by

7 Satwa Liar yang Hanya Dapat Ditemukan di Indonesia

KOPI, Jakarta – Dari mulai Sabang sampai Merauke, kamu dapat temukan banyak satwa dengan keunikannya semasing. Serta, beberapa salah satunya hanya dapat diketemukan di Indonesia, lho.

Sayangnya, jejeran satwa ini tengah dalam intimidasi kepunahan. Karena itu, kita jadi masyarakat Indonesia yang baik harus untuk selalu jaga keberlangsungan hidup mereka.

Nah, ingin tahu tidak sich satwa apapun yang hanya berada di Indonesia? Langsung saja cek berikut ini, yuk!

1. Orang Utan

Buat satwa yang satu ini, tentu familiar sekali. Tidak hanya di Indonesia, nama besar orang utan juga harum di telinga warga dunia. Datang dari keluarga besar kera, orang utan berstats jadi mamalia arboreal paling besar di dunia. Dengan rambut panjang serta kusut berwarna merah gelap, orang utan dewasa dapat sampai dimensi berat sampai 90 kg.

Buah-buahan serta sayur mayur jadi makanan setiap hari buat orang utan. Menariknya, Indonesia mempunyai dua tipe orang utan yang bisa diketemukan habitatnya di Sumatera serta di Kalimantan.

2. Komodo

Dipanggil Naga, komodo sebetulnya berasal Australia. Beberapa komodo menebar serta sampai Pulau Flores seputar 900 ribu tahun kemarin. Sedang hilangnya komodo dari Australia berlangsung seputar 50 ribu tahun kemarin. Komodo diketahui jadi reptil paling besar di dunia dengan berat seputar 70 kg (komodo di alam bebas), sedang di penangkaran, berat komodo dapat sampai 166 kg.

Walau badannya benar-benar berat, tetapi gerakannya tidak lambat. Waktu memburu mangsa, dia dapat lari dengan kecepatan 20 km /jam. Angka itu hanya 4 km lebih lamban dari kecepatan rata-rata lari manusia.

3. Harimau Sumatera

Punyai nama latin Panthera tigris sumatrae, harimau Sumatera adalah satu dari enam spesies harimau yang masih bertahan hidup dari muka bumi. Punyai muka yang garang, harimau Sumatera punyai kulit yang paling gelap dengan corak hitam, oranye tua serta putih. Dengan berat sampai 140 kg, harimau Sumatera memangsa rusa, babi rimba serta muncak jadi makanannya.

Waktu cari makan, harimau akan mengawasi, mengendap, melonjak lantas menyergap serta mematikan mangsanya dengan kaki pendek tetapi kuat. Kemampuan intinya ialah tenaga, bukan daya lari jauh dalam tempo lama.

4. Kera Tarsius

Tidak hanya Orang Utan, Indonesia punyai satu primata kecil yang unik sekali, keraa tarsius. Unik, sebab kera ini seperti burung hantu dengan ke-2 mata yang terus terbuka. Mata ini bisa dipakai untuk lihat dengan tajam dalam kegelapan namun kebalikannya, hewan ini hampir tidak dapat lihat pada siang hari Punyai badan berwarna cokelat, tarsius punyai mata besar dengan telinga menghadap ke depan.

Potensi tarsius ialah bisa melonjak sejauh tiga mtr. dari satu pohon ke pohon lain. Tarsius bisa kamu jumpai di Sulawesi Utara sampai Sulawesi Selatan.

5. Badak Sumatera

Satwa Liar Indonesia

Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), ialah salah satu badak Asia yang mempunyai dua cula. Badak Sumatera ialah badak yang mempunyai ukuran paling kecil dibanding semua sub-spesies badak di dunia, walau masih termasuk hewan mamalia yang besar. Badak Sumatera ialah pelacak serta pemakan buah (terutama mangga liar serta buah fikus), daun-daunan, ranting-ranting kecil serta kulit kayu.

Mereka lebih suka pada dataran rendah, terutama di hutan-hutan sekunder dimana terdapat banyak sumber makanan yang tumbuh rendah. Badak Sumatera hidup di alam dalam barisan kecil serta biasanya menyendiri.

6. Anoa

Hewan yang satu ini bisa kamu dapatkan di seputar Sulawesi Tenggara. Dengan status jadi hewan herbivora, anoa masuk ke spesies lembu kecil. Dengan berat dapat sampai 300 kg, anoa ialah hewan yang hidup menyendiri. Hewan ini digolongkan jadi hewan semi soliter atau hewan yang hidup sendiri atau hidup bersama-sama pasangannya.

Untuk bertahan hidup, anoa memerlukan mineral yang cukup. Mineral sendiri biasanya didapat dari air laut atau garam alam yang berada di pegunungan.

7. Kucing Borneo

Punya nama latin Pardofelis Badia, Kucing Borneo salah satu raja rimba liar di pedalaman Kalimantan. Walau ukurannya lebih kecil dari kucing pada umunya, kucing Borneo kelihatan cantik sebab bentuk telinga yang bundar dengan warna merah di sekujur tubuhnya. Badan seekor kucing borneo umumnya memiliki ukuran di antara 50 cm sampai lebih dari 60 cm, dengan berat 3 sampai 4 kg.

Dari keseluruhnya panjang badan kucing borneo, ekor adalah sisi yang panjang. Selintas, kucing merah atau kucing Borneo terlihat seperti Jaguarundi, spesies kucing imut asal Amerika, yang mempunyai ekor panjang.

Demikianlah pembahasan 7 jenis hewan yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia. Untuk mengetahui berbagai jenis hewan menarik lainnya, kamu bisa kunjungi situs CitCuit.ID. Situs tersebut mengulas berbagai jenis hewan secara lengkap, terutama tentang burung.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA