by

Wagub Riau Ajak Umat Islam Gemar Membaca Al-Qur’an

-Daerah, Rohani-717 views

KOPI, Riau – Puasa Ramadhan merupakan rukun Islam yang ketiga, hukumnya fardhu (diwajibkan) untuk seorang muslim yang telah Aqil Baligh. Ketika bulan Ramadhan tiba Umat Muslim akan lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik yaitu Allah SWT dengan memperbanyak ibadah seperti Sholat dan membaca Al-Qur’an.

Dalam bulan Ramadhan 1441 H Tahun 2020, berbeda dengan puasa pada tahun-tahun sebelumnya. Seluruh Umat Muslim di berbagai belahan dunia melaksanakan ibadah puasa di tengah Pandemi Virus Corona, masyarakat dihimbau untuk stay at home (tetap di rumah), menghindari kerumunan, sehingga beribadah pun dilakukan di rumah masing-masing.

Begitu juga dengan Bapak Brigjen TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.I.P., selaku Wakil Gubernur Riau Mengajak Umat Islam di Wilayah Riau untuk bersama-sama memantapkan hati, ikhlaskan diri, dan tetap berada di rumah dalam melaksanakan ibadah selama bulan Ramadhan ini.
“Situasi seperti ini adalah sebuah keharusan dan pilihan yang harus kita ambil dan patuhi. Semoga wabah Virus Corona bisa segera berakhir dan kita berharap ibadah di bulan Ramadhan bisa berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya,” ucap Wagub.

Beliau selalu memotivasi  seluruh masyarakat di Wilayah Riau, dalam menghadapi situasi wabah ini dengan tawaqal dan positif thinking, dibalik sebuah kejadian pasti ada hikmahnya. “Alhamdulillah dampak positif stay at home, saya di hari ke 18 puasa ini sudah khatam Al-Qur’an 2x dan lanjut masuk Juz dua. Mari kita selalu motivasi dan inspirasi diri kita dengan gemar membaca Al-Qur’an,” ujar H. Edy.

Berikut adalah beberapa ulasan dan pendapat dari beberapa Imam dan Ulama besar terkait fadhilah membaca Al-Qur’an yaitu:

1. Berkata Abdul Malik bin Umair: “Satu-satunya manusia yang tidak tua (awet muda) dan tidak pelupa adalah orang yang selalu membaca Al-Qur’an”. “Manusia yang paling jernih akalnya adalah para pembaca Al-Qur’an”.

2. Berkata al-Imam Qurtabi: “Barang siapa yang membaca Al-Qur’an, maka Allah SWT akan menjadikan ingatannya segar meskipun umurnya telah mencapai 100 tahun”.

3. Imam besar Ibrahim Al-Maqdisi memberikan wasiat pada muridnya Abbas bin Abdi Daim Rahimahullah.
“Perbanyaklah membaca Al-Qur’an jangan pernah kau tinggalkan, kerana sesungguhnya setiap yang kamu inginkan akan dimudahkan setara dengan yang kamu baca”.

4. Berkata Ibnu Solah: “Bahwasanya para malaikat tidak diberi keutamaan untuk membaca Al-Qur’an, maka oleh karena itu para malaikat bersemangat untuk selalu mendengar saja dari bacaan manusia”.

5. Berkata Abu Zanad : “Di tengah malam, aku keluar menuju Masjid Rasulullah SAW. Sungguh tidak ada satu rumah pun yang aku lewati melainkan padanya ada yang membaca Al-Qur’an”.

6. Berkata sebagian ahli tafsir: “Manakala kita menyibukkan diri dengan Al-Qur’an maka kita akan dibanjiri oleh sejuta keberkahan dan kebaikan di dunia”.

“Kami memohon kepada Allah SWT agar memberikan taufiq dan hidayahnya kepada kami semua yang membaca tulisan ini untuk selalu membaca Al-Qur’an dan mengamalkan kandungannya”.

Bila Anda cinta pada Al-Qur’an maka sebarkan lah. Demi Allah , sekian banyak orang yang membaca Al-Qur’an maka pahala akan mengalir pada Anda.

Jadikanlah Al-Qur’an teman di dunia dan penolong di akhirat kelak. Ingat orang yang bahagia adalah orang yang nafasnya berhenti, tapi kebaikannya terus mengalir. Dan semoga yang membagikan ini dilancarkan rezekinya dan kebaikannya terus mengalir. Aamiin.

وصلى الله على سيدنامحمد وعلى آله وصحبه وسلم والحمدلله رب العالمينآمين يارب العالمين ويامجيب السائلين… 

‘Selalulah membaca Al-Quran kerana peluang untuk membacanya belum tentu datang seperti yang kita harap dan rencanakan, apabila roh kita telah keluar dari jasad nanti’.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA