by

Dengan Penerapan New Normal Ancol Siap Hadir Kembali

KOPI, Jakarta – Kawasan Wisata Taman Impian Jaya Ancol telah menutup sementara operasional seluruh kegiatan di dalamnya sejak 14 Maret 2020 Ialu. Hal ini dilakukan dalam upaya turut mengurangi potensi penyebaran pandemi COVID 19 yang telah berkembang di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Sebagai Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam masa penutupan sementara operasional ini, Manajemen Ancol fokus kepada pemeliharaan dan perawatan seluruh aspek sarana dan prasarana. Seperti pemeliharaan biota yang berada di Ocean Dream Samudra, Sea World Ancol dan Allianz Ecopark. Pemeliharaan wahana permainan di Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra dan Atlantis Water Adventures serta perawatan kebersihan taman, toilet dan sarana umum Iainnya juga dilakukan. Kawasan Pantai juga tidak luput dari perhatian, tetap dilakukan perawatan taman dan kebersihannya.

Untuk mengobati kerindungan masyarakat berekreasi ke Ancol, maka pada masa PSBB Manajemen Ancol menghadirkan inovasi dengan program diskusi dan liburan daring berbasiskan Iivestream instagram seperti program Ngobrol Seru Kesenian di akun Pasar Seni Ancol, Live Cooking di akun Putri Duyung Resort dan juga program Ancol Liburan Virtual di akun Ocean Dream Samudra, Sea World Ancol, Dunia Fantasi dan Ancol Taman Impian.

Selama masa penutupan, Manajemen Ancol melakukan pola kerja Work from Home (WFH) dan (Work from Office / WFO) dimana sekitar 82% karyawan melakukan pola kerja WFH, sisanya tetap melakukan pola kerja WFO terutama untuk pemeliharaan dan pengamanan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh, penggunaan masker serta penerapan physical distancing antar karyawan.

Saat ini Manajemen Ancol tengah melakukan berbagai persiapan protokol khusus yang akan menjadi standar baru dalam pelayanan kepada pengunjung dan seluruh pemangku kepentingan/ stakeholders saat akan dilakukan pembukaan kembali operasional kawasan Ancol.

Kebijakan tersebut antara lain mengurangi kontak dengan menerapkan sistem pembehan tiket secara daring/ online melalui website resmi Ancol www.ancol.com dan pembayaran secara non tunai (cashless). Selain itu akan ada pemberlakuan pembatasan jumlah pengunjung secara benahap sampai 50% per hari dengan melihat situasi dan kondisi serta mewajibkan kepada calon pengunjung untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum kedatangan. Penerapan protokol kesehatan Covid 19 juga harus dipenuhi seperti memakai masker, pengecekan suhu tubuh, sering cuci tangan dan penggunaan hand sanitizer sena menerapkan physical distancing di semua area termasuk antrian wahana. restoran dan fasilitas penunjang Iainnya di dalam kawasan rekreasi dan resort.

Protokol standar operasional baru ini akan segera disosialisasikan kepada masyarakat setelah ada kepastian tanggal pembukaan operasional kembali. Hal ini dimaksudkan agar para calon pengunjung dapat mempersiapkan diri dan mengikuti seluruh ketentuan yang berlaku saat akan berekreasi ke Ancol. Calon pengunjung juga harus benar benar memastikan dirinya dalam kondisi sehat saat akan melakukan rekreasi ke Ancol. Ketentuan ini berlaku bagi seluruh pengunjung regular dan termasuk para pemegang kartu berlangganan/Annual Pass.

Protokol operasional ini juga akan diberlakukan kepada seluruh karyawan termasuk tenaga alih daya, vendor perusahaan. mitra restoran, reseller. dan stakeholders Iainnya. Manajemen Ancol juga akan menggiatkan edukasi agar semua pihak dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan menyediakan pengecekan suhu tubuh, memperbanyak titik tempat cuci tangan. penyediaan cairan hand sanitizer dan melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala serta membuat papan himbauan demi kebaikan dan kenyamanan bersama di kawasan Taman lmpian Jaya Ancol.

Pandemi Covid-19 memang belum berlalu, namun tidak ada salahnya kita dapat beradaptasi kepada hal yang sering disebut sebagai ‘New Normal atau Normal Baru’ di industri pariwisata. Untuk itu Manajemen Ancol juga mengkampanyekan #PSBB atau Senang Selamat Bareng Bareng yang merupakan peraturan new normal yang dihadirkan di Ancol untuk memastikan seluruh pengunjung, karyawan, petugas, dan mitra bisa kembali rekreasi dan bersenang-senang, tapi juga selamat dari awal sampai sampai akhir kunjungan di Ancol. Selamat dari bahaya penyakit tentu tidak boleh sendirian, dengan sadar diri menjaga kesehatan dan kebersihan setiap saat dan setiap orang juga berperan untuk menjaga kesehalan orang Iain, sehingga seluruh yang ada di Ancol bisa menikmati hiburan dengan maksimal dan menyenangkan.

This image has an empty alt attribute; its file name is madu_banner_PERSISMA.jpg

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA