by

BBVet Wates Mengikuti Webinar Keterbukaan Informasi Publik

KOPI, Yogyakarta – Tim PPID Balai Besar Veteriner Wates (BBVet Wates) mengikuti Webinar yang diselenggarakan oleh PPID Utama Kementerian Pertanian sehubungan dengan masa Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik pada hari Jumat, 5 Juni 2020, jam 08.00-11.00 WIB. Webinar juga diikuti oleh seluruh PPID Pelaksana Eselon I, PPID Pelaksana pembantu dan PPID Pelaksana UPT di lingkup Kementerian Pertanian.

Sebagai narasumber dalam acara Webinar ini adalah Hendra J Kede selaku Wakil Ketua Komisionel Komisi Informasi Pusat (KIP) dan Kuntoro Boga Andri selaku Kepala Biro Humas dan Informasi Kementerian Pertanian.
Pada sesi pertama dibahas mengenai isu-isu yang diangkat di media online.
Khomarudin sebagai Moderator menyampaikan isu ketahanan pangan menjadi isu utama saat ini.

“Media membahas mulai dari upaya pemangku kebijakan dalam menjaga stok dan ketersediaan bahan pangan hingga upaya berbagai pihak mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan” ujar Hendra.

Hendra mengatakan Tantangan Kementerian Pertanian dimasa pandemi Covid-19 yaitu menjamin informasi tentang sektor pertanian itu bisa diterima serta dipahami dengan baik oleh masyakarakat sehingga mereka memiliki ketahanan pangan untuk dirinya, keluarganya, lingkungannya bahkan mampu memberikan ketahanan pangan untuk nasional.

“Kementerian Pertanian harus proaktktif untuk mengupgrade informasi-informasinya kepada masyarakat, baik itu petani atau pelaku petani sehingga mereka dapat mengakses informasi tersebut melalui media online yang ada saat ini” tambah Hendra.

Selain itu, dengan adanya PPID imaginer dengan menggandeng Kementerian lain seperti Kementerian desa akan mempercepat penyampaian informasi kepada buruh atau petani yang belum melek teknologi.

Sesi kedua Webinar berupa penyampaian informasi penilaian Keterbukaan Informasi Publik lingkup Kementerian Pertanian. Sebanyak 125 UK/UPT dari 231 UK/UPT yang akan dinilai. Khomarudin menyampaikan informasi mulai dari jadwal penilaian, kriteria penilaian sampai dengan presentasi nilai dari penilaian tersebut.

This image has an empty alt attribute; its file name is madu_banner_PERSISMA.jpg

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA