by

Kodim 0727/ Karanganyar Gelar Gladi Posko I Antisipasi Bencana Tanah Longsor

KOPI, Karanganyar – Latihan Gladi Posko I tahun 2020 yang digelar oleh Kodim 0727/ Karanganyar dengan tema: “Kodim Karanganyar melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Di Wilayahnya Dalam Rangka Membantu Penanggulan Terjadinya Bencana Alam Tanah Longsor” dilaksanakan pada Senin 08/06/2020.

Mengingat Kabupaten Karanganyar terdiri dari pegunungan dan dataran, sangat dimungkinkan terjadinya bencana alam, baik banjir, tanah longsor dan lain sebagainya. Jika bencana itu benar-benar terjadi kita sudah tahu apa yang akan kita perbuat dan langkah antisipasi apa yang akan kita lakukan sesuai dengan standar Protap yang ada.

Begitu pentingnya kegiatan latihan posko ini, maka saya harapkan latihan posko ini dilaksanakan dengan serius, sungguh-sungguh dan bertanggung jawab disertai harapan semoga setelah mengikuti latihan posko ini setiap peserta memiliki kemampuan dan kepekaan yang lebih terhadap setiap jenis bencana yang mungkin terjadi di wilayah Karanganyar.

Gladi posko ini bertujuan untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam tanah longsor. Latihan Gladi Posko I di buka langsung oleh Komandan Korem 074/ Warastratama Brigjen TNI Rafael Granada Baay yang dihadiri oleh Para Dandim se-Surakarta. Dalam latihan tersebut juga melibatkan BPBD Karanganyar, Tagana dan dinas terkait Pemkab Karanganyar.

“Yang kita laksanakan ini merupakan latihan taktis tanpa pasukan, yang diharapkan memiliki nilai strategis untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim 0727/Karanganyar, dalam Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT) guna menghadapi tugas-tugas kewilayahan. Sehingga didapatkan kesamaan persepsi dan jelas siapa berbuat apa, terutama dalam memberikan bantuan kepada Pemda untuk mengatasi penanggulangan bencana alam tanah longsor yang terjadi di wilayah,” jelas Danrem yang sekaligus sebagai Komandan Latihan Gladi Posko

“Selanjutnya saya tekankan, karena Latihan posko dilaksanakan ditengah pandemic Covid-19, untuk pelaksanaan latihan harus sesuai standar protokol kesehatan yang diterapkan WHO, dengan wajib menggunakan masker, menjaga jarak orang perorang dan sterilisasi diri dengan hand sanitizer yang disediakan di setiap sudut ruangan area kegiatan ini. Bagaimanapun juga latihan ini harus tetap berjalan, tanpa mengabaikan standar keamanan diri dari Covid-19,” tegasnya.(Ritha).

This image has an empty alt attribute; its file name is madu_banner_PERSISMA.jpg

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA