirian. Dengan kesadaran diri menjaga kesehatan dan kebersihan setiap saat. setiap orang juga berperan untuk menjaga kesehatan orang lain. Diharapkan dengan #PSBB ini seluruh yang ada di Ancol bisa memkmati rekreasi dengan maksimal pada saat dibukanya kembali kawasan wisata Taman lmpian Jaya Ancol pada 20 Juni 2020 nanti.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA