by

Tips Belajar Android Studio Bagi Pemula

KOPI, Jakarta – Populernya platform Android Studio untuk membuat aplikasi ternyata menghadirkan pengalaman baru bagi pengguna. Fasilitas yang terus diupdate membuat Android Studio sering dipakai dalam beberapa proyek aplikasi multiplatform. Untuk itulah diperlukan tips belajar Android Studio bagi seorang pemula. Sampai akhirnya pengalaman menggunakan Android Studio memberi hasil lebih menguntungkan.

Sejauh ini cara belajar Android Studio bisa menggunakan beberapa tahapan sederhana. Akan tetapi, pengguna Android Studio sering mengalami kondisi tidak sesuai harapan karena kurangnya pengalaman dalam menggunakannya. Karena itu, cara belajar khusus untuk pemula dapat diakses sebelum mendapat proyek membuat aplikasi Android.

Tips Ampuh Belajar Android Studio

Beberapa pengalaman penggunaan Android Studio mampu memberi akses terbuka ke semua penggunanya. Karena itu, Anda dapat mencoba bagaimana sarana penting yang mampu dipelajari dengan mudah asalkan Anda tahu bagaimana cara belajar Android Studio seperti ulasan berikut ini.

1. Gunakan Modal Dasar XML dan Java

Untuk bisa mengakses Android Studio bisa dipastikan setiap programmer harus memiliki modal awal yakni pengetahuan dasar Java dan XML. Pastinya tidak efektif jika Anda tiba-tiba langsung membuat aplikasi menggunakan Android Studio tanpa belajar dahulu seputar XML dan Java.

Maka dari itu, mempelajari bahasa pemrograman dasar untuk setiap pengembangan aplikasi Android adalah cara efektif. Sehingga tidak ada kesulitan berarti jika Anda sudah menguasai bagaimana cara menulis XML kemudian membaca semua bahasa pemrograman Java lebih lengkap.

2. Penentuan Tool yang Ingin Digunakan

Banyak pengalaman programmer dalam memanfaatkan variasi Android Studio untuk memproduksi aplikasi multiplatform. Karena itu, ada beberapa tools penting wajib dipelajari dan dipahami, sehingga tidak ada dampak buruk bagi programmer. Kemudian dari Android Studio sendiri memiliki IDE resmi yang bertujuan sebagai pengembangan Android secara tepat.

Fitur terbaru di dalam Android Studio ternyata cukup ringan dioperasikan pada spesifikasi hardware PC komputer ataupun di perangkat laptop. Dasar pengembangan Android Studio berasal dari Eclipse. Maka dari itu tidak heran bila fitur terbaru di dalam Android Studio semakin sering dimanfaatkan karena dianggap ringan dioperasionalkan.

3. Carilah Referensi Lebih Lengkap

Menjadi satu modal dasar di dalam tips belajar Android Studio karena ada banyak referensi seputar proses pembuatan aplikasi Android. Bagi pemula terkadang butuh beberapa tahapan dalam mengembangkan kemampuan untuk belajar Java dan XML. Karena itu, referensi terbaik sekaligus kredibel bisa Anda pakai untuk mengetahui bagaimana standar pengembangan Android Developer saat ini.

Fitur terbaru di Android Studio selalu memberi dampak besar bagi programmer. Tidak heran bila referensi lengkap seputar bagaimana cara mengembangkan fasilitas belajar Android Studio dasar kemudian menambah referensi dari pengembang sekaligus forum dan komunitas.

4. Selalu Utamakan Kualitas

Terkadang beberapa programmer berhasil menghasilkan aplikasi Android terbaik dengan konsep multiplatform. Akan tetapi pada proses download aplikasi yang mana butuh spesifikasi lebih baik dan sesuai kebutuhan pengguna tentu tidak dibuat secara sederhana. Oleh sebab itu, ada banyak daftar aplikasi di dalam website Warungkiara yang memiliki spesifikasi terbaik.

Melalui Warungkiara online ada bentuk dan contoh dari pengembangan aplikasi besutan Android Studio. Karena itulah ada sekian banyak modal untuk bisa menghasilkan aplikasi terbaik dengan tema multiplatform dari Android Studio.

Komponen di Dalam Pembuatan Aplikasi Melalui Sarana Android Studio

Mungkin masih belum banyak programmer menyadari pentingnya sarana baru dalam Android Studio yang sejatinya memberi manfaat terbaik pada proses pengembangan aplikasi belajar Android studio.

Karena itu, ada pemilihan library yang selalu dikedepankan pada proses pembuatan aplikasi Android. Menentukan library tidak semudah yang kita bayangkan. Sebab ada beberapa pertimbangan dan komponen utama untuk bisa menghasilkan aplikasi terbaik.

1. Fungsional

Komponen pertama sebuah aplikasi hasil Android Studio harus memiliki fungsi sesuai tujuannya. Karakter aplikasi fungsional sudah dirasakan memberi manfaat besar ke penggunanya. Sehingga dalam pemilihan satu library saja diharapkan mampu mendatangkan hasil baru dan sesuai dengan harapan programmer.

2. Memiliki Visualisasi Lebih Nyaman

Beberapa aspek utama dalam pengembangan sarana aplikasi Android yang dibuat dari Android Studio juga mencakup visualisasi lebih sempurna. Dalam hal ini banyak pengguna aplikasi Android mendapat pengalaman menarik pada saat mengoperasikan sebuah aplikasi.

Dari sini, kemampuan visualisasi library dibutuhkan baik dalam bentuk demo aplikasi ataupun video tutorial. Hasil dari penggunaan visualisasi library terlihat jelas mempermudah pengguna dalam mengakses aplikasi.

3. Source Code

Menjadi satu tips belajar Android Studio yang mana Source Code biasanya tersedia dalam wujud open source. Karena itulah, melakukan customize dengan melihat seperti apa kebutuhan dari satu aplikasi pastinya memiliki beberapa metode.

Untuk itu dari sejumlah pengalaman dalam merombak serta membuat aplikasi Android selalu menginginkan standar terbaik dari Android Studio.

4. Dokumentasi

Walaupun masih tidak terlalu diperhatikan bagi seorang programmer, namun semua pilihan modal dalam memproduksi aplikasi Android selalu mendatangkan unsur dokumentasi. Ada beberapa perbedaan class hingga reference yang bisa diakses lebih mudah untuk memberi fasilitas pembelajaran dalam mengintegrasi library sesuai aplikasi yang Anda buat.

Walaupun dokumentasi ini dianggap tidak terlalu penting, tetapi di dalam Android Studio diharapkan programmer bisa memaksimalkan semua aspek penting dalam proses dokumentasi sebuah aplikasi.

Kesan rumit dalam membuat aplikasi Android terkadang membuat kita merasa kurang mampu dalam mengolah semua bahasa pemrograman ataupun beberapa komponen lainnya. Tetapi dengan tips belajar Android Studio diharapkan programmer bisa mendapat kesempatan baru dalam mengembangkan bakat mereka dalam memproduksi aplikasi terbaik.

Walaupun memakai platform aplikasi multiplatform bisa dikatakan ada prosedur yang perlu dikembangkan, sehingga cara belajar membuat aplikasi di Android Studio berhasil memberi manfaat.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA