by

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP! Pilih Salah Satunya!

KOPI, Jakarta – Momen penting dapat di abadikan lewat jepretan kamera, namun bagaimana jika Anda kehilangan hasil gambar dengan tidak sengaja terhapus. Tenang saja dan tidak perlu khawatir, karena pada era teknologi saat ini masih bisa berpotensi di selamatkan. Karena cara mengembalikan foto yang terhapus di HP bisa dijalankan dengan mudah.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Lewat Aplikasi

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi gratis menawarkan berbagai cara mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus. Teknologi canggih memang dapat memberikan solusi super cepat dari masalah tersebut, dengan begitu momen-momen berharga bisa di selamatkan. Berikut ulasannya:

1. Menggunakan Deleted Photo Recovery

Aplikasi yang pertama ini cukup banyak digunakan untuk mengembalikan gambar yang terhapus. Jika sebelumnya tidak pernah mencadangkan file foto di ponsel, itu bukan masalah. Anda hanya perlu download Deleted Photo Recovery di Play Store dan install di HP.

Cara kerja aplikasi ini tentu saja sangat mudah dan cepat, yaitu dengan memindai foto-foto yang sudah terhapus kemudian akan mengembalikannya ke tempat semula. Anda hanya tinggal menunggu beberapa saat saja hingga Deleted Photo Recovery selesai memproses serta mengembalikannya ke tempat semula.

2. Menggunakan DiskDigger Photo Recovery

Yang kedua adalah dengan menggunakan Diskdigger Photo Recovery, cara kerjanya bisa dibilang mirip dengan Deleted Photo Recovery. Keunggulan aplikasi ini sendiri yaitu sangat ringan hanya berukuran 2 MB saja. Tidak terlalu banyak membutuhkan ruang penyimpanan di ponsel Anda.

Penggunaanya sangat mudah, cukup dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut kemudian buka dan pilih folder. Tunggu hingga memindai dan beberapa saat sampai menunjukan file yang terhapus, kemudian klik saja revocer button untuk menyimpannya kembali ke ponsel.

3. Menggunakan DigDep Image Recovery

Digdep Image Recovery ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda. Karena aplikasi tersebut dapat menjamin penggunanya untuk mengembalikan foto atau media yang telah terhapus di memori internal maupun eksternal. Jadi tidak perlu pusing lagi untuk bersusah payah mengembalikannya

Aplikasi ini juga cukup mudah digunakan tidak memerlukan root, caranya Anda hanya perlu download kemudaian install dan masuk ke Digdep Image Recovery tersebut. Kemudian lakukan proses pemindaian foto yang terhapus, lalu pilih file mana untuk dikembalikan ke galeri ponsel.

4. Menggunakan Restore Image

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan bantuan Restore Image, keunggulannya adalah dapat pengembalian foto yang sangat baik. Namun perlu di perhatikan, tidak semua gambar bisa dikembalikan lewat aplikasi ini. Jadi Anda harus berhati-hati ketika ingin menghapusnya

Untuk langkah-langkah mengembalikan foto yang terhapus dari aplikasi ini sangat mudah. Pertama Anda perlu download Restore Image terlebih dahulu kemudian install dan buka, pilih search the image you want to restore, lalu pilih folder dan secara otomatis akan tersimpan kembali ke ponsel.

5. Aplikasi Pemulihan Foto

Aplikasi ini adalah rekomendasi ke lima untuk bisa memulihkan foto yang telah terhapus. Dapat mengembalikan gambar di memori internal maupun eksternal tanpa harus memakai PC, cukup gunakan ponsel Android Anda kemudian pulihkan dengan format PNG maupun JPG

Aplikasi ini bisa digunakan tanpa root jadi sangat mudah. Kelebihannya adalah dapat memindai foto yang tidak sengaja maupun sengaja dihapus sebelum menginstalnya. Untuk cara kerjanya juga sangat cepat hanya beberapa detik saja akan mengembalikan gambar-gambar pribadi.

Cara Agar Foto yang Terhapus Lebih Mudah Dikembalikan

Agar foto tidak hilang, lakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Install Google Photos

Cara pertama mencegah agar foto ketika terhapus lebih mudah di kembalikan adalah dengan menginstall aplikasi Google Photos. Tindakan preventif ini memang sangat cocok digunakan untuk yang takut filenya tidak bisa kembali lagi. Langkah-langkahnya dapat Anda simak sebagai berikut

  • Download aplikasi Google Photos di Play Store dan install.
  • Buka aplikasi Google Photos.
  • Pilih opsi pengaturan kemudian tekan backup & sync.
  • Lalu tekan priode waktu dan metode apa saja yang diinginkan untuk dapat mencadangkan foto di ponsel Anda.

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP ini bisa dibilang sangat mudah digunakan. Dari aplikasi tersebut memiliki fungsi sebagai cadangan serta mampu menyimpan foto tanpa batas.

Google Photos juga memiliki fitur sampah yang berfungsi bila Anda tidak sengaja menghapusnya, maka akan masuk ke menu tersebut dan tinggal klik “pulihkan saja” untuk mengembalikannya. Namun sedikit tips bila ingin menghapus foto atau video lebih baik hapuslah di aplikasi ini agar dapat tercadangkan.

2. Install Dumpster

Pada dasarnya aplikasi Dumpster ini berfungsi untuk keranjang sampah atau tempat mencadangkan serta menyimpan semua data yang Anda telah hapus. Dumpster sendiri berperan layaknya cadangan Cloud Storage (biasanya ada pada beberapa ponsel).

Bila sebelumnya Anda menginstall Dumster sebelum menghapus foto, video atau bahkan dokumen lainnya. Maka aplikasi ini akan berperan aktif untuk menyimpan sampah tersebut. Untuk Cara penggunaanya dapat disimak melalui langkah-langkah berikut:

  • Pertama tentu saja Anda harus download terlebih dahulu aplikasi Dumster dari Play Store kemudian install.
  • Pilih deep scan recovery, kemudian aplikasi akan menampilkan dokumen apa saja yang terhapus maupun tersimpan.
  • Setelah memilih dokumen yang akan Anda pulihkan, “restore to galeri”.
  • Selamat, file foto Anda telah berhasil dikembalikan dan tersimpan di galeri ponsel.

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP di atas memang memiliki keunggulan hampir sama. Namun lebih disarankan jika sebelum Anda menghapus gambar di ponsel lebih baik mencadangkannya terlebih dahulu untuk meminimalisir tidak bisa dipulihkan.

Karena foto adalah salah data penting untuk mengabadikan momen berharga yang sayang jika hilang begitu saja. Anda juga bisa mendapatkan info dunia teknologi dengan mengunjungi website kopteko untuk mendapatkan beragam info dan tips terbaru seputar teknologi.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA