by

Belajar Online di Rumah? Begini Caranya

KOPI, Jakarta – Saat ini program belajar online di rumah sedang diterapkan oleh pemerintah. Hal itu dilakukan untuk mengurangi penularan virus Corona. Dengan tetap berada dalam hunian masing-masing, diharapkan mampu memutuskan rantai penyebaran. Lalu bagaimana kiat khusus mempelajarinya?

Bagaimana agar Belajar Online di Rumah Efektif?

Kini para siswa belajar di rumah demi menghentikan penyebaran virus. Sayangnya , tidak semua orang memanfaatkan ini dengan baik. Agar waktu pembelajaran Anda lebih berkualitas, sebaiknya lakukan hal-hal berikut:

1. Buatlah Jadwal Secara Rutin

Salah satu tips yang harus dilakukan agar belajar online dalam rumah adalah membuat jadwal. Penjadwalan ini penting karena jika hanya mempelajari sesuai mood, hasilnya takkan maksimal. Memang, sekolah terkadang memberikan tugas di jam-jam tertentu.

Namun sebisa mungkin buatlah jadwal setiap harinya, Adanya schedule ini akan lebih memberikan Anda semangat. Dengan begitu, diharapkan pembelajaran tetap dilakukan di rumah meskipun tidak ada tugas sekolah. Dijamin jika ini dilakukan, nilai siswa makin meningkat secara signifikan.

2. Bijak dalam Penggunaan Internet

Belajar online di rumah memang terdengar mengasyikkan sebab murid bisa melakukannya sambil minum segelas es jeruk serta cemilan. Namun, pertimbangkanlah mengenai penggunaan internet. Sebaiknya gunakan wifi karena ini jauh lebih hemat dibandingkan membeli kuota tiap bulannya. Gunakan internet sesuai kebutuhan terutama untuk belajar online dengan mengunjungi situs edukasi seperti website cimacnoticias.

Namun bila sudah memasang wifi, untuk berjaga-jaga belilah data seluler dengan paket terbaik. Jangan hanya melihat murahnya harga kuota, namun kecepatan aksesnya pun harus dilihat. Ini sebagai solusi alternatif apabila tiba-tiba wifi tidak berfungsi secara baik.

3. Manfaatkan Aplikasi Belajar

Usai mengerjakan tugas sekolah, mungkin Anda memiliki waktu luang. Daripada digunakan untuk scroll media sosial, lebih baik siswa memanfaatkan waktunya guna mengakses aplikasi pembelajaran online. Ada banyak pilihan tersedia antara lain, Ruang Guru, Zenius, First Klaz dan masih banyak lagi.

Jika mampu memanfaatkan aplikasi belajar tersebut, Anda dapat lebih mengembangkan ilmu dan pengetahuan. Di platform itu berbagai materi berbentuk e-book serta video bisa diakses dengan bebas. Dijamin, prestasi siswa akan lebih meningkat usai menggunakan platform berbasis akademik itu.

4. Istirahat yang Cukup

Belajar online dari rumah terkadang menyenangkan hingga lupa waktu. Jika ini terjadi, maka Anda disarankan untuk menyempatkan diri untuk istirahat sejenak. Bila mengistirahatkan badan, siswa bisa mempersiapkan tubuhnya dengan baik sehingga keesokan harinya lebih baik.

Istirahat yang cukup tak hanya baik untuk kesehatan badan. Otak pun bisa beristirahat sejenak sehingga besok akan lebih siap menerima materi baru. Saat bersemangat belajar, jangan lupa diri hingga memforsir tubuh. Ingatlah menjaga kesehatan diri itu penting.

5. Keep in Touch dengan Teman

Saat di rumah, mungkin terkadang Anda merasa bosan karena harus belajar sendiri. Jika ingin mengurangi rasa kebosanan, maka sebaiknya ajaklah teman guna berdiskusi bersama via online. Jangan hanya video call untuk bercerita, namun manfaatkan ini demi meningkatkan pengetahuan.

Belajar bersama jauh lebih menyenangkan karena ada 2 pikiran yang berpikir. Jika keep in touch dengan teman, Anda bisa lebih bersemangat mempelajari suatu materi. Namun, saat melakukannya pastikan kondisinya memungkinkan sebab komunikasi dilakukan jarak jauh jadi pastikan wifi bagus.

6. Menyewa Privat Online

Belajar online di rumah terkadang menyulitkan karena adanya keterbatasan memahami penjelasan guru. Akibatnya, tidak sedikit yang merasa tertinggal saat mempelajari suatu materi. Untuk menyikapi hal itu, salah satu solusinya ialah menyewa tutor khusus private online.

Adanya private online ini mungkin menghabiskan biaya, namun dampaknya sangat baik bagi siswa. Kini murid bisa leluasa menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti pada tutor. Apalagi waktunya cukup fleksibel sehingga Anda takkan kesusahan mengatur waktunya.

7. Ruang Belajar Kondusif

Agar belajar online dari rumah dapat dilakukan secara lancar, maka pastikan ruangan cukup kondusif. Anda sebaiknya memiliki meja khusus supaya pembelajaran efisien. Usahakan suasananya tenang jadi mempelajari materi bisa lebih mudah.

Jika ruangan untuk belajar tidak kondusif, maka siswa bisa kesulitan menangkap materi yang diberikan secara online. Bila ini berjalan dalam jangka waktu lama, itu akan berdampak buruk terhadap prestasinya. Apabila tak ingin hal tersebut terjadi, ciptakan suasana kondusif.

8. Mengadakan Evaluasi

Tips lainnya yang harus dilakukan ialah mengevaluasi cara belajar Anda. Usai melakukannya selama beberapa saat, coba lihat perubahannya apakah menjadi lebih baik atau tidak. Apabila hasilnya kurang memuaskan, mungkin metode siswa kurang tepat.

Adanya evaluasi cara belajar ini penting sebab jika siswa mampu menerapkan teknik mempelajari materi dengan tepat, maka Anda pun dapat meraih prestasi lebih baik. Untuk bisa mewujudkannya, dibutuhkan pengevaluasian diri secara berkala.

Cara Agar Berhasil Belajar Online di Rumah

Melihat tips di atas, kini Anda mengetahui bahwa banyak hal yang perlu diperhatikan agar pembelajaran secara online ini bisa berhasil. Dengan mengetahui trik tersebut, dijamin siswa makin memiliki peluang besar dalam meraih nilai terbaik di sekolah.

Agar prestasi lebih meningkat, sebaiknya patuhi aturan yang telah dibuat. Dengan begitu, Anda akan merasa belajar seperti di sekolah. Adanya schedule ini membuat keteraturan sehingga siswa mau tak mau mematuhi peraturan buatannya tersebut. Tanpa jadwal, Anda mungkin hanya belajar di saat luang.

Untuk itu, dibutuhkan peraturan yang agak ketat. Selanjutnya, manfaatkan pula aplikasi online yang bisa menambah materi. Ini sangat penting serta memberikan poin plus pada Anda. Jika ada kesulitan mengakses pelajaran, sewalah tutor. Dijamin, metode tersebut ampuh menambah pengetahuan Anda.

Itulah beberapa tips belajar online di rumah. Trik di atas tidak terlalu sulit, meskipun demikian perlu sedikit kepatuhan melaksanakan jadwal.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA