by

DKP Kota Tangerang Cek Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

KOPI, Kota Tangerang– Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Pemerintah Kota Tangerang mulai gencar melakukan monitoring kesehatan hewan- hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah (31/7/2020) di berbagai peternakan yang ada di Kota Tangerang, pada Senin, 22/6/2020. 

Kabid Pertanian DKP Kota Tangerang Ibnu Ariefyanto mengatakan Dinas Ketahanan Pangan melakukan pengecekan kesehatan dan kelayakan hewan yang akan disembelih pada Idul Adha nanti.

“Sudah satu bulan ini hingga sebulan ke depan DKP turunkan puluhan dokter hewan dan petugas lapangan untuk mengecek kesehatan dan kelayakan hewan yang akan disembelih pada Idul Adha nanti,” katanya.

Ia menuturkan dalam pengecekan kesehatan, para dokter dan petugas memastikan kesehatan gigi, hidung, mata dan bobot tubuh yang wajar. 

“Tak hanya itu, kami juga menyuntikan vaksin dan vitamin. Sehingga, saat penyembelihan, hewan-hewan dalam kondisi sehat dan daging layak konsumsi. Dua minggu jelang Idul Adha, DKP akan turun ke lapak- lapak penjualan hewan kurban guna memastikan hewan ternak jenis sapi dan kambing dari luar yang masuk ke Kota Tangerang dalam keadaan sehat dan dagingnya layak konsumsi,” lanjutnya. 

Ibu juga mengatakan lapak penjual juga akan diberikan logo aman yang berarti berada dibawah pengawasan DKP Kota Tangerang.

“Tak hanya kandang peternak, lapak penjual nantinya juga akan diberikan logo aman oleh DKP. Sebagai tanda, peternakan dan kandang tersebut aman dan sudah di bawah pengawasan DKP,” jelas Ibnu. 

Salah satu peternak Yusuf mengaku enam bulan sebelum Idul Adha, pemeliharaan hewan lebih intens, baik asupan maupun fokus pada peningkatan bobot tubuh. 

“Saya selalu berkoordinasi dengan DKP setiap minggunya. Alhamdulillah Pemerintah selalu membantu, kemarin sempet ada yang tanda-tanda sakit, petugas DKP langsung datang dan mengobati hewan kami,” katanya. 

Perlu diketahui bahwa ciri- ciri hewan kurban yang sehat antara lain mata yang bening, hidung yang basah, air liur tak berlebihan, gusi merah muda, tidak pincang, tidak kejang- kejang atau melengkungkan tubuh, bernafas normal, tidak batuk- batuk atau ngorok, kotoran berkonsistensi normal dan tidak berdarah, warna kencing kuning jerami dan  berinteraksi dan beraktivitas dengan lingkungannya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA