by

Cara Memainkan Alat Musik Hadroh

KOPI, Jakarta – Tahu cara memainkan alat musik hadroh? Hadroh dikaitkan dengan banyak drum lainnya dari seluruh dunia, seperti Brasil pandeiro dan riq mesir. Koneksi global ini berarti ada banyak kemungkinan untuk produksi suara pada instrumen. Bahkan di dunia orkestra ada banyak aliran teknis yang berbeda.

Metode yang akan diuraikan di bawah ini bukan satu-satunya cara untuk bermain hadroh, tetapi ini merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa membuat suara bagus cepat.

Posisi Istirahat

Hadroh adalah salah satu instrumen terberat untuk tetap diam saat tidak digunakan. Sebab, posisi istirahat membiarkan Hadroh diambil sepelan mungkin adalah penting. Tempatkan Hadroh di atas meja perangkap atau lainnya permukaan berlapis sehingga area penahan menggantung sedikit di atas tepi. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil instrument tanpa harus memberikan tips untuk mendapatkan jari-jari Anda di bawahnya.

Posisi Siap

Saat bersiap untuk melaksanakan cara memainkan alat musik Hadroh, pegang dan angkat dengan tenang dengan tangan yang tidak dominan dengan ibu jari di atas dan jari-jari di bawah. Hadroh harus berada pada atau tepat di bawah tingkat dada. Sehingga lengan Anda nyaman posisi. Putar instrumen ke arah tubuh Anda pada sudut 45 derajat. Anda dapat menggunakan ibu jari Anda di atas dan jari tengah dan cincin di bawahnya untuk bantalan kepala ke berbagai derajat.

Posisi Putar

Periksa kembali untuk memastikan bahwa Hadroh masih pada 45 derajat. Jika terlalu vertikal, jingle akan bergeser terlalu banyak ketika Anda bermain dan artikulasi tidak akan jelas. Jika terlalu datar, jingle akan bebas untuk melompat setelah Anda bermain, menghasilkan masalah yang sama.

Sekarang, gerakkan tangan dominan Anda ke posisi (untuk saat ini, pegang beberapa tangan dengan nyaman inci di atas kepala. Kami akan memberikan posisi bermain spesifik hanya untuk Anda).

Cara Teknik Lambat Keras Saat Memainkan Hadroh

Pernah dengar bagaimana orang yang jual hadroh memainkan musik hadroh? Perlu diketahui bahwa teknik ini bekerja dengan baik untuk ritme yang cukup lambat. Untuk lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  • Untuk cara memainkan alat musik Hadroh cukup keras, gerakkan ketiga jari tengah Anda bersamaan dan mainkan ke bagian tengah kepala Anda. Santai dan biarkan tangan Anda jatuh ke kepala biarkan gravitasi melakukan sebagian besar pekerjaan untuk Anda.
  • Untuk volume yang lebih keras, bentuk tangan Anda menjadi kepalan yang longgar dan mainkan dengan buku-buku jari Anda, seolah-olah Anda tadi ketuk pintunya. Ingatlah untuk tetap santai.
  • Untuk aksen yang sangat keras, Anda dapat menggunakan tangan yang rata dan terbuka. Jangan bermain berlebihan. Dari sini sedikit dari teknik ini sudah berjalan.

Saat bermain dengan teknik ini dalam ansambel, dengarkan dan pastikan Anda tidak bermain terlalu keras. Hadroh cenderung memotong suara ensemble sangat mudah, jadi selalu ingat untuk menjadi sensitif. Jika Anda membutuhkan alat hadroh yang berkualitas bisa beli di Jual Alat Hadroh yang sudah terjamin kualitas dan mendapatkan kepercayaan banyak masyarakat

cara-memainkan-musik-hadroh

Cara Teknik Lembut-Lambat dan Lantang Saat Memainkan Hadroh

  • Teknik Lembut-Lambat

Mulailah dengan diam-diam menempatkan tumit tangan Anda di tengah-tengah kepala. Ini akan menghilangkan lebih banyak kebisingan kepala, memungkinkan berkrincing didengar lebih mudah. Rentangkan jari-jari Anda agar jari-jari Anda beristirahat dengan nyaman di tepi kepala, tepat di atas pelek, di titik tertinggi Hadroh.

Untuk cara memainkan alat musik Hadroh, cukup ketuk pelek dengan ujung jari Anda. Untuk volume yang lebih keras, mainkan dengan dua atau tiga jari. Untuk volume yang lebih lembut, coba saja satu jari. Untuk mendapatkan suara penuh, bahkan pada tingkat dinamis yang lembut, pastikan untuk jatuh ke kepala Anda, seperti yang Anda lakukan sebelumnya. Jangan hanya “jentik”!

  • Teknik Lantang

Teknik ini juga disebut teknik “lutut tangan” atau “tinju lutut”. Untuk memulai, letakkan kaki dominan Anda (kaki di sisi berlawanan dari memegang tangan Anda) di kursi. Sekarang, putar Hadroh Anda terbalik dan posisikan seperti itu bahwa pusat kepala adalah sekitar 3 sampai 6 inci di atas lutut Anda (pastikan untuk mempertahankan sudut 45 derajat, seperti pada foto di bawah). Selanjutnya, buat kepalan longgar dengan tangan dominan Anda di atas bagian tengah kepala.

Untuk cara main alat musik Hadroh, bergantian antara memukul kepala dengan kepalan tangan Anda dan memindahkan Hadroh ke lutut Anda dengan tangan Anda. Saat menggerakkan Hadroh, jaga pergelangan tangan Anda lurus dan pindah dari siku. Ini akan membuat Hadroh pada sudut, yang akan membantu membuat ritme jelas. Ide yang bagus untuk memulai secara perlahan dapatkan gagasan tentang suara yang Anda hasilkan.

Karena kita semua membangun sedikit berbeda, Anda mungkin harus membuatnya penyesuaian pada tangan Anda yang bermain dan bagian lutut Anda akan bekerja keras untuk menghasilkan suara yang rata di antara keduanya. Saat menjalankan ritme, gunakan tangan Anda untuk memainkan semua pembukaan musik dan lutut Anda ke atas, mirip dengan ujung kanan pada snare drum.

Meskipun menggunakan teknik ini dengan kepala menghadap ke bawah adalah cara terbaik untuk memulai, kelemahan utamanya adalah itu Anda tidak dapat membalik Hadroh dalam performa tanpa membuat suara yang aneh. Itu mungkin (walaupun sedikit lebih sulit) untuk menggunakan teknik kepalan tangan dengan kepala menghadap ke atas.

Cukup putar tangan Anda ke samping Hadroh, seperti pada foto di bawah ini, dan bermain seperti sebelumnya. Pastikan untuk memindahkan Hadroh dari siku sebagai gantinya pergelangan tangan. Teknik ini akan memakan waktu sedikit lebih lama untuk dikembangkan, tetapi dapat bergerak ke dan dari posisi lutut diam-diam sepadan dengan usaha.

Demikianlah ulasan tentang panduan mudah cara memainkan alat musik Hadroh. Semoga informasi dari kami bermanfaat untuk Anda.

This image has an empty alt attribute; its file name is madu_banner_PERSISMA.jpg

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA