by

Tips Bisnis Anda Tetap Bertahan di Tengah Wabah Covid-19

KOPI, Jakarta – Wabah virus korona terus  menyerang dunia hingga saat ini. Sbegaian besar dareah terdampak COVID-19 belum bisa mengontrol dan mengendalikan penyebaran virusa yang sangat mematikan ini. Siapa saja bisa terinfeksi virus ini. Perlu diketahu bahwa COVID-19 telah menyerang jutaan orang dan telah merenggut ratusan ribu nyawa. Oleh karena itu, kita semua dianjurkan untuk tetap waspada dan berjaga jaga setia saat dengan menjaga jarak, memelihara kebersihan, dan menjaga kesehatan. Hal ini dilakukan agar kita bisa terhindar dari virus korona.

Marketing, tips, and tricks

Di dunia perekonomian dan bisnis, COVID-19 memberikan dampak yang lebih buruk dari perang dunia. Situasi perekonomian dunia menurun drastic. Ribuan pebsinis di berbagai belahan bumi terpaksa memberhentikan dan usaha dan bisnis yang digeluti. Hal ini mengakibatkan jutaan karyawan diPHK. Untuk menjaga kestabilan perekonomian dunia, kita harus selamatkan bisnis agar tetap berjalan. Dengan demikian kesejatheraan masyarakat tetap terjamin.

Berikit ini, tim digital marketing kami akan bagikan beberapa bisnis tips sederhana yang dapat membantu usaha dan bisnis untuk tetap bertahan di tengah pandemik COVID-19.

1. Selalu berkomunikasi dan membagikan kabar terkini

Komunikasi dan saling berbagi info terkini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan di dunia perbisnisan. Setiap bisnis perlu menjaga agar pelanggan dan karyawannya selalu menerima informasi terkini dan bersikap transparan satu sama yang lain. Setiap perubahan dan perkembangan bisnis yang terjadi di selama pandemic harus segera diinfokan kepada semua orang yang bersangkutan. Semua orang disarankan untuk mengikuti semua pembaruan yang relevan dari sumber-sumber kesehatan yang dapat diandalkan, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), dan badan pemerintah daerah yang kredibel, dan untuk mengetahui pembatasan dan pedoman yang berkaitan dengan penawaran bisnis dan produk.

Selalu berbagi informasi terkini dengan sesama rekan kerja

2. Masuk ke dunia virtual

Melihat situasi pandemik saat ini di mana semua dareh terdampak virus korona memberlakukan pembatasan sosial, keberlangsungan aktivitas bisnis dan pemasaran juga sangat terganggu dan dibatasi, dengan demikian, Anda perlu mempertimbangkan untuk terjun ke dunia virtual. Bisnis yang secara tradisional bergantung pada ruang fisik dan manusia, sekarang dapat terus tetap aktif dengan memanfaatkan saluran digital untuk memberikan produk dan layanan mereka. Bergantung pada sifat bisnis, orang dapat menemukan cara untuk beradaptasi dengan apa yang ditawarkan bisnis ke layanan yang ramah internet. Anda juga bisa mencoba strategi social media marketing. Selain memelihara situs web bisnis profesional, pemilik bisnis juga harus mempertimbangkan untuk membangun dan memperbarui halaman media sosial (social media marketing strategy) perusahaan untuk membantu tetap terhubung dengan pelanggan selama masa suram seperti itu.

Kerja sama tim melalui media digital virtual

3. Memberlakukan sistem kerja yang fleksible dan dapat dikerjakan di rumah

Untuk membantu melindungi karyawan, para pengusaha dan pemilik bisnis bisa memberlakukan sistem kerja yang lebih fleksible dan bisa dikerjakan dari rumah.  Sejak adanya pemberlakuan pembatasa social, sebagian besar perusahaan telah menerapkan kebijakan kerja-dari-rumah yang fleksibel. Perlu diingat bahwa para pebisnis harus memastikan bahwa karyawan-karyawan memiliki akses ke data dan server yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan mereka dari rumah. Anda juga bisa

mempertimbangkan untuk menggunakan host server di luar kantor untuk mengelola informasi perusahaan Anda dan perangkat lunak perusahaan untuk membantu Anda membuat orang-orang bekerja sama dari mana saja dan kapan saja. Pastikan bisnis memiliki langkah-langkah keamanan untuk membantu melindungi bisnis dan data pelanggan, serta sumber daya.

4. Meningkatkan rasa saling percaya dan memberikan penghargaan atau hadiah

Dalam situasi pandemic ini, fakta menunjukan secara gamblang bahwa jumlah bisnis yang berinteraksi dengan pelanggan secara online meningkat drastic. Dengan demikian, kepercayaan akan menjadi sangat penting dan memainkan peran yang lebih integral untuk kesuksesan bisnis. Kepercayaan sangat dibutuhkan untuk menjaga dan melindungi data-data digital yang sangat penting. Untuk membantu mendapatkan loyalitas pelanggan, bisnis mungkin juga mempertimbangkan untuk menawarkan berbagai penghargaan dan manfaat, berdasarkan jenis bisnis. Program hadiah dan loyalitas dapat menjadi cara yang hemat biaya untuk lebih memelihara hubungan pelanggan, dan memberikan keunggulan kompetitif atas pemain lain di pasar.

Kepercayaan

Itulah 4 tips penting yang bisa membantu Anda untuk menjaga kesetabilan dan kelancara bisnis Anda dari Algo Sea Biz, salah satu perusahan Digital Marketing terbaik di Bali. Untuk mempertahankan bisnis dan usaha, Anda perlu mempertahankan basis pelanggan Anda. Terlepas dari ukuran bisnisnya, mempertahankan kepercayaan pelanggan sangat penting. Selain transparan dan menjaga komunikasi tentang perubahan yang memengaruhi bisnis, penting juga untuk membangun kepercayaan ketika menyangkut keselamatan dan privasi data.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA