by

Tips Menghemat Kuota Saat Corona Melanda

KOPI – Saat ini penggunaan kuota internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi semua kalangan. Bayangkan saja, hampir semua kegiatan serta interaksi manusia akan melibatkan hal tersebut setiap harinya. Jadi, tidak heran jika keberadaanya telah marak di mana-mana.

Dari fenomena tersebut, biasanya yang menjadi masalah adalah cepat habisnya kuota padahal harganya lumayan mahal. Jika Kamu mengalami hal tersebut, jangan cemas karena di sini akan dipaparkan tentang  tips menghemat kuota internet dengan tepat.

Tips Menghemat Kuota Internet

Terkadang, masyarakat dengan asyiknya menggunakan kuota tanpa peduli untuk melakukan penghematan. Akan tetapi, jika hal tersebut tiba-tiba cepat habis, mereka akan kaget dengan sendirinya. Agar tidak terjadi hal semacam itu, simak tips menghemat kuota internet berikut:

1. Non-Aktifkan Sinkronasi yang tidak Digunakan

Tanpa Kamu sadari, ternyata terdapat beberapa aplikasi yang melakukan sinkronasi otamatis dengan menggunakan kuota internet. Hal ini merupakan pemborosan tanpa disengaja padahal fitur itu tidaklah penting untuk selalu diaktifkan.

Untuk mengatasi hal tersebut supaya tidak terulang kembali, Kamu dapat menonaktifkan sinkronasi otomatis pada beberapa aplikasi yang ada dengan cara masuk ke menu setting- accounts- dan pilih akun yag tidak ingin disinkronasikan. Mudah, bukan?

2. Batasi Update Aplikasi

Terkadang tanpa Kamu sadari beberapa aplikasi yang membutuhkan pembaruan secara otomatis dengan menggunakan kuota. Tentu saja akan makin banyak kuota raib dan pastinya memboroskan uangmu.

Untuk mengatasinya, Kamu bisa mengubah pengaturan update aplikasi dengan cara “hanya saat perangkat terhubung dengan WiFi”. Langkah mudahnya, masuk ke PlayStore pilih menu Settings- Auto – update apps – klik Auto-update apps over WiFi Only.

3. Batasi Penggunaan Data di Background

Kadangkala habisnya kuota internet disebabkan oleh penggunaan data otomatis pada background smartphonemu. Banyak orang yang tidak menyadari kejadian ini, sehingga akses mereka tiba-tiba tidak bisa digunakan.

Dalam mematikan data di background, Kamu bisa menonaktifkanya ke menu Settings-Data Usage – Tap tiga garis vertikal di kanan atas – Restrict background data – OK. Hal ini akan mampu menghemat kuota internet dengan baik. Jika masih binggung, bisa mengunjungi https://pulsaseluler.com/produk/paket-internet.

4. Gunakan Browser yang Efisien

Sebuah browser ternyata juga mampu membuat kuota internet Kamu terkuras habis. Terutama yang merupakan bawaan dari smartphone. Untuk mengatasi hal tersebut gunakan mesin pencari dengan penggunaan data efisien seperti “Opera Mini”.

Selain Opera Mini, Kamu juga bisa menggunakan browser “Google Chrome” yang tentunya dengan sebuah strategi khusus. Caranya adalah buka aplikasinya, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu klik Bandwith dan Data Saver untuk mematikan data saving.

5. Gunakan Mode Offline untuk Beberapa Aplikasi

Beberapa aplikasi di smartphone bisa digunakan secara online maupun offline di antaranya ialah, Youtube serta Google Maps. Kedua hal tersebut dapat Kamu alihkan menjadi mode offline, sehingga tidak akan boros kuota internet.

Selain itu, ada juga fitur aplikasi layanan “streaming music” yang bisa kamu ubah pula menjadi offline. Untuk menggunakanya, Kamu harus kamu harus mendownload kontenya terlebih dahulu. Hal ini tentu saja lebih efektif daripada menggunakan koneksi internet.

6. Gunakan “Mail Box” untuk E-mail

Inilah salah satu hal yang juga sering membuat kuota internet cepat habis. Keperluan surat menyurat secara elektronik tentunya akan membuat akses internetmu tersedot banyak. Untuk mengatasi hal ini, unduhlah aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia di Android.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Kamu akan mampu menyimpan data yang seharusnya tidak tersedot ketika menggunakan email. Dengan demikian, maka kuota internet bisa dihemat dan tetap lancar.

Demikianlah penjabaran tentang tips menghemat kuota internet. Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi https://pulsaseluler.com/produk/paket-internet. Semoga hal tersebut dapat bermanfaat bagi Kamu, sehingga uang tidak boros dan aktivitas berselancar di dunia maya pun tetap aman.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA